Khasiat Air Kelapa Muda untuk Para Ibu Hamil

1 Jun 2015 16:00 3564 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Air kelapa muda memiliki banyak khasiat untuk ibu hamil. Kandungan nutrisi lengkapnya baik untuk kesehatan ibu dan janin yang dikandungnya. Air kelapa muda bisa menjadi pengganti cairan tubuh yang baik.

Khasiat Air Kelapa Muda-Menikmati air kelapa di siang hari tentunya akan membuat tubuh menjadi segar. Air kelapa terutama yang berasal dari kelapa yang masih muda ternyata tidak hanya sekadar bisa memuaskan dahaga, tetapi juga banyak mengandung manfaat terutama untuk para ibu hamil. Kandungan nutrisi dalam air kelapa bisa memberikan efek yang baik untuk ibu hamil dan sang jabang bayi.

 

Kandungan Nutrisi Air Kelapa

Nutrisi air kelapa baik untuk kesehatan tubuh dan juga baik untuk ibu hamil. Berbagai nutrisi yang terkandung di dalam air kelapa adalah sebagai berikut.

  • Antioksidan. Air kelapa muda mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.
  • Vitamin B dan C. Vitamin B bermanfaat untuk membantu dalam pergantian berbagai jaringan tubuh, sedangkan vitamin C membantu untuk melindingi tubuh dari berbagai macam penyakit.
  • Glukosa. Glukosa merupakan jenis nutrisi yang bisa memberikan suplai energi.
  • Protein. Protein dari setiap 100 gram air kelapa adalah 0,72 gram. Sebagain kebutuhan protein tubuh bisa terpenuhi dari konsumsi air kelapa.
  • Potasium. Ternyata air kelapa muda juga mengandung potasium yang bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah.
  • Kalsium. Jumlah kalsium dari 100 gram air kelapa muda bisa dikatakan tinggi karena jumlahnya kalisumnya sekitar 24 mg.

Khasiat Air Kelapa Muda untuk Para Ibu Hamil

Berbagai Manfaat Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil

Salah satu jenis minuman yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah air kelapa muda. Air kelapa muda akan memberikan banyak khasiat atau manfaat yang baik untuk ibu dan juga calon bayinya. Apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari air kelapa muda untuk ibu hamil? Berikut uraiannya.

  • Sebagai antibakteri

Kadungan antioksidan dalam air kelapa bisa membantu menjaga daya tahan tubuh dan kekebalan dari ibu hamil.

  • Sebagi sumber nutrisi yang baik untuk bayi.

Bayi yang masih berada dalam kandungan memerlukan asupan nutrisi lengkap setiap harinya. Air kelapa muda mengandung nutrisi lengkap yang baik untuk tumbuh kembang bayi dalam perut ibu.

  • Bisa membantu melancarkan saluran kemih.

Konsumsi air kelapa muda dengan rutin dan teratur bisa membantu untuk mempercepat proses pembuangan racun dalam tubuh serta melancarkan saluran kemih atau pencernaan. Hal tersebut karena pada saat hamil, seseorang akan lebih mudah terserang infeksi saluran kemih.

  • Membantu menyeimbangkan kebutuhan garam dalam tubuh.

Pada saat hamil, masalah yang umum ditemui adalah kekurangan garam dalam tubuh. Kekurangan garam bisa berdampak pada ibu dan juga bayi yang dikandungnya di antaranya tubuh kurang tahan denga udara yang dingin, rambut menjadi kasar, terjadi kekeringan pada kulit, badan menjadi lemas, dan terhambatnya pertumbuhan IQ pada janin atau bayi yang dikandung.

  • Sebagai pembantu pengganti cairan tubuh yang cepat.

Dehidrasi dan rasa cepat haus umumnya akan dialami oleh ibu hamil. Air kelapa muda termasuk jenis cairan yang bisa cepat diserap tubuh dan bisa segera mengatasi kekurangan cairan dalam tubuh.

  • Membantu untuki menurunkan berat badan.

Berat badan ibu hamil umumnya akan semakin bertambah pada saat usia kehamilan mencapai trimester kedua. Untuk mencegah terjadinya kegemukan yang berlebih serta membantu menurunkan berat badan pada ibu hamil, maka air kelapa muda menjadi salah satu solusinya.

  • Membantu mengatasi masalah sembelit.

Masalah yang juga sering meghinggapi ibu hamil adalah sembelit. Masalah sembelit ini muncul akibat kurangnya asupan serat dari sayur dan buah-buahan ke dalam tubuh ibu. Untuk mengatasi dan juga untuk mencegah sembelit, ibu hamil bisa rutin mengonsumsi air kelapa muda.

  • Membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh (HDL).

Air kelapa muda ternyata juga bisa membantu meningkatkan HDL atau kolesterol baik untuk tubuh, artinya baik juga untuk kesehatan ibu hamil dan mencegah bertumpuknya kolesterol jahat dalam tubuh ibu.

  • Menjadi antitoksit dalam tubuh.

Tubuh memerlukan asam lauric yang bisa menjadi penawar racun di  dalam darah. Air kelapa muda ternyata mengandung asam lauric yang dibutuhkan oleh tubuh. Konsumsi air kelapa muda ini akan membantu ibu dan calon bayinya terhindar dari racun yang berada dalam darah.

Semua manfaat tersebut bisa didapatkan oleh ibu hami dengan rutin mengonsumsi air kelapa muda. Hanya saja, tetap tidak boleh terlalu berlebihan dan sebaiknya selalu berkonsultasi dengan dokter kandungan seberapa banyak asupan air kelapa muda yang baik untuk dikonsumsi.

Itulah beberapa khasiat dari air kelapa muda yang bisa didapatkan oleh ibu hamil. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca.[DIA]

Tags Kesehatan

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel