Cara Mengatasi erorr dan masalah DVD atau CD

20 Apr 2013 14:00 56922 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
CD/DVD drive adalah sebuah media atau bisa dikatakan sebagai salah satu media yang ada pada perangkat komputer maupun laptop, CD/DVD drive biasa dipergunakan untuk membaca data yang terdapat pada keping CD/DVD seperti aplikasi, musik, film, dan lainnya, dan juga bisa dipergunakan untuk menulis data kedalam keping CD/DVD.

Kerusakan atau masalah CD/DVD drive yang menyebabkan tidak berfungsinya salah satu perangkat keras milik nda tersebut atau juga yang berdampak pada tidak terbacanya CD/DVD, lalu gagal melakukan proses burning pada komputer atau laptop dan juga tidak terdeteksinya CD/DVD drive pada. Tentunya Anda pasti kesal bukan ? sebelum membawanya ke tukang servis komputer ada baiknya Anda mengecek terlebih dahulu penyebab ataupun hal-hal yang dapat menyebabkan hal tersebut terjadi. Berikut adalah langkah-langkah cara mengatasi error atau Masalah DVD yang harus di coba jika CD/DVD Anda tidak dapat berjalan dengan baik atau terdapat error.

  1. Restart PC jika CD/DVD yang ada pada laptop/komputer Anda tidak terdeteksi di sistem atau tidak berjalan dengan baik. Kdadang cara ini akan berguna

  2. Jika pada drive tidak muncul tampilan CD/DVD drive/Explorere, silahkan cobalah untuk menekan tombol F5 pada keyboard agar sistem melakukan refresh secara otomatis. Jika masih tidak tampil silahkan Anda download aplikasi CDGone untuk mencoba menampilkan kembali driver yang mungkin sempat hilang.

  3. Jika masalah pada CD/DVD tidak mau melakukan proses burning data/file silahkan coba CD/DVD dengan merk lainnya, atau dengan mencoba melakukan instal aplikasi burning lainnya.

  4. Jika CD/DVD drive Anda menggunakan atau terhubung dengan kabel IDE, silahkan cek atau coba ganti kabel IDE dengan yang baru mungkin penyebabnya dari kabel IDE.

  5. Jika CD/DVD drive tidak mau dibuka setelah menekan tombol, silahkan Anda cari lubang kecil disekitaran tombol untuk membuka CD/DVD drive gunakanlah lidi/jarum masukan perlahan dan tekan hinggga CD/DVD drive terbuka sendiri.

  6. Jika CD/DVD drive tidak mengeluarkan kilatan cahaya, artinya ada masalah dengan lensa optik pada CD/DVD drive Anda, Anda bisa coba membersihkannya dengan cairan khusus pembersih yang bisa didapatkan di toko-toko komputer ataoun dengan menggunakan cairan alkohol untuk membersihkan lensa optik tersebut. Gunakanlah kapas halus.

  7. Jika lensa sudah coba dibersihkan namun masih tetap tidak bisa, artinya lensa CD/DVD drive komputer Anda sudah tidak berfungsi atau mati. Anda bisa membawa CD/DVD drive Anda untuk dilakukan pemeriksaan ke toko atau orang yang ahli servis komputer.

  8. Jika CD/DVD drive menyala namun muncul pesan pada Device Manager, silahkan coba klik kanan pada Device Manager dengan cara klik kanan pada "My Computer” kemudian pilih "Manage” pilih menu "Action” kemudian silahkan klik "Rescan Disks”. Anda juga bisa melakukan dengan cara mengklik kanan pada root Device Manager kemudian pilihlah "Scan for hardware changes."

  9. Motherboard yang mengalami kerusakan juga bis amenjadi penyebab tidak terdeteksinya CD/DVD drive yang berpengaruh pada kabel IDE.

  10. Virus juga bisa menjadi penyebab beberapa komponen pada Device Manager menghilang. Lakukan proses scan pada komputer maupun laptop Anda untuk mendeteksinya.

  11. Jika masalah pada CD/DVD drive tampil atau ada pada Device Manager, tapi tidak muncul pada jendela Explorer Windows, silahkan hapus registry keys HKEY_LOCAL_MACHINE/SYSTEM/CurrentControlSet/Control/Class/4D36E965-E325-11CE-BFC1-08002BE10318.

  12. Jika gagal untuk melakukan proses burning pada CD/DVD mungkin Anda harus melakukan reinstall aplikasi burning yang digunakan atau dengan mencoba aplikasi burning lainnya yang berbeda.

  13. Jika Anda menggunakan aplikasi ITunes, hilangkanlah pengaturan lower filter dan ubah menjadi upper filter dan ubah valuenya menjadi "GEARAspiWDM" (tanpa tanda petik).

  14. Silahkan cek pada pengaturan registry dan ubah value pada "NoDrives" pada HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer dan juga HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\policies\Explorer. Jika value yang tertulis selain angka nol, fitur Group Policy pada Windows mungkin menjadi penyebab CD/DVD drive Anda tidak dapat digunakan atau terdeteksi karena telah diatur oleh administrator yang bersangkutan. Anda dapat mengubahnya atau mengakses fitur y Local Group Policy dengan cara mengetikkan perintah gpedit.msc pada menu "Run" didalam Start Menu maupun CharmBar jika Anda menggunakan Windows 8.

  15. Anda juga dapat mencoba untuk menguninstall CD/DVD drive dan juga IDE port yang ada pada Device Manager, jika sudah diuninstall kemudian silahkan lakukan restart sistem kemudian cek kembali pada Device Manager apakah CD/DVD drive Anda terdeteksi atau tidak.

 

Baca juga : 

        Inilah 5 Merek DVD Blank Terbaik dan Terpopuler Saat Ini

        Windows Anda Error, Ada File Sistem Corrupt? Jangan Buru-buru Install Ulang, Coba Cara Ini

 

Demikianlah cara mengatasi error maupun solusi mengenai masalah DVD atau CD drive yang bisa Anda coba terlebih dahulu sendiri, sebelum membawanya ke tukang servis komputer yang mungkin memakan biaya yang tidak sedikit. Selamat mencoba..
[AG]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel