Tips Blackberry Z10: Panduan Setting Tethering untuk Hotspot WiFi

17 Jun 2013 06:00 9139 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Blackberry tidak hanya dapat digunakan sebagai media browsing, jika Anda sedang dekat laptop, Anda juga dapat merubah Blackberry menjadi Tethering untuk Hotspot WiFi

Untuk para pengguna smartphone yang berbasis android, mungkin informasi ini sebenarnya sudah tidak asing untuk didengungkan kembali. Tips Blackberry Z10 untuk fitur tethering ini sebenarnya sudah pernah diluncurkan oleh salah satu operator CDMA yang mengisi pasar gadget Indonesia. Sebutlah Smartfren dengan ponsel murah yang dipersenjatai dengan fitur canggih tersebut. Namun bagi Anda yang belum familiar dengan Blackberry Z10 atau tethering, tentu hal ini mengundang rasa penasaran Anda.

Tethering adalah suatu fitur canggih yang memungkinkan Blackberry atau smartphone Anda selayaknya router untuk hotspot. Di mana Blackberry Z10 sudah dibekali dengan fitur tersebut sebagai router mini untuk membagikan koneksi internet bahkan sampai ke lima pengguna internet. Tips Blackberry Z10 ini tentu akan sangat menguntungkan Anda ketika sedang berada di tempat-tempat yang tidak terfasilitasi hotspot, sementara ada keperluan yang mendesak dan memaksa Anda untuk melakukan koneksi internet bersama orang-orang di sekitar Anda.

Misalnya ketika dalam sebuah pertemuan, mengharuskan Anda mencari bahan dan mengupload file ke sebuah website. Sementara tidak ada koneksi Internet. Pun rekan-rekan Anda tidak bisa mengakses internet dengan berbagai alasan. Anda hanya membutuhkan sebuah Blackberry Z10 untuk kemudian bisa sama-sama terkoneksi ke internet bersama 5 orang teman Anda.

Tentu saja, tethering ini juga tidak bisa terkoneksi dengan sendirinya. Ia juga membutuhkan koneksi data yang didapatkan dari operator seluler Anda. Karenanya, pastikanlah terlebih dahulu bahwa Sim Card yang Anda pakai, dapat terkoneksi dengan baik ke internet dengan layanan paket data operator. Jika tidak, maka tetap saja secanggih apapun fitur yang Anda gunakan, tetap tidak berfungsi apa-apa. Tips Blackberry Z10 untuk mengaktifkan tethering dapat dicoba dengan beberapa langkah berikut:

Pastikan kondisi jaringan dan paket data sudah siap untuk dipergunakan. Masuk ke halaman setting atau setelah, cari Koneksi Jaringan atau Network Connection, pilih pilihan tersebut kemudian cari pilihan Hotspot Seluler atau Mobile hotspot. Setelah pilihan tersebut, akan tampil jendela mengenai cara kerja dari hotspot seluler dan pilih next.

Akan muncul tampilan perangkat yang tengah menginformasikan kepada Anda tentang pembiayaan yang mungkin dikenai kepada Anda. Setelahnya, pilih next atau pilhan selanjutnya.

Tips Blackberry Z10 selanjutnya adalah, akan muncul sebuah peringatan tentang pemantauan pengguna hotspot dari Blackberry Z10 Anda. Pada jendela ini Anda akan diperingatkan untuk memastikan penggunaan hotspot dan memastikan bahwa perangkat yang menggunakan layanan ini sudah Anda ketahui. Sebab, jika Anda tidak mengecek pengguna yang menggunakan layanan hotspot dari Anda, bisa saja slot pengguna yang seharusnya bisa menggunakan jaringan Anda menjadi berkurang. Selain itu, dampak lainnya adalah semakin banyak user atau pengguna yang bergabung pada jaringan hotspot Anda, tentu saja koneksi internet yang didapatkan masing-masing pengguna tersebut menjadi semakin lambat.

 

Baca juga :

                   Lima Game BlackBerry BB 10.3 Terbaik

                   3 Metode Menghasilkan Uang Lewat Bermain Game

 

Penggunaan fitur ini juga berpengaruh pada percepatan energi baterai yang terpakai pada Blackberry Anda. Energi pada baterai akan menjadi lebih cepat habis. Oleh karenanya, perangkat menyarankan kepada Anda untuk menghubungkan perangkat Anda ke sumber listrik.

Untuk menghemat baterai, sebenarnya ada tips blackberry Z10 yang akan menonaktifkan hotspot secara otomatis. Pilihan ini adalah pilhan Timer Tanpa Aktivitas atau Inactivity Timer yang bekerja ketika dalam 15 menit tak ada aktivitas jaringan untuk keluar atau masuknya data, pilihan ini akan terotomatis mematikan jaringan hotspot. Anda dapat mengatur pilihan ini pada setting atau pengaturan hotspot seluler.

Untuk menghindari pengguna yang tidak diinginkan, maka di halaman berikutnya, Anda diberikan kesempatan untuk mengatur password yang memungkinkan hanya pengguna yang Anda kenal aja yang bisa ikut bergabung ke jaringan hotspot Anda. Dengan membubuhkan password dengan panjang kata minimal 8 karakter dan maksimal 64 karakter. Namun sebaiknya Anda menghindari kata kunci yang mudah ditebak.

Selanjutnya, jaringan hotspot sudah dapat dipergunakan. Secara otomatis, jika ada pengguna yang akan menggunakan jaringan hotspot Anda, maka profil perangkat dari pengguna tersebut akan tampil pada layar Anda. Dengan demikian Anda memiliki hak untuk membatasi perangkat yang bisa mendapatkan akses hotspot dari Blacberry Z10 Anda. Tips Blackberry Z10 untuk pembatasan tersebut, Anda bisa tinggal menghilangkan tanda ceklist. selain itu akan ditampilkan juga volume data unduh dan unggah untuk pemudahan pengendalian kuota. [MER]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel