Cara Menghubungkan Firefox dengan Google Chrome

22 Jun 2015 14:00 7101 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Cara mengintegrasikan Browser Mozilla Firefox dan Google Chrome dengan mudah

Firefox dan Chrome merupakan browser yang paling besar saat ini. Sebagian ada yang merasa Firefox lebih baik dan ada juga yang mendukung Chrome. Ini tidak masalah karena memang keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Ada extensions atau add-on yang tersedia di Chrome tetapi tidak tersedia di Firefox atau sebaliknya. Pertarungan kedua browser ini terus berlangsung hingga saat ini. Bila Anda mendapatkan keuntungan dari keduanya, ada baiknya pilih saja keduanya tidak perlu harus berfikir harus pilih yang mana karena saat ini ada banyak cara menghubungkan Firefox dengan Google Chrome. Karena pertarungan kedua browser ini yang diuntungkan adalah pengguna.

 

Sync Password Anda dan Bookmark

Ada berbagai extension/add-on untuk mengelola password di Chrome dan Firefox. LastPass yang berguna untuk mengelola password adalah salah satu opsi agar kita bisa mengintegrasikan password yang ada di kedua browser tersebut. Caranya, Anda cukup menginstal LastPass di kedua browser (Firefox dan Chrome). Ini akan mengintegrasikan password Anda di Firefox dan Chrome. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan RoboForm atau 1Password. Untuk Bookmark sebenarnya sudah banyak ekstensi kedua browser yang menyediakan fasilitas integrasi. Pada kesempatan ini, kami menyarankan menggunakan  Xmarks. Bawa daftar situs favorit Anda ketika Anda beralih ke browser lainnya. Hanya dengan menginstal add-on seperti Xmarks Anda bisa melakukan hal itu. Bookmark akan tetap uptodate walau Anda menggunakan browser yang berbeda. Xmarks juga memiliki profil sinkronisasi berdasarkan relevansinya, jadi Anda bisa memiliki grup bookmark yang terpisah antara pekerjaan dan pribadi. Pilihan lain mungkin adalah EverSync atau Pocket yang bisa berintegrasi dengan smartphone.

 

New Tab dan Memindahkan Link

New Tab pada browser Anda mungkin berperan penting pada aktivitas dunia maya Anda, uang dan mungkin wallet. Anda merasa perlu mempertahankan tampilan yang sama untuk setiap browser, dengan begitu Anda tidak kehabisan waktu mencari situs-situs yang sering digunakan dan sangat berfungsi. FVD Speed Dial  adalah salah satu extension yang membuat New Tab di browser Anda super berguna. Ini memungkinkan Anda untuk membuat grup speed dial, mengkostumisasi background, backup dials dan masih banyak lagi. Anda bahkan bisa membuat start screen sendiri dengan Start.me.

 Untuk memigrasi link atau tab Anda tidak perlu melakukan copy-paste dari Firefox ke Chrome atau sebaliknya. Bagaimana bila Anda harus memindahkan banyak link? Dengan Open In Chrome https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/open-in-chrome/ Anda bisa memindahkan semua tab Firefox untuk Chrome dalam satu kali klik. Add-on ini akan tampil sebagai menu tool bar di Tools. Chrome juga punya yang sama seperti ini, Open With Firefox

 

Menginstal Extensions

Jika memungkinkan, instal ekstensions yang ada di Firefox dan Chrome, dengan cara tersebut interface dan alur kerja akan tetap sama ketika Anda mengaktifkan browser. Tetapi, seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, ada beberapa ekstensi yang tidak tersedia di Firefox dan ada juga add-on yang tidak tersedia di Chrome. Untuk saat ini, kebanyakan add-on/ekstensi yang umum digunakan ada di kedua browser misalnya Shareholic, Evernote Clearly, Nimbus Screenshoot dan masih banyak ekstensi lainnya. Salah satu ekstensi yang disayangkan belum ada di Firefox adalah Tweet Deck. Memang Tweet Deck memiliki client untuk PC, tetapi alangkah baiknya bila itu bisa menjadi add-on untuk mempermudah kerja kita seperti di Chrome.

 

Memindahkann Fitur yang berguna

Chrome memiliki beberapa fitur yang berguna yang membuat penggunanya sulit untuk meninggalkan browser Google ini. Firefox juga memiliki fitur yang juga tidak dimiliki Chrome. Berita baiknya, ada extensions cerdas yang bisa membawa beberapa fitur dari satu browser ke browser lainnya. Ada Fauxbar untuk Chrome yang berfungsi membawa Awesome Bar ke Chrome. Fauxbar muncul sebagai New Tab saat Anda membuka Fauxbar Lite melalui shortcut keyboard atau ikon toolbar. Anda juga bisa membawa mode tab hirarki Firefox ke Chrome dengan menggunakan Sidewise Tree Style Tabs, tetapi ini masih dalam versi beta yang mungkin memiliki beberapa bug. Dan yang terakhir adalah Hide Caption Tittle Plus. Add-on Firefox yang menyembunyikan judul bar dan memberikan Anda ruang lebih besar. Ini akan membuat Firefox lebih seperti Chrome. [RIC]

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel