Mengenal Lebih Dekat Airplane Mode pada Perangkat Mobile

17 Apr 2012 08:30 11692 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Airplane mode dapat ditemui hampir di seluruh perangkat mobile. Cara ini memungkinkan Anda mendapatkan akses ke beberapa fitur berbeda tanpa mengganggu transmisi frekuensi radio yang dapat mengganggu jalannya penerbangan pesawat terbang. Perangkat mobile seperti smartphone, tablet, dan lainnya melakukan komunikasi melalui beberapa pilihan teknologies nirkabel seperti WiFi, GPS, ataupun Bluetooth.

Airplane mode dapat ditemui hampir di seluruh perangkat mobile. Cara ini memungkinkan Anda mendapatkan akses ke beberapa fitur berbeda tanpa mengganggu transmisi frekuensi radio yang dapat mengganggu jalannya penerbangan pesawat terbang. Perangkat mobile seperti smartphone, tablet, dan lainnya melakukan komunikasi melalui beberapa pilihan teknologi nirkabel seperti WiFi, GPS, ataupun Bluetooth.

Sinyal radio yang dihasilkan dari perangkat tersebut berpotensi mengganggu sistem pesawat komersil selama penerbangan berlangsung. Oleh sebab itu, sebagian pesawat maskapai penerbangan tidak mengizinkan penumpangnya menghidupkan perangkatnya selama penerbangan berlangsung. Namun, untuk menanggulangi masalah ini, para pengembang perangkat mobile mengembangkan airplane mode. Mode tersebut mampu mematikan sinyal nirkabel tapi tetap mengizinkan perangkat mobile untuk melakukan banyak aktivitas di dalam pesawat.

Pesawat terbang saat ini banyak diisi dengan berbagai perlengkapan elektronik modern yang disebut avionic. Avionic bekerja untuk mengontrol pesawat, sistem komunikasi dan juga navigasi. Beberapa dari sistem tersebut sangat mengandalkan penggunaan tautan radio dengan menara pengawas dan satelit GPS. Perangkat-perangkat elektronik seperti ponsel, tablet, laptop, dan lainnya yang mampu menghasilkan frekuensi radio memang tidak diizinkan dipergunakan di dalam pesawat. Oleh sebab itu, penggunaan airplane mode dapat memberikan Anda kesempatan untuk menggunakannya untuk melakukan beberapa hal seperti mendengarkan musik yang tidak akan mengakibatkan masalah terhadap sistem navigasi pesawat. Tapi, selama tidak mematikan mesin pesawat, risiko terganggunya komunikasi dan navigasi pilot masih dapat terjadi.

Dengan alasan keamanan, beberapa maskapai penerbangan tidak mengizinkan penggunaan perangkat mobile di dalam pesawat. Dengan kemampuannya yang terbatas, airplane mode mampu mencegah beberapa gangguan antara sistem navigasi penerbangan dan ponsel. Hanya saja penonaktifan penggunaan ponsel saat di dalam pesawat menjadi cara yang paling efektif agar penerbangan berlangsung dengan aman. Pada saat menggunakan airplane mode, Anda masih dapat mengakses musik, memainkan game, ataupun sekadar melihat koleksi foto dan lainnya. Fitur-fitur ponsel yang tidak dapat digunakan saat menggunakan airplane mode adalah internet, Bluetooth, dan fungsi panggilan telepon serta layanan pesan singkat.

Untuk mengaktifkan airplane mode pada perangkat mobile, Anda cukup membuka menu Setting. Untuk perangkat Android, Anda dapat memilih opsi "Wireless and Network" di dalam menu Setting. Kemudian pilih dan centang aiplane mode. Sedangkan untuk perangkat iOS, Anda dapat memilih opsi tersebut di bagian atas menu Setting di halaman pertama. Setelah mengaktifkan mode tersebut, akan muncul ikon kecil bergambar pesawat yang akan menunjukkan tingkat energi baterai dan lainnya. Untuk menonaktifkannya, gunakan menu Setting yang sama. Menariknya, Anda dapat menggunakan airplane mode walaupun tidak sedang berada di dalam pesawat. Hal ini dapat dilakukan untuk menghemat penggunaan baterai. Bahkan mematikan seluruh fitur wireless akan lebih menghemat penggunaan baterai.[MS]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel