Inst4gran, Aplikasi Mirip Instagram untuk BlackBerry 10

3 Jun 2015 10:00 3616 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Aplikasi yang  nama dan fiturnya mirip  dengan Instagram  ini merupakan aplikasi yang khusus untuk BlackBerry 10

Aplikasi Mirip Instagram-Para pengguna Android dan iOS mungkin merasa puas karena di dalam perangkat mereka terdapat banyak sekali aplikasi, yang salah satunya adalah aplikasi jejaring sosial berbasis foto, Instagram. Namun, hal ini tidak dapat dirasakan oleh pengguna BlackBerry dimana aplikasi populer tersebut tidak tersedia di dalam BlackBerry App World. Melihat hal tersebut, maka seorang developer memutuskan untuk membuat Instagram client dan menyediakannya untuk semua pengguna perangkat BlackBerry 10 di seluruh dunia. Lantas, ada apa saja di dalam aplikasi Instagram khas BlackBerry 10 ini? Check this out!

 

Tentang Inst4gran dan Developer

Aplikasi Instagram yang dikhususkan untuk para pengguna BlackBerry 10 ini memiliki nama Inst4gran. Pada awalnya, aplikasi ini memiliki nama Insta10. Namun, tim developer yang tergabung ke dalam Nemory Studios mengganti nama Insta10 menjadi Instagram pada awal tahun lalu, tanpa memberikan alasan. Sedikit cerita mengenai Nemory Studios, sejatinya tim developer yang berasal dari negara Filipina ini sudah cukup lama berkecimpung untuk membuat berbagai macam aplikasi yang dikhususkan untuk pengguna BlackBerry.

Sebelum Inst4gran, developer ini pernah menciptakan aplikasi yang cukup populer di kalangan pengguna BB, seperti Phone Finder, Dater (Find a Date Nearby), Headless Stabilizer, Super Street View, Xtreme Maps Pro dan Twitter client bernama Twittly. Sementara untuk Inst4gran sendiri, Nemory Studios ingin menghadirkan Instagram client yang lebih simple dan mudah digunakan, sekalipun para pengguna BlackBerry 10 dapat melakukan porting Android SDK Instagram dengan beberapa cara agar dapat dioperasikan pada perangkat BlackBerry.

 

Fitur Inst4gran

Dengan adanya alternatif yang diberikan para pengguna BlackBerry untuk memakai Instagram, maka pengguna hanya perlu mengunduhnya melalui BlackBerry App World, kemudian dapat langsung menggunakannya. Jika pengguna telah mengunduh aplikasi ini, pertama kali akan menemukan logo kamera mirip Instagram dengan latar belakang warna gradasi, perpaduan dari merah, biru, hijau dan orange.

Setelah membuka aplikasi tersebut, maka Anda pun dapat menemukan fitur Instagram lengkap yang hadir dengan sentuhan berbeda. Untuk menggunakan aplikasi Inst4gran ini, Anda perlu melakukan login akun Instagram Anda. Jika belum memilikinya, Anda pun dapat melakukan register secara langsung melalui aplikasi ini. Jika sudah melakukan pendaftaran atau berhasil login, maka view pertama yang akan dilihat adalah Feeds, berbentuk kotak, seperti yang ditemukan pada aplikasi aslinya.

Selain Anda dapat melihat Feeds, foto yang diupload oleh seluruh akun yang Anda follow, Anda pun dapat membubuhkan komentar, mengirim Direct Messages, search akun dan hashtag tertentu, Explore Photos, Explore People Suggestions, Delete Posts & Comments, Like / Unlike, Double Tap to Like & Unlike, Follow / Unfollow / Accept / Ignore / Block Requests, serta melihat setiap foto yang pernah Anda bubuhkan like.

 

Cara Menggunakan Inst4gran

Sementara jika Anda ingin menggunakannya, pertama Anda harus import foto dari Gallery BlackBerry 10, kemudian mengeditnya dengan menggunakan filter dari BB10 Advanced Media Editor, jika telah diedit, Anda pun dapat menambahkan hashtag atau caption dengan tulisan atau emoji menarik yang juga telah terintegrasi langsung ke dalam aplikasi ini. jika sudah melakukannya, Anda pun dapat melanjutkan dengan klik tombol Share, kemudian biarkan aplikasi ini bekerja untuk membagikan foto Anda ke akun jejaring sosial yang sudah Anda integrasikan sebelumnya. Cukup mudah, bukan?

 

Kesimpulan  

Sekalipun Inst4gran merupakan aplikasi “kloningan” dari Instagram, namun aplikasi ini mampu menghadirkan beberapa kelebihan, yang berbeda dengan aplikasi aslinya. Anda dimungkinkan untuk merubah tampilan pada Inst4gran dengan dua pilihan theme yang sudah disediakan, yaitu Dark dan Light. Kemudian, aplikasi ini pun mampu menampilkan semua notifikasi yang masuk, memungknkan Anda untuk menyimpan foto dan video dari akun lain, mengedit profil, melihat jumlah followers dan following, menggunakan kamera belakang dan depan secara langsung, serta indikator profil yang di-private, sehingga membuat aplikasi ini tampak seperti aslinya. Sejatinya, aplikasi Inst4gran belum tersedia secara resmi di BlackBerry App World sekarang. Tapi jika Anda ingin menggunakannya, Anda dapat mengunduhnya melalui BlackBerry Beta Zone, dengan cara melakukan pendaftaran terlebih dahulu. [ARD]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel