Tips Memilih TV Berlangganan Terbaik agar Sesuai dengan Kebutuhan Anda

17 Dec 2013 14:00 32162 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Saat ini sedang ‘booming’ dengan yang namanya TV berlangganan. Tentu saja, hal ini karena acara stasiun televisi lokal dianggap sangat monoton dan mungkin membosankan. Jika Anda berminat untuk beralih ke TV berlangganan ada beberapa aspek yang harus diperhatikan. Plimbi akan memberi tips memilih TV berlangganan secara bijak dan sesuai kebutuhan.

Saat ini sedang ‘booming’ dengan yang namanya TV berlangganan. Tentu saja, hal ini karena acara stasiun televisi lokal dianggap sangat monoton dan mungkin membosankan. Jika Anda berminat untuk beralih ke TV berlangganan ada beberapa aspek yang harus diperhatikan. Plimbi akan memberi tips memilih TV berlangganan terbaik secara bijak dan sesuai kebutuhan.

Sebagai pengenalan singkat, TV berlangganan merupakan jasa penyiaran saluran televisi bagi para pengguna yang sudah terdaftar dan bersedia membayar dengan cara berkala. Di Indonesia sendiri, jasa TV berlangganan sudah ada sejak tahun 1988 dan saat itu penggunanya terbatas untuk kalangan menengah keatas. Umumnya penyedia jasa penyiaran berlangganan di Indonesia sudah menggunakan satelit maupun kabel sebagai media penyalurnya. Dan saat ini Anda bisa memilih mana yang cocok karena saat ini sudah banyak sekali penyedia jasa TV berlangganan dengan harga bersaing. Tidak harus datang ke kantornya langsung, Anda bisa saja pergi ke Mall dan melihat stand-stand dari TV berlangganan. Namun sepertinya memang kurang bijak jika Anda hanya asal memilih dan percaya pada ucapan SPG. Ada banyak hal yang harus diperhatikan dan berikut ini Plimbi akan mengulas tentang tips memilih TV berlangganan terbaik. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan Anda:

  • Ketahui Nama dan Reputasi Perusahaan TV Berlangganan

Ini sangat penting karena nantinya akan bersangkutan pada kepuasan dan pelayanan Anda dalam mengguanak sebuah provider TV berlangganan. Referensi bisa Anda cari di internet baik melalui forum-forum, jejaring sosial dan yang paling membantu adalah referensi dari orang yang Anda kenal, terutama yang berpengalaman menggunakan. Biasanya referensi dari orang akan lebih jujur apa adanya. Jika mereka puas dengan merek tertentu maka mereka akan berkata bagus, jika tidak mereka tentu akan mengatakan bahwa merek ini jelek.

  • Kualitas Sinyal yang Tersedia

Jangan bandingkan kualitas sinyal antena biasa dengan kualitas sinyal TV berlangganan. Tentu berbeda jauh. Namun hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa provider TV berlangganan tertentu memiliki kualitas sinyal yang kurang memuaskan. Sekali lagi, referensi dan ketelitian Anda menjadi hal penting disini.

  • Pilihlah Jasa TV Berlangganan yang Resmi

Apakah Anda kaget bahwa ternyata ada banyak sekali operator TV berlangganan yang tidak resmi alias ilegal? Hati-hati, saat ini sudah ada sekitar 2000 operator TV berlangganan, padahal yang resmi hanya sekitar 12 operator saja. Cara membedakannya sangat mudah, biasanya operator ilegal akan menawarkan jasa dengan biaya yang sangat murah atau bahkan dianggap tidak lazim untuk sebuah jasa TV berlangganan. Ada yang mencapai 40 ribu sampai 20 ribu untuk puluhan channel dalam waktu 1 bulan. Soal kualitas pastinya berbeda jauh dengan yang resmi, selain itu logo atau watermark pada layar biasanya campuran.

 

Baca juga :

                   5 Alasan Mengapa Harus Pindah ke TV Berlangganan

                   Sambut Ramadan, Smartfren Hadirkan Perangkat 4G LTE Advanced Terjangkau

 

  • Cari TV Berlangganan yang Sesuai dengan Budget Anda

Jika Anda memiliki budget yang terbatas namun ingin menikmati tayangan berkualitas, menggunakan jasa operator TV berlangganan ilegal bukanlah solusi. Disini pentingnya Anda mencari referensi dan promo dari operator sebagai perbandingan mana yang termurah namun dengan pelayanan maksimal. Saat ini operator banyak memiliki paket promo dan diantaranya pasti ada yang termurah. Bahkan ada salah satu provider yang memiliki paket promo sekitar 50 ribuan untuk satu bulan dengan cukup banyak pilihan channel yang tersedia.

  • Perlukah Menggunakan Paket dengan Banyak Pilihan Channel?

Manusia adalah makhluk sosial, Anda hidup tidak hanya untuk menonton televisi saja. Jadi untuk pemilihan paket channel sebaiknya Anda tidak perlu menggunakan yang terbanyak dan tentunya termahal. Sepertinya 80 keatas channel sudah terlalu banyak, apalagi bagi Anda yang agak sibuk dengan pekerjaan. Cukup pilih pake dengan channel dengan jumlah yang Anda kira jumlahnya sesuai, tidak terlalu banyak dan juga tidak kekurangan.

  • Sesuaikan Channel dengan Minat Anda

Dengan banyaknya pilihan channel televisi pastikan Anda menyesuaikan dengan apa yang Anda sukai. Sebagai contoh, Anda penggemar olahraga sepertinya channel yang menyajikan siaran olahraga sangat cocok. Atau bagi Anda yang suka traveling, National Geographic dan Discovery Channel menjadi channel yang pas. Jangan lupa juga untuk memilih channel yang sarat edukasi dan pengetahuan, jangan hanya movie atau hiburan lain semata. Disinilah kejelian Anda dalam memilih channel dalam paket yang tersedia. Salah memilih paket, bisa saja kebanyakan channel tidak ada tonton.

  • Pelajari Syarat dan Ketentuan

Pada saat berlangganan Anda harus mempelajari syarat dan ketentuan berlaku. Biasanya tulisan syarata dan ketentuan ada dibawah atau dibalik formulir atau pamflet promo. Hal ini cukup penting agar Anda mengetahui segala konsekuensi serta resiko yang bisa muncul, apabila berhenti berlangganan maupun telat melakukan pembayaran. Jangan sampai nantinya Anda mendapat permasalahan lantaran kurang teliti dalam mempelajari syarat dan ketentuan berlaku.

Demikian beberapa tips memilih TV berlangganan, dan pastikan hiburan TV berlangganan tidak mengganggu aktivitas utama Anda. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel