Tips Agar Anak-Anak Bisa Menonton Video YouTube Secara Aman dan Nyaman

24 Nov 2013 13:00 5328 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Youtube merupakan situs video sharing paling populer yang ada pada saat ini.

Youtube merupakan situs video sharing paling populer yang ada pada saat ini. Namun sayangnya, semakin hari situs tersebut semakin banyak dijejali oleh konten yang kurang pantas dilihat oleh anak-anak. Hal ini tentu saja mengkhawatirkan para orang tua karena video Youtube menjadi layaknya anak panah bermata dua. Di satu sisi menonton video Youtube akan memberikan berbagai macam hiburan dan ilmu pengetahuan, namun di sisi lain justru memberikan berbagai macam hal negatif.

Jika Anda merupakan salah satu orang tua yang resah dengan hal tersebut, maka kini Plimbi akan mengulas beberapa tips agar anak Anda bisa menonton video Youtube dengan aman dan nyaman.

Aktifkan YouTube Safety Mode

Google memiliki sebuah sistem keamanan sendiri yang disebut Safety Mode namun masih jarang ada orang yang menyadarinya. Fitur Safety Mode ini menggunakan sistem pembatasan usia, community flagging, dan berbagai kriteria lain untuk menyaring berbagai macam konten yang ada di video Youtube. Walaupun tidak 100% efektif, namun setidaknya sudah cukup lumayan untuk menyaring berbagai konten negatif.

Safety Mode sendiri merupakan fitur yang dapat diaktfkan dan dinon-aktifkan. Namun Anda juga dapat menguncinya agar tidak bisa diubah sesuka hati. Safety Mode bekerja dengan menggunakan basis browser sehingga hanya akan mengunci konten pada satu browser saja. Oleh karena itu jika Anda memiliki banyak browser, maka Anda harus menguncinya satu persatu. Untuk mengaktifkan Safety Mode ini, Anda cukup menuju ke bagian bawah halaman Youtube dan klik pada bagian Safety. Mengaktifkan fitur ini juga mengharuskan Anda untuk masuk ke dalam akun Youtube Anda terlebih dahulu.

Kunjungi Zui

Zui merupakan situs yang dapat disebut sebagai taman bermain bagi anak-anak di internet. Terdapat banyak konten di situs ini, dan salah satunya adalah bagian yang menyediakan berbagai macam video Youtube yang cocok untuk anak-anak. Semua video yang ada di situs ini harus disetujui terlebih dahulu oleh lebih dari 200 orang tua dan guru. Oleh karena itu anak-anak bisa bebas mengakses berbagai macam konten yang ada di situs tanpa perlu dikhawatirkan oleh orang tua mereka.

Menariknya, Zui juga akan mengirimkan laporan mingguan kepada para orang tua mengenai apa yang anak-anak mereka lakukan selama mengunjungi situs ini. Hal ini tentu sangat berguna karena orang tua dapat memantau apa saja yang anak mereka lakukan.

 

Baca juga :

                    10 Video Pertandingan Hebat Muhammad Ali Ketika meng-KO-kan Lawan-lawannya

                     5 Minuman dan Makanan Manis ini Paling Direkomendasikan untuk Buka Puasa

 

Gunakan Internet Filters

Internet filter merupakan cara yang sangat efektif untuk mencegah anak-anak agar tidak mengakses konten yang tidak sesuai. Filter ini dapat berupa extension untuk broser, ataupun sebuah aplikasi yang dapat menyaring semua koneksi internet. Hampir semua aplikasi tersebut dpat menyaring video dewasa di Youtube dengan sangat baik. Beberapa pilhan aplikasi internet filter terbaik di antaranya adalah K9 Web Protection dan juga OpenDNS FamilyShield.

Salah satu masalah yang sering terjadi adalah jika anak Anda cukup cerdas sehingga ia mampu menemukan cara untuk menjebol filter tersebut. Oleh karena itu Anda harus selalu mengikuti perkembangan teknologi agar tidak mudah dikelabui oleh anak Anda.

Taruh Komputer di Tempat Strategis

Cara selanjutnya agar anak Anda terhindar dari berbagai macam konten negatif adalah dengan meletakan komputer di ruangan umum seperti ruang keluarga. Dengan menempatkan komputer di ruang tersebut, maka Anda dapat selalu mengawasi apa yang dilihat oleh anak Anda. Hal ini juga tentunya akan membuat anak Anda tidak akan berani untuk membuka berbagai konten yang kurang pantas bagi mereka.

Cara ini tentunya sangat berguna bagi anak Anda yang masih berusia belia. Namun jika usia anak Anda sudah mulai memasuki masa remaja, maka Anda harus mengikuti langkah terakhir yang diberikan oleh Plimbi ini.

Berbicara dengan Anak Anda

Bagaimanapun Anda melindungi anak Anda dari konten negatif tersebut, mereka juga pastinya sewaktu-waktu akan melihat video tersebut baik secara tidak sengaja, melalui teman-temannya, dan lainnya. Oleh karena itu cara terbaik yang dapat Anda lakukan adalah berbicara kepada anak Anda bahwa konten tersebut tidak cocok untuk mereka dan layak untuk mereka hindari. 

Kesimpulan

Cara terbaik agar anak Anda tidak menonton video YouTube sembarangan adalah dengan melakukan pendekatan khusus. Memang tidak selamanya Anda akan mendampingi anak dalam menonton video di YouTube oleh karena itu, berilah kepercayaan terhadap anak Anda agar melihat video-video yang berisi konten positif saja. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel