Mengapa Tubuh Bisa Lapar? Berikut Alasannya

29 May 2015 11:00 2315 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Banyak orang yang sebenarnya tidak lapar tapi malah merasa lapar sehingga banyak makan

Mengapa tubuh bisa lapar? Sederhana, tubuh memerlukan asupan sebagai energi untuk beraktivitas. Karena itu, Anda makan, bahkan justru ketika perut Anda tidak memintanya. Benar sekali, rasa lapar kerap dirasakan oleh Anda dan makan adalah wajar. Tapi, hal yang tak wajar adalah ketika perut sudah cukup tetapi Anda masih merasa lapar. Padahal, bisa saja perut memang tidak sedang membutuhkan makanan. Lantas, kenapa perut terus berkata, lapar, lapar, dan lapar? Barangkali hal ini berhubungan dengan hal-hal berikut ini, yang Plimbi kumpulkan dari berbagai sumber.

Mengapa Tubuh Bisa Lapar? Berikut Alasannya

 

Rasa lapar yang muncul ketika dehidrasi

Ada saat ketika tubuh sebenarnya tidak merasa lapar tetapi membutuhkan air. Sayangnya, hal ini sulit dibedakan bagi beberapa orang. Kondisinya, ketika Anda merasa kekurangan H20, maka Anda akan merasa sulit membedakan mana rasa haus dan mana rasa lapar. Jika kondisinya seperti ini, maka yang perlu Anda lakukan adalah minum terlebih dulu. Minumlah air putih sebagai antisipasi karena bisa saja Anda dehidrasi. Jika air minum ini membuat  Anda terasa kenyang, sudah dipastikan, jika Anda memang haus dan tubuh Anda dehidrasi. Jika setelah minum, Anda masih merasa lapar, maka Anda memang harus makan.

 

Makanan dalam bentuk visual

Agak aneh memang, tapi percayalah, ada orang yang ketika melihat gambar makanan, perutnya tiba-tiba merasa lapar. Terlebih jika pada gambar tersebut merupakan gambar makanan yang super enak. Melihat gambar makanan ternyata memicu pusat otak untuk membuat keinginan makan Anda meningkat sehinga Anda pun merasa lapar, lapar, dan lapar lagi.

 

Banyak Begadang

Sudah jadi rahasia umum, jiak begadang akan memicu tubuh gemuk. Pasalnya, ketika begadang, tubuh merasa membutuhkan makanan. Sebenarnya, bedang juga membuat tubuh kurang istirahat sehingga memicu tubuh untuk terus makan lagi, teurtama dalam porsi besar.

 

Terlalu banyak asupan gula

Jika Anda tidak mau terus merasa lapar, caranya adalah dengan mengurangi konsumsi gula. Konsumsi gula ternyata memicu nafsu makan meningkat dibandingkan sebelumnya. Penyebanya, adalah glukosa dalam gula atau makanan  manis yang masuk ke tubuh akan menghambat produksi leptin. Perlu Anda tahu, leptin ini merupakan hormon yang berfungsi untuk menekan nafsu makan Anda. Karena itu, tidak aneh, jika Anda rencannya membatasi makanan dengan banyak mengonsumsi kopi manis, susu, ataupun gula, Anda malah menghambat hormon tersebut yang berakibat pada rasa lapar yang terus menerus.  Hal yang sama juga berlaku pada minuman soda. Di dalam soda, terdapat fructosa yang akan memicu otak untuk terus memikirkan makanan.


Pilihan gizi yang salah

Jika Anda sering mengonsumsi makanan yang kurang tepat, perut Anda juga akan tetap merasa lapar. Misalnya, Anda sering makan makanan kaleng. Makanan ini ternyata mengadung unsur yang bisa membaut Anda mudah sekali lapar. Kekurangan makanan sayuran juga bisa membuat Anda merasa lapar. Jika Anda makan sayuran, rasa lapar ini akan mudah diatasi karena di dalam sayuran terdapat vitamin K. Vitamin K ini adalah vitamin yang bisa membuat rasa lapar berkurang. Karena itu, jika Anda ingin tetap kenyang, Anda harus makan makanan bergizi yang akan membuat tubuh Anda kenyang.[HMN]

 

Tags

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel