1

Mengenal Spesikasi, Fitur dan Harga AMD APU Kaveri yang Sudah Meluncur di Indonesia

23 Jan 2014 11:30 6915 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sesuai janjinya di tahun 2013 lalu, AMD, perusahaan semikonduktor terbesar kedua di dunia meluncurkan produk prosessor andalannya di awal tahun 2014. Prosessor yang dimaksud adalah prosessor AMD APU Kaveri.

Sesuai janjinya di tahun 2013 lalu, AMD, perusahaan semikonduktor terbesar kedua di dunia meluncurkan produk prosessor andalannya di awal tahun 2014. Prosessor yang dimaksud adalah prosessor AMD APU Kaveri. Prosessor ini merupakan prosessor generasi APU (Accelerated Processing Unit) selanjutnya setelah sebelumnya AMD merilis APU Llano, Trinity, dan Richland. Hal ini berarti bahwa pada tahun 2014 ini, perusahaan yang memiliki nama panjang Advanced Micro Devices (AMD) ini menelurkan prosessor gabungan CPU (Central Processing Unit) dan GPU (Graphics Processing Unit) generasi keempat.

AMD APU Kaveri melakukan debutnya di ajang CES 2014. Setelah dipamerkan di ajang bergengsi itu, AMD kemudiannya meluncurkan prosessor di Amerika. Untuk Indonesia sendiri, AMD meluncurkannya tiga hari kemudian tepat tanggal 17 Januari 2014. Pertanyaan besarnya sekarang, apa yang coba ditawarkan AMD lewat prosessor APU terbarunya ini? Benarkah kemampuannya seperti yang dirumorkan ketika pertamakali diumumkan?  Apakah harga prosessor AMD APU Kaveri ini cukup pantas harga dengan kemampuannya? Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, mari mengenal lebih dekat prosessor AMD APU ini.

Tipe dan Harga AMD APU Kaveri

Untuk memulai debut di pasaran, AMD  APU Kaveri akan hadir dengan tiga seri. Seri pertama adalah seri tertinggi dari AMD APU Kaveri yakni AMD APU A10-7850k.  Seri kedua adalah AMD A10-7700K sedangkan seri ketiga akan mengusung konsep prosessor kelas menengah dengan nama AMD A8-7600K.

Sebagai seri tertinggi, AMD APU A10-7850k akan dijual dengan harga yang pastinya lebih mahal dibandingkan keduanya. Seri ini dijual dengan harga $173 atau sekitar Rp 2,1 juta. Untuk harga A10-7700K akan dibanderol $152 atau berkisar  Rp 1,8 juta. Kedua prosessor ini sudah tersedia bulan Januari ini. Sementara itu, AMD A8-7600K akan dijual pada harga $119 atau sekitar Rp 1,5 juta dan akan dijual sekitaran akhir kuartal pertama tahun 2014 ini

Seri Berbeda Dengan Fitur yang Sama

Meskipun hadir dengan varian harga yang berbeda, ketiga seri AMD  APU Kaveri akan memiliki fitur yang sama. Fitur-fitur tersebut merupakan fitur unggulan yang memang sudah diungkap oleh AMD di tahun 2013 lalu. Fitur-fitur tersebut antara lain dukungan pengolah grafis dengan arsitektur GCN (Graphics Core Next). Pengolah grafis ini memiliki kemampuan grafis yang tinggi untuk sebuah grafis terintegrasi.

Selain itu, AMD juga menyematkan fitur hUMA yang akan bekerja mengoptimalkan pengintegrasian CPU dan GPU di dalam APU Kaveri. Fitur hUMA ini akan dibantu juga dengan fitur (HAS) yang akan membuat performa CPU dan GPU berjalan beriringan dan bersamaan dalam mengeksekusi program.

Peningkatan Kemampuan Grafis

AMD APU dikenal sebagai prosessor dengan grafis yang baik. Pada seri sebelumnya, kemampuan grafis AMD cukup baik. Dan AMD tampaknya belum puas dengan hasil tersebut. Kehadiran AMD APU Kaveri tentu menjadi langkah dari AMD untuk menghadirkan performa gaming yang luar biasa dari sebuah APU.

Dan hal ini dibuktikan dengan keseriuasan AMD dengan menyematkan kemampuan tambahan yang belum pernah ada di APU sebelumnya. Kemampuan tambahan tersebut diantaranya adalah peningkatan performa dalam proses video  di layar ultraHD. Ada pula kemampuan yang disebut AMD TrueAudio Technology yang memberikan pengalaman bermain dengan suara yang sempurna. Suara yang dihasilkan berkat adanya fitur ini sama dengan suara yang dihasilkan dari sebuah kartu suara atau sound card.

Kemampuan Komputasi Layaknya Prosessor “12 Core”

Ketiga varian AMD APU Kaveri yakni A10-7850k, AMD A10-7700K dan AMD A8-7600K memang memiliki fitur yang sama. Lalu mengapa ketiganya memiliki perbedaan harga? Perbedaan harga pada ketiganya tentu ada alasan tersendiri. Dan alasan itu adalah kemampuan dari ketiga jenis prosessor tersebut.

Meskipun ketiga prosessor tersebut sudah dibenamkan pengolah grafis Radeon R7 Graphics, ketiganya memiliki sistem komputasi yang berbeda. Kemampuan ketiga seri AMD APU Kaveri  tersebut dapat dibedakan dari jumlah GPU Cores di dalamnya serta kemampuan maksimal Turbo Core masing-masing seri.  Terlepas dari itu, ketiganya memiliki spesifikasi 12 Compute Cores yang terdiri dari 4 CPU dan 8 GPU. Spesifikasi tersebut dibenamkan AMD agar komputasi prosessor APU Kaveri menjadi maksimal. Dan dengan spesifikasi tersebut, sebuah APU dapat terasa memili “12 Core” meskipun secara de facto tidaklah demikian. 

Itulah beberapa hal tentang  AMD APU Kaveri. Boleh dikatakan, kemampuan APU terbaru dari ini memang luar biasa. Fakta ini bukanlah teori belaka, terbukti dari beberapa pengujian yang dilakukan oleh banyak pihak, kemampuan prosessor AMD APU memang luar biasa. Bahkan games berat sekelas Battlefield 4 pun dapat berjalan dengan lancar tanpa bantuan kartu grafis. Menakjubkan bukan? Tampaknya AMD benar-benar membuktikan janjinya. Harga yang ditawarkan untuk prosessor pun terbilang cukup masuk akal. [HMD]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel