Adu Dua Game Snake Android ala Nokia Lawas

1 Jul 2015 09:00 4983 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kembali ke masa lalu. Bernostalgia dengan permainan paling populer di ponsel paling populer satu dekade yang lalu. Permainan Snake dari ponsel jadul dimainkan di ponsel masa kini.

Game Snake Android-Siapa pemilik Nokia lawas keluaran tahun ’90-an hingga awal 2000-an yang tak kenal permainan Snake? Permainan khas ponsel Nokia dengan layar monokrom ini adalah permainan yang pernah sangat populer, sepopuler jajaran ponselnya. Yakin, tidak sedikit orang yang akan terungkit nostalgianya jika bisa memegang sebuah ponsel Nokia jadul dan memainkan permainan Snake di ponsel tersebut.

Sayangnya, ponsel Nokia lawas berlayar monokrom kini sudah menjadi barang antik dan langka. Namun begitu, jangan kecewa, karena di Playstore Android, Anda bisa menemukan banyak permainan serupa Snake.

Di antara sekian banyak permainan mirip Snake yang ada di Playstore, tidak banyak permainan yang unik atau yang memang benar-benar mirip dengan Snake yang pernah populer di ponsel Nokia. Dari hasil pencarian kami, Snake 1997: retro phone classic dan Snake 2k adalah dua permainan yang paling mirip dengan permainan Snake Nokia. Pada artikel ini, kami akan membandingkan keduanya untuk mengulas perbedaan dan keunggulan masing-masing permainan tersebut.

 

Snake 1997: retro phone

Permainan ini dikembangkan oleh dsd 164 dan mendapatkan banyak respon positif dari Google Play. Snake 1997: retro phone adalah permainan yang menyimulasikan permainan Snake Nokia versi pertama di ponsel pintar berbasis android.

 

1. Antarmuka dan Grafis

Adu Dua Game Snake Android ala Nokia Lawas

Menyimulasikan di sini berarti menjiplak tampilan dot-matriks Nokia lawas yang khas dan menampilkan layar yang berisi sebuah level yang dibingkai batas bermain, blok garis panjang sebagai representasi ular, dan titik kecil sebagai representasi makanan si ular.

Sebagai simulasi, dalam tampilannya, permainan ini menampilkan antarmuka yang berbeda, bergantung jenis ponsel yang menjadi platform bermain Snake Anda. Tersedia tampilan ponsel 5110, 3210, 3310, 8210 dan 8850.

 

2. Gameplay dan Kontrol

Snake 1997: retro phone classic memiliki dua macam gameplay. Gameplay pertama adalah simulasi permainan Snake generasi pertama. Snake generasi pertama ini dicirikan dengan tampilan yang lebih sederhana. Level Snake generasi pertama adalah seluruh layar ponsel yang dibatasi oleh garis tebal di sekeliling layar. Apabila ular pemain menabrak salah satu bagian dinding pembatas tersebut, ular pemain dinyatakan mati dan permainan selesai alias game over.

Adu Dua Game Snake Android ala Nokia Lawas

Tugas pemain dalam permainan Snake generasi pertama adalah mengumpulkan makanan (yang direpresentasi oleh titik-titik kecil yang tersebar di arena bermain) untuk si ular. Setiap kali ular memakan satu titik, akan muncul titikb aru dan tubuh ular menjadi semakin panjang.

Permainan Snake di ponsel Nokia jadul umumnya dikendalikan dengan tombol dial angka. Dalam Snake 1997: retro phone, Anda akan mendapati tampilan model telepon seluler nokia lengkap dengan tombol-tombol angkanya. Dengan begitu, Anda bisa memainkan game Snake seperti halnya di zaman Nokia dulu. Ini memberi otentitas simulasi permainan Snake bahkan di sistem ponsel pintar dengan layar sentuh.

 

3. Suara

Dari segi suara, Snake 1997: retro phone juga menjiplak suara “bip-bip” monofonik khas Nokia jadul. Penggunaan suara bip monofonik ini menjaga keontetikan Snake 1997 ketika menyimulasikan permainan Snake ala Nokia. Sayangnya, suara efek dari permainan Snake 1997 cenderung lebih lemah/senyap ketimbang Snake 2k.

 

Snake 2k

Seperti halnya permainan Snake 1997: retro phone classic, Snake 2k juga merupakan permainan yang menyimulasikan permainan Snake Nokia lawas. Namun begitu, versi yang diangkat oleh Snake 2k adalah simulasi terhadap permainan Snake 2.

Bagi yang pernah menggunakan berbagai macam ponsel Nokia pasti ingat bahwa tidak hanya satu versi permainan Snake. Pada ponsel yang keluar tahun 2000-an dan seterusnya, Nokia menyematkan Snake versi baru bernama Snake II. Gameplaynya banyak berbeda dari gameplay Snake generasi pertama. Permainan Snake II dapat ditemukan pada ponsel Nokia 3310 misalnya.

 

1. Antarmuka dan Grafis

Pada dasarnya, tampilan Snake 2k mirip dengan tampilan Snake 97: retro phone classic. Ketika aplikasi dibuka, di layar ditampilkan sosok ponsel Nokia 3310, lengkap dengan layar monokrom dot-matriks berlatar hijau. Namun begitu, karena permainan Snake 2k menyimulasikan permainan yang berbeda, yaitu Snake II, tampilan gameplay di layar dot-matriks tersebut juga berbeda, sedikit.

Adu Dua Game Snake Android ala Nokia Lawas

Ular di Snake II dan Snake 2k tidak lagi sekadar batangan hitam tebal yang bertambah panjang berbentuk kotak. Di permainan ini, ular yang dikendalikan pemain tampak “lebih mirip” ular daripada Snake versi pertama. Badan ular tersebut bertekstur totol-totol, dengan bagian kepala dan ekor yang terlihat lebih jelas.

Namun begitu, ada sedikit kekurangan Snake 2k. Permainan ini membatasi jenis ponsel yang disimulasikan hanya satu jenis: Nokia 3310. Sementara itu, Snake 1997 menyediakan 5 jenis ponsel untuk dimainkan. Selain itu, untuk mengakses layar Options, di Snake 2k hanya disedikan tombol akses di bawah layar. Perbedaan lainnya, skor pemain langsung ditampilkan di pojok kiri atas layar permainan.

 

2. Gameplay dan Kontrol

Dalam permainan Snake II dan Snake 2k, ular pemain tidak lagi mati jika membentur tembok bermain. Jika kepala ular membentur tembok, kepala ular akan muncul lagi dari sisi tembok yang berlawanan.

Adu Dua Game Snake Android ala Nokia Lawas

Selain itu, diterapkan pula makanan bonus yang memberkan skor lebih tinggi daripada makanan biasa. Fitur selanjutnya adalah level yang dibentuk menjadi maze atau labyrinth. Ini tujuannya untuk menjaga tingkat kesulitan permainan.

Meskipun ular tidak akan mati jika bertabrakan dengan tembok level, ular bisa mati jika bertabrakan dengan tembok labirin. Dan, aturan jika ular menabrak tubuhnya sendiri dinyatakan mati juga tetap diimplementasikan.

Adu Dua Game Snake Android ala Nokia Lawas

Simpulan

Tidak perlu permainan berukuran besar, dengan grafis indah, dan menguras tenaga ponsel untuk menjadi permainan yang memorable. Permainan ular-ularan sederhana ala Nokia lawas adalah buktinya. Meskipun permainan ini sangat sederhana dari segi struktur dan representasi, permainan ini berhasil menjadi bagian memorable dari sejarah penggunaan teknologi seseorang.

Kini, permainan Snake kembali dihidupkan melalui aplikasi android agar dapat dimainkan di platform ponsel pintar dengan sistem operasi android. Dan rupanya, faktor nostalgia dari game memorable itu dapat mengungkit kesenangan tertentu juga pada permainan generasi baru ini.

Snake 2k dan Snake 1997: retro phone adalah dua permainan yang menyimulasikan permainan legendaris ini. Keduanya cenderung mendapat apresiasi positif dari para penggunanya, meskipun masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan tertentu.

Namun begitu, pada ulasan ini, Snake 1997 Retro Phone Classic harus memiliki nilai plus lebih banyak ketimbang Snake 2k. Mulai dari pilihan permainan, tampilan, dan gameplay. Selain itu, sebagai permainan freeware, adalah wajar jika permainan semacam ini menyelipkan iklan di dalam permainannya. Snake 1997 rupanya lebih berbaik hati untuk tidak menyelipkan apapun, setidaknya sampai versi yang saat ini dimainkan.

Kedua permainan ini dapat diperoleh dari Play Store secara Cuma-Cuma. File instalasinya kecil, para pemilik ponsel dengan memori terbatas tidak perlu khawatirmemasangnya.

Demikianlah ulasan kami mengenai kedua jenis permainan simulasi Snake Nokia jadul. Semoga Anda bisa bernostalgia mengenang kembali masa-masa indah Nokia dan permainan Snake di zaman keemasan ponsel monokrom-monofonik! [SN]

 

Tags

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel