5 Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan

3 Jun 2015 19:00 4190 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Daun singkong dengan rasa yang agak pahit ternyata mengandung banyak nutrisi dan manfaat di dalamnya. 

Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan-Tanaman singkong merupakan jenis tanaman yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Terlebih di beberapa daerah, makanan pokok penduduknya adalah umbi singkong. Singkong memiliki ukuran umbi yang bervariasi dan berwarna putih. Ada banyak cara untuk mengolah singkong, mulai dari direbus, dikukus, digoreng, dibuat nasi singkong, menjadi bahan kue, dibuatb tepung singkong, dan lain-lain. Proses bercocok tanam singkong juga tergolong mudah dan murah ditambah iklim di Indonesia yang cocok untuk tanaman sejenis singkong.

Bagian dari tanaman singkong yag bisa diolah dan dikonsumsi buka hanya umbinya saja, tetapi juga bagian daunnya. Daun singkong memiliki rasa yang agak pahit tetapi lezat untuk dinikmati sebagai sayur atau lalapan. Selain itu, daun singkong juga mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh pengonsumsinya.

 

Kandungan Nutrisi dalam Daun Singkong

Beberapa kandungan nutrisi yag terdapat dalam daun singkong yaitu, vitamin A, vitamin B17, vitamin C, fosfor, kalsium, zat besi, hidrat arang, lemak, dan protein. Kandungan protein nabatinya sangat bermanfaat untuk membantu untuk membangun sel-sel tubuh dan bisa menjadi sistem untuk komponen yang membentuk enzim. Seperti halnya jenis daun lainnya, daun singkong juga memiliki kandungan klorofil atau zat hijau dau di dalamnya. kandungan klorofil bisa bermanfaat untuk menjadi zat antioksidan dan antikanker.Selain semua kandungan tersebut, ada satu kandungan lagi yang penting terdapat dalam daun singkong, yaitu asam amino. Asam amino bermanfaat untuk membantu mengubah karbohidrat di dalam tubuh menjadi energi.

5 Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan

Berbagai Manfaat dari Daun Singkong untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan nutrisi yang banyak dalam daun singkong membuat jenis daun ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Ada lima manfaat yang bisa didapatkan dari daun singkong, kelima manfaat dari daun singkong itu sendiri adalah sebagai berikut.

  • Membantu menjaga kesehatan mata.

Daun singkong mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Vitamin A salah satunya bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Oleh karena itu, konsumsi daun singkong yang tepat bisa membantu menjaga kesehatan mata pengonsumsinya.

  • Membantu menyembuhkan luka

Selain bisa membantu menjaga kesehata mata, daun singkong juga bermanfaat untuk membantu menyembuhkan luka dengan adanya kandungan zat besi dan serat yang tinggi. Kedua kandungan tersebut bisa membantu untuk mempercepat proses penyembuhan dari luka dan juga membantu meminimalisasi bekas luka yang mungkin timbul setelah luka tersebut mengering.

  • Membantu mencegah terjadinya osteoporosis.

Masalah osteoporosis terutama dengan terus bertambahnya usia menjadi hal yang cukup menakutkan. Untuk bisa mencegah terjadinya osteoporosis dan untuk membantu menjaga kesehatan tulang, maka konsumsi daun singkong yang tepat bisa membantu. Daun singkong mengandung kalsium dan fosfor yang banyak berperan untuk membantu menjaga kesehatah tulang.

  • Membantu dalam pengobatan penyakit stroke.

Daun singkong ternyata bisa menjadi salah satu jenis daun yang bisa membantu dalam pengobatan penyakit stroke. Hal tersebut karena daun singkong mengandung zat yang bisa bermanfaat untuk mengobati penyakit stroke pada seseorang. Zat tersebut adalah isoflavon.

  • Membantu menjaga dan meningkatkan daya tahan dari tubuh.

Untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan dari tubuh, seseorang memerlukan asupan gizi yang cukup dan vitamin C. Vitamin C bisa didapatkan dari berbagai jenis buah-buahan dan sayuran, salah satunya terdapat dalam daun singkong. Kandungan vitamin C dalam daun singkong tergolong cukup tinggi. Oleh karena itu, selain berbagai kandungan lain yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, kandungan vitamin C di dalamnya bisa membantu peningkatan daya tahan tubuh. Akan tetapi, pemenuhan vitamin C dari daun singkong saja belum cukup, perlu asupan makanan bergizi lainnya serta rutin olahraga, maka peningkatan daya tahan tubuh akan menjadi lebih optimal.

Kelima manfaat tersebut bisa didapatkan dengan rutin mengonsumsinya tentunya dengan jumlah yang tepat. Daun singkong bisa dikonsumsi dengan diolah menjadi berbagai jenis masakan misalnya, lalapan dengan sambal, menjadi bahan pembungkus masakan buntil, dibuat sayur, dan lain-lain. Daun singkong juga termasuk jenis daun-daunan yang mudah didapatkan dan tanamannya mudah untuk ditanam sendiri. Selain mendapatkan manfaat dari daunnya, umbinya juga bisa dimanfaatkan sebagai makanan pengganti nasi.

 

Demikianlah pembahasan tentang lima manfaat yang bisa didapatkan dari daun singkong untuk menjaga kesehatan tubuh. Semoga isi artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.[DIA]

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel