Inilah Khasiat Buah Anggur untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit!

25 May 2015 09:15 2589 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Buah anggur menjadi salah satu buah yang kaya manfaat baik untuk tubuh maupun kulit. 

Khasiat Buah Anggur-Siapa yang tidak mengenal buah dengan jumlah banyak dalam satu tangkai ini? Ya, buah anggur. Buah Anggur adalah jenis buah yang lezat dan kaya akan vitamin. Buah anggur yang terdiri dari beberapa jenis dan warna ini memiliki banyak khasiat yang bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh maupun kesehatan kulit. Untuk perempuan yang peduli dengan kesehatan dan kecantikan kulitnya, maka buah anggur bisa menjadi salah satu jenis buah yang cocok untuk dikonsumsi setiap hari. Secara umum, nutrisi yang dikandung oleh buah anggur adalah 70% air, 20% zat gula, dan 10% zat-zat lain seperti, glukosida, mangan, zat besi, beberapa jenis vitamin, kalsium, asam galat, dan asam fosfat. Kandungan lainnya yang dimiliki oleh anggur adalah antioksidan.

 

Khasiat Anggur untuk Kesehatan Tubuh

Kesehatan tubuh merupakan hal penting yang ingin dimiliki oleh semua orang. Untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya adalah pola makan yang baik dan ruin mengonsumsi buah salah satunya buah anggur. Ada banyak manfaat atau khasiat dari buah anggur untuk kesehatan tubuh. Khasiat buah anggur tersebut adalah sebagai berikut.

  • Menangkal radikal bebas.

Anggur mengandung zat antioksidan seperti polifenol dan resvertol yang berkhasiat untuk menangkal masuknya radikal bebas ke dalam tubuh. Radikal bebas bisa menjadi penyebab munculnya sel kanker dalam tubuh. Konsumsi buah anggur yang rutin bisa membantu mencegah tubuh terserang radikal bebas.

  • Membantu menjaga kesehatan dari jantung.

Buah anggur mengandung sebuah zat bernama resveratrol yang berfungsi untuk membantu meningkatkan pelebaran pada pembuluh darah. Terjadinya pelebaran pembuluh darah bisa membantu darah untuk mengalir dengan lebih mudah. Lancarnya peredaran darah bisa membantu menurunkan tekanan darah dan membantu meningkatkan peredaran oksigen dan nutrisi lainnya ke seluruh jaringan tubuh.

  • Meningkatkan kekuatan kognitif.

Pengoptimalan kekuatan kognitif seseorang bisa didapatkan dengan rutin mengonsumsi buah anggur yang diolah menjadi jus anggur.

  • Membantu untuk memulihkan otot.

Antioksidan yang terkandung di dalam buah anggur bisa membantu memulihkan cedera yang terjadi pada otot. Selain itu, kandungan antioksidan tersebut juga memberikan dukungan pada organ dan sel-sel tubuh dalam menghilangkan berbagai racun dalam tubuh dan juga menghilangkan asam urat.

  • Membantu memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh.

Vitamin memiliki fungsi untuk membantu mempelancar proses yang terjadi di dalam tubuh sehingga bisa membantu mengurangi resiko terjadinya masalah dalam kesehatan tubuh. Buah anggur khususnya jenis anggur merah menjadi sumber vitamin yang bermanfaat dan baik untuk tubuh. Satu porsi buah anggur merah bisa menyumbangkan 16 mg vitamin C yang artinya telah memenuhi sekitar 27% kebutuhan harian tubuh akan vitamin C. Selain vitamin C, vitamin lainnya yang dikandung buah anggur merah ini adalah vitamin B-6, vitamin A, vitamin E, vitamin K sebanyak 22 mcg, alpha karoten, beta karoten, folat, dan thiamin sebanyak 0,4 mg.

Inilah Khasiat Buah Anggur untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit!

Khasiat Anggur untuk Kesehatan Kulit

Kesehatan kulit, terutama untuk perempuan, menjadi hal yang penting untuk dijaga. Buah anggur selain memiliki rasa yang segar dan enak ternyata juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit. Berikut beberapa khasiat dari buah anggur untuk membantu menjaga kesehatan kulit.

  • Membantu untuk melembabkan kulit wajah.

Untuk mendapatkan khasiat ini, belahlah buah anggur menjadi dua bagian. Kemudian, oleskan bagian anggur yang telah dibelah tersebut ke kulit wajah dan diamkan selama lebih kurang 15 menit. Lakukan cara ini sebanyak dua kali sehari pada malam hari sebelum tidur dan pada pagi hari.

  • Melindungi kulit dari penyakit kanker kulit.

Zat resveratrol yang dimililiki anggur bisa membantu melawan perkembangan sel kanker, salah satunya kanker kulit. Zat resveratrol ini bisa memberikan perlindungan dari sinar UVB yang akan merusak kulit dan pada akhirnya membantu untuk untuk melakukan perlawanan pada serangan kanker kulit.

  • Membantu mencerahkan kulit.

Kulit yang cerah, bersih, dan berseri akan memberikan rasa percaya diri pada seseorang, terutama untuk kulit wajah. Buah anggur bisa membantu untuk mencerahkan kulit wajah. Ambilah satu atau dua buah anggur kemudian kupas kulitnya. Setelah itu remaslah dengan tangan dan mulai campurkan dengan dua samapi tiga tetes madu. Oleskan campuran anggur dan madu tersebut ke area wajah dan diamkan lebih kurang 15 menit. Setelah itu, bilaslah menggunakan air biasa.

Demikianlah pembahasan tentang beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari buah anggur untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit. Semoga apa yang dibahas dalam artikel ini bisa bermanfaat untuk semua pembaca.[DIA]

 

                                                                                                                                              

 

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel