1

5 Free Data Recovery Terbaik untuk Linux

12 Sep 2012 18:00 4493 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Free data recovery sangat dibutuhkan oleh para pengguna komputer diseluruh dunia untuk menyelamatkan data. Data merupakan aset yang berharga bagi siapa saja, apakah itu data yang bersangkutan dengan pekerjaan maupun data yang bersifat pribadi.

Free data recovery sangat dibutuhkan oleh para pengguna komputer diseluruh dunia untuk menyelamatkan data. Data merupakan aset yang berharga bagi siapa saja, apakah itu data yang bersangkutan dengan pekerjaan maupun data yang bersifat pribadi. Terkadang secara tidak sengaja harus Anda hapus karena alasan tertentu seperti crash hard disk atau karena adanya malware. Namun saat ini Anda tidak perlu khawatir karena telah banyak free data recovery yang bisa Anda dapatkan di luar sana untuk mengembalikan data Anda yang tidak sengaja terhapus terutama untuk Anda para pengguna OS Linux.

Data recovery adalah teknik yang dapat mengambil data dari media penyimpanan yang rusak atau rusak ketika tidak dapat diakses. Media penyimpanan dapat berupa hard disk atau removable seperti Blu-Ray, DVD dan penyimpanan removable lainnya yang berisi data berharga. Oleh karena itu, sangat penting dan selalu dianjurkan untuk memiliki recovery tools untuk mendapatkan data Anda kembali sebelum data Anda hilang untuk selamanya. Bagi Anda para pengguna Linux, berikut Paseban berikan 5 recovery tools untuk mengembalikan data Anda yang rusak sebelum data Anda hilang selamanya.

Stellar Phoenix (Free dan Berbayar)

Recovery tools yang menduduki daftar pertama adalah Stellar Phoenix. Recovery tools satu ini mampu mengembalikan data Anda dari Ext4, Ext3, Ext2, FAT32, FAT16, and FAT12 dari sistem volume yang berbasis Linux. Tool ini dapat memulihkan data Anda dari berbagai jenis hard disk seperti EIDE, SATA, SCSI, dan banyak lagi. Anda akan mendapatkan utilitas tambahan dari tool ini di antaranya adalah:

  • S.M.A.R.T –merupakan fitur yang memonitor status dari hard drive dan pesan error yang terdapat pada hard drive Anda.

  • Drive Imaging –merupakan tool yang melakukan pencitraan volume dari seluruh hard drive atau wilayah tertentu yang Anda pilih.

  • Hard drive cloning –merupakan tool yang membuat replika yang tepat dari hard drive Anda.

Tool ini disediakan dalam dua versi, versi gratis dan berbayar. Anda dapat memilih salah satu di antara keduanya sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk mendapatkannya, Anda bisa mengunjungi link ini.

Linux Disk Recovery (Gratis, $ 45)

Salah satu tool yang juga sering digunakan oleh para pengguna Linux adalah Linux Disk Recovery. Linux Disk Recovery merupakan data recover professional yang mampu mengembalikan data yang telah terhapus dari hard drive berbasis Ext2 dan Ext3. Linux Data Recovery sangat mudah diinstal pada hard disk Anda dan dapat melakukan tugasnya dalam mengembalikan data yang terhapus atau korup pada hard drive Linux Anda. Seperti tool yang sebelumnya, bahwa Anda bisa mendapatkan tool ini secara gratis maupun berbayar sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk mendapatkan tool ini Anda bisa mengunduhnya di sini.

Advanced data recovery (Demo, Berbayar)

Data recovery lainnya yang sangat sayang Anda lewati adalah Advenced data recovery. Tool ini dapat memulihkan data Anda yang hilang dari volume ext 2/3 dan ReiserFS karena terdapat error seperti bad sector dan lain-lain. Tool ini sangat kompatibel dengan semua jenis hard drive dan tool ini benar-benar kuat dan memiliki fitur yang sangat baik. Tool ini bisa Anda coba untuk versi demo dan Anda bisa membeli tool ini untuk mendapatkan fitur penuh yang ditawarkan. Anda bisa mendapatkan tool ini di sini.

Recover Data for Linux (Free, Berbayar)

Tool ini dapat mengembalikan data Anda dari segala jenis media penyimpanan yang memiliki partisi Linux seperti ext2/3. Juga mendukung Debian, Caledra, Ubuntu, Slackware, Gentoo, Kubuntu, Linux SCO dan masih banyak jenis platform Linux lainnya. Jadi tool ini benar-benar berguna untuk Anda para pengguna Linux. Tool ini disediakan dalam dua versi, yakni gratis dan berbayar. Anda bsia mendapatkannya di sini.

Kernel for Linux Recovery (Free, Berbayar)

Kernel for Linux Recovery adalah pilihan yang ideal jika Anda sedang mencari software yang mampu mengembalikan data yang rusak atau data yang tidak dapat Anda akses dari Linux Ext2, Ext3, ReiserFS atau JFS partitions. Tool ini memiliki kinerja yang tinggi untuk sistem operasi Linux atau Anda hanya menggunakannya untuk mengakes data Anda yang korup. Tool inipun disediakan dalam dua versi, gratis dan berbayar. Untuk mendapatkan tool ini Anda bisa mengunduhnya di sini. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel