Fakta Tentang Kolestrol : Ternyata Bermanfaat Juga untuk Tubuh

19 May 2015 21:00 2275 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Fakta tentang kolestrol yang ternyata sangat bermanfaat untuk tubuh manusia

Fakta Tentang Kolesterol-Kolestrol ternyata bukanlah sesuatu yang seterusnya perlu ditakuti. Memang, kolesetrol ini adalah sesuatu yang dianggap buruk karena jadi penyebab utama penyakit yang bisa merenggut nyawa. Karena itu, kolestrol sangat ditakuti keberadannya di dalam tubuh.  Apalagi jika kolestrol ternyata sudah sangat tinggi tanpa disadari. Penyebabnya, tentu karena terlalu banyak asupan yang mengandung lemak atau protein.

 

Kolestrol Baik dan Kolestrol Jahat

Nah, perlu diketahui, kolestrol sebenarnya tidaklah melulu sesuatu yang menakutkan. Kolestrol ternyata juga terbagi menjadi dua, kolestrol jahat dan kolestrol baik. Kolestrol jahat adalah kolestrol yang dapat  mengakibatkan penyakit, terutama penyakit jantung koroner. Sementara kolestrol baik adalah jenis kolestrol yang tidak membuat seseorang terkena penyakit tetapi justru membantu mekanisme tubuh dan membuang kolestrol jahat

Kolestrol juga ternyata memiliki fungsi yang sangat penting. Berdasarkan lansira dari Timesofindia, Senin (18/5/2015), kolestrol memiliki fungsi untuk membuat hormon seks, testosteron pada pria dan estrogen pada wanita. Kolestrol juga memiliki peranan dalam melindungi lapisan luar luar sel yang tugasnya berfungsi menghasilkan asam empedu. Asam empedu tersebut sangat penting karena bertugas mencernakan lemak-lemak yang ada dalam usus.  Kolestrol juga ternyata tidak hanya berasal dari makanan yang masuk tetapi juga dari tubuh. Bahkan sebagian besar kolestrol memang dihasilkan dari tubuh, Karena itu, kolestrol tidak bolah terlalu banyak di dalam tubuh karena sekai lagi bisa membuat penyakit berbahaya menyerang.


Fakta Lain Tentang Kolestrol

Perlu diketahui juga, kolestrol ternyata memiliki fakta-fakta menarik yang tidak diketahui sebelumnya. Salah satu faktanya adalah bahwa olahraga ternyata bisa membuat kolestrol baik meningkat. Dengan olahraga, kolestrol dapat terkontrol. Kolestrol jahat juga tidak akan banyak ada dalam tubuh. Untuk itu, jika Anda sering duduk atau aktivitas kerja Anda lebih banyak duduk, maka Anda perlu banyak olahraga untuk membuang kolestrol yang menumpuk di tubuh Anda.

Fakta lain tentang kolestrol adalah bahwa kolestrol jahat bisa hadir dan terus bertambah ketika wanita sudah meopause. Tidak aneh, jika kemudian banyak wanita yang lanjut usia terkena penyakit ini. Hal ini juga disebakan karena faktor menurunnya  kadar estrogen  yang mengakibatkan kolestrol jahat mudah masuk.

Fakta menarik lainnya adalah bahwa masalah kolestrol tidak hanya menyerang usia tua. Anak-anak juga bisa terkena masalah kolestrol. Biasanya mungkin karena faktor keturunan atau karena anak tersebut obesitas atau kelebihan berat badan. Tentu saja hal ini perlu diwaspadai karena masa anak-anak adalah masa vital untuk pertumbuhan. Jika pada masa ini, anak terkena penyakit karena kolestrol tentu akan lebih berat. Tetapi tentu juga bisa lebih mudah diatasi karena usia yang mudah.

Tidak hanya kolestrol tinggi yang berbaya, jika kadar kolestrol Anda terlalu rendah juga cukup berbahaya. Tampaknya istilah tidak boleh berlebihan dan tidak boleh kekurangan merupakan istilah yang pas untuk kolestrol ini. Kolestrol di dalam tubuh tidak boleh berlebihan karena  penyakit mudah menyerang. Tetapi kolestrol dalam tubuh juga tidak boleh boleh rendah atau ada di bawah angka 160 mg/dL. Jika kolestrol dalam tubuh Anda, ada di bawah angka tersebut, maka Anda  bisa terkena penyakit semacam kanker, depresi, dan kelahiran dini.


Demikianlah penjelasna tentang kolestrol yang mungkin belum Anda tahu. Fakta-fakta tersebut tentu cukup menarik karena sebagian besar orang mengetahui bahwa kolestrol umumnya merupakan sesuatu yang mengerikan yang mendatangkan banyak penyakit. [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel