1

Empat Hal yang Anda Tidak Ketahui Mengenai Kamera Digital Pertama

10 Sep 2012 20:00 3032 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Teknologi kamera digital telah melewati rentang waktung yang cukup lama. 35 tahun adalah waktu yang tidak sebentar hingga dapat memiliki tempat utama dalam pengembangan teknologi saat ini. Perjalan dari konsep-konsep awal kamear hingga ke dalam keseluruhan perangkat yang dapat diakses hingga hari ini akan terus memberikan sumbangsih terhadap teknologi fotografi itu sendiri.

Teknologi kamera digital telah melewati rentang waktung yang cukup lama. 35 tahun adalah waktu yang tidak sebentar hingga dapat memiliki tempat utama dalam pengembangan teknologi saat ini. Perjalan dari konsep-konsep awal kamear hingga ke dalam keseluruhan perangkat yang dapat diakses hingga hari ini akan terus memberikan sumbangsih terhadap teknologi fotografi itu sendiri.

Kamera digital pertama kali hadir pada tahuyn 1975 yang diciptakan oleh seorang teknisi dari perusahaan Eastman Kodak yang ditugaskan untuk membuat perangkat yang kemudia disebut sebagai kamera elektrik. Inovasi tersebut rupanya meruntuhkan segala halangan hingga dapat menghadirkan kamera digital ke hadapan Anda saat ini. Dalam era dimana kamera menjadi perangkat yang dapat dengan mudah ditemukan di berbagai alat, ada beberapa hal yang tidak diketahui oleh publik mengenai kamera digital di awal kehadirannya secara massal.

Penggunaan Kaset dan Proses Lambat

Kamera digital yang pertama diciptakan diciptakan oleh Steven Sasson. Ia merupakan seorang pegawai Eastman Kodak yang diminta untuk membangun kamera elektrik. Seperti halnya perangkat yang telah menjadi bagian penting dari pencitraan digital, teknologi yang digunakan saat itu memungkinkan Sasson untuk merekam 100 x 100 gambar hitam-putih melalui penemuannya. Melalui teknologi yang ia gunakan, kamera elektronik Sasson kemudian akan tercatat ke dalam kaset. Proses analog ini akan mengambil waktu sekitar 23 detik untuk menyelesaikannya. Perangkat yang ia ciptakan memiliki berat sekitar 3.6 kg dan memiliki ukuran yang cukup besar. Dan tahun 1975 adalah tahun kelahiran kamera digital berkat kayar Sasson dan teknologi di balik itu semua.

Still Video Cameras

Still video camera dapat dikatakan sebagai kamera digital yang sesungguhnya. Sebelum kamera benar-benar terdigitalisasi, still camera muncul dengan nama Sony Mavica pada bulan Agustus 1981 di Tokyo, Jepang. Tipe kamera ini mengikuti standar kamera digital kamera Mavica sebelumnya. Mavica sendiri merupakan singkata dari Magnetic Video Camera yang kemudian berubah format menjadi SLR. Dengan kemampuan merekam gambar beresolusi 570 x 490, kamera digital pertama ini diperuntukkan untuk keperluan broadcast. Kamera ini memanfaatkan floppy disk yang disebut sebagai Mavipacks. Still video camera artinya perangkat merekam beberapa frame gambar ke dalam disket yang dapat diputar ulang menjadi sebuah gambar bergerak.

Fujix DS-1P

Kamera Fujic DS-1P dapat dikatakan memperkenalkan kepada publik kamera digital pertama yang diproduksi secara massal untuk pasar konsumen yang luas. Perangkat yang dibangun oleh Fujix pada tahun 1988 ini hadir dengan sensor CCD 400 kilopiksel dan dapat menyimpan gambar sebagai data pada kartu memori. Seluruh proses telah tedigitalisasi, mulai dari pengambilan gambar, penyimpanan, hingga memindahkannya menggunakan komputer. Kamera ini memang tidak lama beredar di pasaran. Tapi fakta mengatakan bahwa kamera ini hanya dirilis untuk pasar Jepang sana dan tidak tidak ada data kongkrit yang menyebutkan berapa unit DS-1P yang terjual pada waktu itu. Oleh sebab itu DS-1P menjadi salah satu kamera yang sulit diketemukan saat ini.

Dycam Model 1

Pada tahun 1990 Dycam merilis kamera konsumer pertama yang memiliki berbagai sumber yang dapat dibeli dalam satu perangkat saja. Kamera Dycam ini dikenal juga dengan sebutan Logitech Fotoman dan mampu mengambil gambar greyscale 8bit dengan resolusi 320 x 480. Dycam belum menggunakan laya LCD pada bagian belakang namun menggunakan viewfinder optikal. Kamera ini mampu merekam sekitar 32 gambar dalam format TIFF atau PICT ke dalam memori internal Anda. Anda dapat melakukan ekstrak foto menggunakan perangkat lunak khusus yang hadir dalam bentuk disket floppy. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel