Dapatkan Sensasi Baru dalam Mencari Kado Unik melalui Situs Fokado

1 Jun 2012 15:00 4809 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Dalam memberikan kado tidak harus selalu berbentuk benda yang bisa dipajang, tapi pemaknaan kado bisa jauh melampaui pemikiran banyak orang selama ini. Kado adalah sesuatu yang bisa dirasa, dikenang, dan dinikmati. Oleh karena itu, kado menjadi sesuatu yang berharga. Berangkat dari filosofi kado inilah, hadir sebuah website yang inten dalam urusan kado bernama Fokado.

Semua orang pasti suka mendapatkan hadiah atau kado. Ada banyak definisi dari arti sebuah kado, ada yang mengatakan bahwa kado dapat melakukan apa yang tidak bisa manusia lakukan, ucapkan, atau meminta maaf. Melalui sebuah kado, dapat menyatukan yang tercerai berai dan mendatangkan kecintaan serta perdamaian. Sebuah kado yang kadang terlihat sederhana, ternyata sangat istimewa bagi orang lain.

Dalam memberikan kado tidak harus selalu berbentuk benda yang bisa dipajang, tapi pemaknaan kado bisa jauh melampaui pemikiran banyak orang selama ini. Kado adalah sesuatu yang bisa dirasa, dikenang, dan dinikmati. Oleh karena itu, kado menjadi sesuatu yang berharga. Berangkat dari filosofi kado inilah, hadir sebuah website yang inten dalam urusan kado bernama Fokado.

Bagi founder Fokado, Antonius Taufan dan Stella Bella, hadiah tidak melulu harus berwujud barang. Namun, bisa juga berupa aktifitas baru yang sangat seru, seperti yang ditawarkan oleh startup lokal mereka. Situs ini diklaim akan memberikan layanan berupa experience gift. Sebuah benda bisa hilang, rusak dan terlupakan oleh waktu. Tetapi jika hadiah yang diberikan berupa suatu pengalaman untuk seseorang, besar kemungkinan untuk dikenang selamanya.

Salah seorang pendiri dari situs layanan kado, Antonius Taufan adalah lulusan angkatan pertama dari Jakarta Founder Institute (JKTFI). Bersamaan dengan kelulusannya Taufan merilis startup lokalnya ke publik. Dari pengalamannya mengikuti JKTFI selama 4 bulan, Taufan mencoba membangun startup lokal sendiri. Selain menjadi produktif, melalui JKTFI dia juga mendapatkan banyak pengetahuan dan pengalaman dari mentornya. Menurutnya, value terbesar yang didapatkannya dari sini adalah membangun network. Taufan juga bisa mempunyai akses ke pasar serta berkenalan dengan teman-teman yang supportif.

Situs lokal ini secara resmi telah soft launch pada awal Februari lalu, dengan menyediakan berbagai macam experience gift yang menarik. Experience gift yang ditawarkan memang terdiri dari beragam aktifitas seru mulai dari scuba diving, memanah, berkuda di alam bebas, belajar DJ, membuat keramik tanah liat, belajar sulap hingga mengikuti workshop batik. Akan ada sekitar 50-an pengalaman menarik yang ditawarkan.

Situs yang menawarkan kado unik ini dapat mengirimkan gift certificate yang dikemas dalam box cantik ke alamat yang dituju tanpa memaksa meninggalkan meja kerja Anda. Penerima hadiah dapat Anda tujukan kepada orang tua, sang buah hati, pasangan Anda, sahabat ataupun kolega di perusahaan. Dengan hadirnya layanan ini pemberi kado merasa lebih praktis, tanpa harus menghabiskan waktu untuk belanja. Setelah mendapat gift certificate, Anda harus melakukan reservasi untuk mengatur jadwal di merchant-nya. Jadi, penerima hadiah memang harus mengatur jadwal. Misalnya aktifitas berkuda yang bisa saja penuh di hari-hari tertentu.

Untuk memberikan Anda pengalaman yang istimewa, startup yang satu ini memilih merchant yang terbaik di bidangnya. Mereka mengedapankan value, profesionalitas merchant, hingga safety. Memang layanan yang disediakan di sini tidaklah murah. Aktifitas berkuda berdua misalnya, ditawarkan seharga Rp 570 ribu, dan mengikuti batik insentif mencapai Rp 600 ribu. Oleh karena itu, segmen yang dibidik cukup spesifik yaitu kalangan menengah ke atas serta para ekspatriat. Meskipun demikian, tersedia juga aktifitas yang cukup murah seperti berlatih kendo atau memanah yang dihargai mulai dari Rp 50.000 - Rp 150.000. Aktifitas seperti ini tidak selalu harus menjadi hadiah, tetapi bisa juga menjadi weekend to-do-list, yaitu sebuah aktifitas menyenangkan di akhir pekan.

Meski sudah dirilis, layanan Fokado saat ini masih terbatas. Experience yang tersedia pun masih terbatas, baik dari segi jumlah maupun lokasi. Begitu pula dengan sistem pembayaran yang diterima, yang saat ini hanya melayani transfer antar rekening BCA dan Mandiri. Beberapa kekurangan ini akan terus dibenahi. Meskipun belum bisa memastikan kapan akan full release, Taufan membuat rencana untuk go national pada akhir tahun 2012 ini.

Bagi Anda yang selama ini hanya terpaku pada hadiah barang yang itu-itu saja, maka tak ada salahnya memakai jasa layanan kado unik ini untuk memberikan kesan yang berbeda, mewah, dan mungkin tak terlupakan meskipun hadiah tersebut tidak bisa dipajang di kamar. [RK]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel