5 Rahasia Dibalik Kesuksesan OnePlus

31 Jul 2015 17:03 2139 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Intip rahasia kesuksesan peruasahaan OnePlus 

Kesuksesan OnePlus-Siapa yang tidak kenal perusahaan asal Tiongkok bernama OnePlus?

Bermarkas di Shenzhen, China, perusahaan manufaktur gadget OnePlus yang juga merupakan anak perusahaan dari manufaktur China lainnya bernama OPPO adalah salah satu perusahaan manufaktur dengan masa depan yang cemerlang.

Kenapa tidak? Produk pertamanya yang diberi nama Oneplus One menjadi salah satu smartphone yang paling diminati di kalangan pecinta gadget.

Bagaimana bisa mereka bisa sesukses para manufaktur smartphone yang umumnya hanya bisa dicapai oleh manufaktur besar seperti Samsung dan Sony?

Tentunya pencapaian mereka selama ini berkat strategi yang mereka buat dalam memasarkan produknya yang juga patut dicontoh oleh manufaktur smartphone lainnya.

 

1.    Harga murah untuk spesifikasi tinggi

OnePlus One adalah salah satu produknya yang sangat laris dipasaran. Walaupun spesifikasi smartphone tersebut bukan yang terbaik diantara smartphone yang ada,

harga produk yang biasa dipanggil OPO itu ternyata sangat murah dibanding kompetitor sekelasnya yang harganya bisa mencapai dua kali harga OnePlus One.

Ya, ‘harganya yang murah’ adalah salah satu kelebihan OnePlus One. Bahkan jajaran smartphone Nexus atau Samsung yang punya spesifikasi mirip atau sama tidak bisa punya harga semurah Oneplus One.

 

2.    Promosi tepat sasaran

Zaman sekarang, media sosial atau medsos sangat memeran peranan penting bagi kehidupan kita khususnya bagi mereka yang ingin mempromosikan produk mereka dengan biaya kecil atau tanpa biaya sekalipun.

Inilah yang digunakan manufaktur asal negeri tirai bambu ini dalam mempromosikan produknya.

Dari hari pertama, mereka berpromosi dengan cara memberikan bocoran-bocoran menarik tentang produk yang akan diluncurkan. Khususnya tentang harga yang waktu itu memang mengejutkan para netizen karena harganya yang murah.

Kabar soal kehadiran Oneplus One menyebar dengan cepat yang mengawali kesuksesan OnePlus waktu itu. Dengan demikian, promosi lewat media sosial adalah satu faktor penekan harga OnePlus One sehingga para konsumen dapat menikmatinya dengan murah.

 

 

3.    Mengutamakan popularitas daripada profit

Ini merupakan strategi lain dari OnePlus untuk maju. mereka berpendapat bahwa jika sebuah perusahaan pembuat smartphone maju, itu adalah karena awalnya brand atau merk produk mereka populer bukan karena profit yang tinggi.

Profit akan datang dengan sendirinya setelah produknya sudah dimiliki dan digemari banyak orang. Setelah perusahaannya berkembang lebih jauh, tidak menutup kemungkinan kalau OnePlus akan mengambil langkah seperti Xiaomi.

Yaitu dengan tidak hanya menjual smartphone, tapi juga menjual konten.

 

4.    Sistem penjualan produk menggunakan sistem invitation

Walaupun sistem undang-mengundang ini awalnya menuai banyak kritik dari berbagai pihak terutama para calon pembeli, OnePlus bisa dibilang berhasil mengimplementasikan strategi pemasaran ini dalam produk smartphone pertamanya, OnePlus One.

Sistem invite sendiri ternyata sangat bermanfaat bagi OnePlus. Dengan adanya sistem ini, OnePlus dapat menjual produknya dengan jumlah yang pasti.

Maksudnya, permintaan dari konsumen dan produksi akan memiliki jumlah yang sama sehingga perusahaan tidak akan mengalami surplus dari produk mereka, dimana permintaan lebih kecil dari pada penawaran.

 

5.    Mengubah para pelanggan menjadi fans

Apa yang dapat membuat bertahannya sebuah produsen smartphone di zaman ini?

Ya, salah satu jawabannya adalah pelanggan yang setia terhadap brand smartphone tersebut. Inilah salah satu faktor yang menopang kehidupan OnePlus sampai akhirnya muncul generasi kedua dari smartphone OnePlus yaitu OnePlus Two.

Kebanyakan pengguna OnePlus mengerti tentang gadget, dan OnePlus One adalah salah satu produk yang membuat banyak orang jatuh cinta terhadap produk dan perusahaannya.

Orang-orang ini adalah mereka yang biasa disebut “fanboys”, yang kalau di dalam barisan pasukan tempur adalah lini terdepan. Mereka adalah orang-orang yang menjadi juru bicara dan promotor dari brand OnePlus.

 

Kesimpulan

OnePlus adalah sebuah perusahaan manufaktur yang berawal dari nol. Namun dengan strategi promosi dan pemasaran mereka yang memang beberapa diantaranya terkesan baru dan efisien, OnePlus dapat mencapai kesuksesan yang umumnya hanya dapat dicapai perusahaan-perusahaan besar.

Tidak hanya produk perdananya sangat menakjubkan, harganya juga cukup terjangkau dibandingkan brand smartphone lain yang sudah terkenal.

Selain itu, OnePlus juga memiliki ikatan yang kuat dengan komunitasnya. Sehingga produk yang dikeluarkan OnePlus adalah produk yang didesain bukan hanya dari pemikiran pihak OnePlus, tapi juga dari masukan-masukan para pecinta smartphone lainnya. [FM]

 

Tags

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel