Sudah Tahu Tips Perawatan Laptop Yang Baik? Inilah Rahasianya

13 May 2012 16:00 5482 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sebagian di antara kita hanya bisa menggunakan laptopnya saja tanpa tahu tips perawatan laptop, nanti Anda pasti akan sangat menyesal jika laptop yang Anda sayangi jarang dirawat dan suatu saat laptop Anda tidak bisa menyala dan data-data penting Anda hilang atau bahkan tidak bisa diselamatkan.

Laptop merupakan sebuah perangkat yang banyak digunakan oleh kalangan akademisi, pelaku bisnis, dan sebagainnya, entah digunakan untuk berselancar di internet ataupun dipergunakan untuk mengerjakan berbagai hal lainnya. Kita kadang-kadang lupa untuk merawat laptop yang kita miliki, apakah Anda salah satu di antaranya?

Sebagian di antara kita hanya bisa menggunakan laptopnya saja tanpa tahu tips perawatan laptop, nanti Anda pasti akan sangat menyesal jika laptop yang Anda sayangi jarang dirawat dan suatu saat laptop Anda tidak bisa menyala dan data-data penting Anda hilang atau bahkan tidak bisa diselamatkan.

Berikut ini adalah tips perawatan laptop ala Paseban secara umum, Anda pasti sudah pernah mendengarnya, namun Paseban mencoba mengingatkan Anda kembali:

• Jangan menggunakan laptop terlalu lama, ingatlah komponen-komponen yang ada di laptop tidak sama dengan komputer, artinya komponen tersebut lebih cepat panas.

• Jangan langsung menutup laptop ketika Anda sudah memakai laptop dalam waktu yang lama dan langsung memasukkannya ke dalam tas setelah dipakai, biarkanlah sekitar 5 menit agar komponen-komponennya dingin terlebih dahulu.

• Pastikan tangan Anda bersih dari kotoran maupun sisa makanan, jangan sampai tangan yang berminyak dan kotor menyentuh laptop Anda.

• Pastikan listrik di rumah Anda stabil, karena jika tidak hal tersebut bisa merusak prosesor, hardisk, dan juga memori laptop.

• Jika Anda membawa laptop, gunakanlah tas yang bisa menahan guncangan. Guncangan ini bisa terjadi jika Anda menggunakan motor, guncangan yang diakibatkan tas ini dapat membuat hardisk, prosesor laptop mungkin menjadi bergeser dan menyebabkan kerusakan yang tidak diinginkan.

• Tips perawatan laptop yang selanjutnya adalah jangan membuka aplikasi program terlalu banyak jika memori RAM Anda terbatas, hal ini dapat memicu crash program dan juga prosesor Anda menjadi lebih cepat panas.

Tips perawatan Laptop dari sisi Hardware:

• Jika Anda tidak kenal betul fungsi dari masing-masing komponen hardware laptop, janganlah sekali-kali untuk membongkarnya.

• Jika Anda mahir dalam membersihkan laptop lakukanlah minimal pembersihan laptop satu bulan sekali, atau jika Anda tidak mengenal betul cara membersihkan perangkat keras seperi kipas, keyboard dan perangkat keras lainnya yang rentan terhadap debu coba bawalah latop Anda ke tempat servis kepercayaan Anda untuk membersihkan debu yang ada dan menempel pada komponen perangkat keras laptop Anda.

• Lindungi layar LCD /LED laptop Anda dengan menggunakan plastik khusus penutup laptop, bisa dibeli ditoko-toko komputer. Hal ini dilakukan untuk menghindari layar laptop tergores oleh benda-benda yang tidak diinginkan (misalnya: kuku, alat tulis dan sebagainya).

• Jangan menekan keyboard Anda terlalu keras saat mengetik, gunakanlah sewajarnya.

• Sebaiknya hindari membawa laptop dengan keadaan menyala.

Tips Perawatan Laptop dari sisi software:

• Demi keamanan data usahakan data-data penting yang ada pada laptop Anda diberi proteksi password.

• Minimal satu bulan sekali Anda harus menggunakan sebuah aplikasi pembersih, CCleaner mungkin adalah aplikasi gratis yang bisa diandalkan.

• Install aplikasi back-up data, aplikasi ini akan sangat berguna ketika ada masalah dengan data-data penting yang anda miliki entah karena tidak sengaja terhapus maupun masalah lainnya.

• Gunakanlah antivirus terpercaya dan jangan lupa untuk selalu memperbarui database antivirus yang Anda gunakan tersebut.

• Tips perawatan laptop berikutnya, usahakan selalu pantau kondisi panas kipas, hardisk, maupun prosesor menggunakan software.

• Jika ada flashdisk teman Anda, ke laptop usahakan luangkan waktu untuk men-scan terlebih dahulu

Nah, mungkin itulah sebagian tips perawatan laptop dari, semoga bisa menambah pengetahuan dan juga berguna bagi Anda. Anda pun bisa berbagi tips perawatan laptop yang mungkin belum Paseban tulis di sini. [AG]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel