5 Tips Pemberian Pakan Ternak Ayam Kampung Super yang Benar

29 Jun 2018 18:05 2687 Hits 0 Comments
Ayam kampung menjadi pilihan bagi yang ingin menggeluti peternakan ayam. Hal itu dikarenakan perawatannya yang mudah kemudian didukung dengan kondisi fisik ayam kampung itu sendiri yang memiliki daya survive lebih tinggi karena sistem imun yang kuat. Meski namanya ayam kampung namun kenyataannya banyak masyarakat perkotaan juga memelihara ayam kampung ini baik untuk hobi dan juga ada yang dijadikan sebagai lahan bisnis.

Ayam kampung menjadi pilihan bagi yang ingin menggeluti peternakan ayam. Hal itu dikarenakan perawatannya yang mudah kemudian didukung dengan kondisi fisik ayam kampung itu sendiri yang memiliki daya survive lebih tinggi karena sistem imun yang kuat. Meski namanya ayam kampung namun kenyataannya banyak masyarakat perkotaan juga memelihara ayam kampung ini baik untuk hobi dan juga ada yang dijadikan sebagai lahan bisnis.

Jika banyak ayam yang mati akan menimbulkan kerugian yang tidak bisa terhitung jumlahnya sehingga menentukan jenis ayam yang akan dipelihara ini sangat penting bagi kesuksesan peternakan ayam. Selain itu dibutuhkan pengetahuan dan skill beternak ayam dengan benar supaya terhindar dari kerugian. Salah satu pengetahuan yang penting diketahui dalam ternak ayam adalah pemberian pakan ternak ayam kampung. Berikut adalah tips pemberian pakan ternak khusus ayam kampung super yang harus diperhatikan:

Sesuaikan dengan Umur

Pakan ternak ayam kampung harus disesuaikan dengan umur. DOC ayam kampung tidak bisa langsung memakan makanan yang kasar dan berat karena pencernaan yang belum sempurna. Oleh sebab itu berikanlah pakan yang sesuai dengan umurnya. Untuk DOC ini bisa diberikan pakan yang lebih halus seperti tepung-tepungan. Sedangkan untuk periode diatas DOC bisa diberikan pakan setengah kasar atau campuran karena pencernaannya jauh lebih sempurna dibandingkan dengan DOC. Jika ayam sudah dewasa berikanlah pakan yang kasar seperti biji jagung dan lain-lain karena pencernaan sudah sempurna.

Tepat Waktu

Agar ayam bisa tumbuh dengan baik berikanlah pakan tepat waktu. Jika masih menggunakan sistem umbaran terutama yang memiliki halaman luas, pemberian pakan tepat waktu ini akan membuat ayam ingat kapan jam untuk makan. Ayam akan pulang ke kandangnya tepat jam makannya. Peternak yang tidak memiliki waktu konsisten dalam pemberian pakan akan membuat ayam susah mengingat kapan waktunya makan sehingga jam makan ayam tidak akan kembali ke kandang.

Nutrisi yang Seimbang

Berikanlah pakan ternak ayam kampung dengan nutrisi yang seimbang. Setiap periode ayam memiliki nutrisinya masing-masing. Oleh sebab itu agar tumbuh dan kembangnya maksimal berikanlah nutrisi yang seimbang. Ayam membutuhkan serat, protein, lemak, kalsium, fosfor dan lain sebagainya dalam ransum pakannya.

Sesuaikan dengan Porsinya

Agar tumbuh kembang menjadi maksimal, peternak harus menyesuaikan porsinya.  Porsi ayam jantan dan juga betina berbeda. Oleh sebab itu peternak harus bisa memberikan porsi makan sesuai dengan jenis kelamin dan juga umur. Selain itu hal penting yang harus diingat adalah pemerataan pakan. Ada ayam yang fisiknya lebih kuat dibandingkan dengan yang lainnya sehingga mendominasi pakan. Akibatnya pemerataan pakan menjadi kurang maksimal. Ketika pemerataan tidak diperhatikan, seberapa pun banyaknya porsi pakan yang diberikan tidak akan membuat tumbuh dan kembang ayam menjadi merata.

Pakan yang Segar

Berikanlah pakan yang segar. Bagi peternak yang suka membeli pakan di Pet Shop sebaiknya teliti dulu sebelum membeli apakah kondisi pakan masih layak atau sudah tidak layak makan. Hal itu dikarenakan pakan yang kondisinya sudah tidak bagus akan menyebabkan penyakit pencernaan pada ayam.

Jaga Kebersihan

Tidak hanya dari faktor pakan saja yang harus diperhatikan namun kebersihan peternak pun harus diberikan. Jika peternak sedang sakit, sebaiknya gunakanlah masker saat memberikan pakan. Kemudian cuci tangan terlebih dahulu dan gunakanlah sarung tangan saat memberikan pakan.

Pakan adalah salah satu kunci kesuksesan dalam beternak ayam. Agar tidak mengalami kerugian penting sekali bagi peternak untuk memilih jenis pakan yang tepat. Selain memilih pakan yang tepat, peternak juga harus tahu tips pemberian pakan ternak ayam kampung yang benar supaya tumbuh kembang maksimal.

Tags

About The Author

0 20
Pensil

0

Seorang yang ingin jadi berguna untuk nusa dan bangsa

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel