TransferJet - Teknologi Transfer Data Super Cepat untuk Perangkat Mobile

25 Jan 2012 15:00 5262 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ajang *Consumer Electronics Show* (CES) 2012 yang berlangsung beberapa minggu lalu tidak hanya mengenalkan produk-produk elektronik terbaru. Salah satunya adalah teknologi transfer data yang cukup menarik perhatian banyak orang, TransferJet.

Ajang Consumer Electronics Show (CES) 2012 yang berlangsung beberapa minggu lalu tidak hanya mengenalkan produk-produk elektronik terbaru. Event ini juga menjadi sarana para produsen elektronik untuk mempertontonkan teknologi-teknologi terbaru yang telah atau sedang dikembangkannya. Salah satunya yang cukup menarik perhatian adalah teknologi transfer data bernama TransferJet yang bisa memberikan kemampuan untuk mengirim data dengan kecepatan super.

Seperti namanya, Anda bisa mengirim sebuah data dengan kecepatan seperti sebuah pesawat jet. Bayangkan saja, teknologi transfer data TransferJet ini memiliki lapisan rate transmisi yang maksimum hingga mencapai 560 Mbit/s. Meskipun demikian, pada kenyataannya teknologi ini memiliki kecepatan efektif hingga 375 Mbit/s. Teknologi ini akan mengatur kecepatan pengiriman data sesuai dengan lingkungan wireless di sekitarnya. Dengan kemampuan tersebut, koneksi data menggunakan teknologi TransferJet ini akan dapat bertahan meskipun dalam kondisi lingkungan yang berubah-ubah.

Selain itu, teknologi transfer data super cepat TransferJet ini juga memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi MAC Address dari sebuah perangkat elektronik. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk dapat memilih perangkat mana yang akan dihubungkan.

Cara menggunakan teknologi TransferJet untuk melakukan transfer data cukup mudah, karena hampir mirip seperti ketika menggunakan teknologi Bluetooth. Anda tinggal mendekatkan dua perangkat elektronik yang akan dihubungkan. Selanjutnya, tinggal menyalakan fitur TransferJet, maka pengiriman data akan berlangsung.

Namun sayangnya, teknologi ini hanya mampu digunakan dalam range jarak yang tidak terlalu jauh. Dalam sebuah demonstrasi yang ditunjukkan oleh pihak Toshiba, mereka mendekatkan dua buah tablet pada jarak yang cukup dekat untuk melakukan transfer data. Jarak antara kedua tablet itu berkisar di satuan sentimeter.

Jika dibandingkan dengan Bluetooth, teknologi ini memiliki beberapa keunggulan. Selain dalam hal kecepatan transfer data, teknologi TransferJet ini juga tidak terlalu banyak memakan pasokan energi, alias hemat. Jika Anda penasaran seperti apa kemampuan teknologi ini dalam mengirim sebuah data, di bawah ini adalah video demonstrasi TransferJet.

Toshiba TransferJet makes moving files between devices easy

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel