1

Perang Toko Online Android: Google Play Store vs. Amazon Appstore, Mana Yang Terbaik?

26 Jun 2013 16:00 4115 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Berbicara tentang Android, tidak akan jauh-jauh dari Google Play. Ya, layanan toko online ini memang pasangan serasi untuk Android. Tak dapat disangkal, keberadaan Google Play telah membantu para pengguna Android dalam mencari aplikasi-aplikasi yang diinginkannya. Namun, untuk mencari aplikasi Android ini, Anda tidak hanya bergantung pada Google Play.

Berbicara tentang Android, tidak akan jauh-jauh dari Google Play. Ya, layanan toko online ini memang pasangan serasi untuk Android. Tak dapat disangkal, keberadaan Google Play telah membantu para pengguna Android dalam mencari aplikasi-aplikasi yang diinginkannya. Namun, untuk mencari aplikasi Android ini, Anda tidak hanya bergantung pada Google Play. Memang, layanan app store ini telah merasuki pemikiran para pengguna Android untuk mengunjunginya apabila membutuhkan update atau aplikasi baru. Tetapi, Android juga mengizinkan para penggunanya untuk menggunakan app store third party. Bukan tidak mungkin, toko online Android alternatif ini bisa saja memiliki kinerja yang lebih baik dari Google Play Store.

Salah satu yang menjadi pesaing utama Google Play Store dalam kelas toko online untuk Android adalah Amazon Appstore. Lalu apakah toko online Android yang satu ini dapat mengalahkan Google Play, yang notabene merupakan app store utama bagi Android? Kita simak bersama-sama.

Kemudahan

Google Play akan disertakan dalam paket pembelian ponsel atau tablet Android Anda, sedangkan untuk Amazon, Anda perlu melakukan instalasi terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Dari sini, Anda dapat melihat bagaimana kemudahan yang diberikan oleh Google Play. Di lain pihak, memasukkan Amazon Appstore pada perangkat Anda akan membuat Anda memiliki dua toko online Android, dengan proses update aplikasi yang berbeda. Dengan ini, Anda dapat mengurangi kepraktisan dari penggunaan kedua app store. Jadi, Anda memerlukan alasan yang jelas apabila ingin meng-install Amazon Appstore di perangkat Android Anda.

Aplikasi Gratis

Siapa yang tidak menginginkan aplikasi gratis? Untuk itu, kedua app store ini memiliki cara tersendiri dalam memberikan aplikasi gratis bagi para penggunanya. Amazon Appstore menawarkan  aplikasi gratis terbaik setiap harinya. Selain itu, biasanya Anda bisa mendapatkan aplikasi berbayar yang tersedia secara gratis dalam satu hari. Dapatkan aplikasi tersebut, dan perangkat Android Anda akan lebih produktif. Amazon juga menawarkan aplikasi-aplikasi populer. Melalui cara-caranya tersebut, Amazon telah dapat menarik para pengguna Android untuk mengunjunginya setiap hari. Anda juga bisa mendapatkan notifikasi tentang aplikasi gratis dari Amazon setiap harinya melalui aplikasi seperti Free App Notifier For Amazon. Apabila Anda menginginkan aplikasi sejenis untuk Google Play, maka Anda bisa menggunakan AppGratis. Namun, mudahnya mendapatkan apliaksi gratis melalui Amazon Appstore merupakan kabar baik bagi para pengguna Android.

Jumlah Aplikasi

Disinilah letak ketimpangan akan terjadi. Google Play menawarkan lebih dari 700.000 aplikasi Android, sedangkan Amazon Appstore hanya memiliki 75.000 aplikasi. Sangat bertolak belakang bukan? Apabila Anda ingin mencari suatu aplikasi, inilah salah satu alasan mengapa Anda memilih Google Play. Namun, di sisi lain, jumlah aplikasi yang lebih sedikit dari Google Play mengharuskan Amazon Appstore memasukkan aplikasi populer, terbesar, dan terbaik didalamnya. Tetapi nyatanya, beberapa aplikasi favorit pengguna Android banyak yang luput dari Amazon Appstore, atau ada juga aplikasi yang hanya tersedia di Google Play. Oleh karena itu, Google Play merupakan tujuan utama para pengguna Android apabila sedang membutuhkan suatu aplikasi baru.

Penjelajahan Aplikasi

Google Play merekomendasikan beberapa aplikasi kepada penggunanya berdasarkan aplikasi apa saja yang digunakan melalui tampilannya yang rapi. Amazon Appstore tidak memiliki fungsi seperti itu, dan membiarkan para penggunanya untuk mencari dan melihat-lihat sendiri aplikasi yang diinginkannya, dari yang berbayar hingga yang gratis. Tampilan Google Play jauh lebih baik dan mudah untuk menjelajahi isi toko online Androidnya, mencari aplikasi baru, serta melihat apa saja aplikasi yang sedang populer. Ini merupakan tempat terbaik apabila Anda ingin menjelajahi berbagai aplikasi gratis atau berbayar, dan kemudian memasangnya pada perangkat Android Anda.

Kesimpulan                

Secara garis besar, Amazon Appstore tidak lebih baik dari Google Play dalam kelas toko online Android. Dari kemudahan, jumlah aplikasi, tampilan, dan fungsi pencarian aplikasi, Amazon Appstore masih berada satu tingkat di bawah Google Play. Tidak heran, kebanyakan orang lebih memilih Google Play. Namun, Amazon Appstore juga tidak layak untuk dipandang sebelah mata. Kekonsistenannya dalam memberikan aplikasi gratis bagi para pengguna Android merupkan satu kelebihan tersendiri dari toko online Android ini. Bagaimanapun, Amazon Appstore juga memiliki cara tersendiri dalam menarik para pengguna Android untuk menggunakan layanannya. Lalu, toko online Android mana yang akan Anda pilih? [DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel