8 Tips Untuk Mulai Menggunakan Windows 8

16 Nov 2012 16:00 5266 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sistem operasi Windows 8 merupakan inovasi baru dari Microsoft yang baru saja diluncurkan. Tampilan dan cara kerja dari sistem operasi ini berbeda dengan sistem operasi sebelumnya yaitu Windows 7. Bagi orang awam mungkin di awal penggunaan Windows terbaru ini terasa menyulitkan. Karena untuk beberapa operasi perintah, memiliki lokasi yang berbeda dengan sistem operasi Windows 7.

Sistem operasi Windows 8 merupakan inovasi baru dari Microsoft yang baru saja diluncurkan. Tampilan dan cara kerja dari sistem operasi ini berbeda dengan sistem operasi sebelumnya yaitu Windows 7. Bagi orang awam mungkin di awal penggunaan Windows terbaru ini terasa menyulitkan. Karena untuk beberapa operasi perintah, memiliki lokasi yang berbeda dengan sistem operasi Windows 7.

Windows 8 ini merupakan sistem operasi yang diperuntukkan bagi perangkat-perangkat berlayar sentuh. Namun, tidak menutup kemungkinan dapat menggunakan keyboard dan mouse seperti layaknya PC biasa. Namun untuk awal-awal penggunaan mungkin akan sedikit sulit dan membingungkan. Windows ini tersedia dalam 2 jenis. Yaitu Windows 8 dan Windows RT. Kedua sistem operasi ini memiliki tampilan yang sama.

Namun, yang membedakan adalah chip prosesornya. Untuk chip prosesor Win 8 menggunakan produk dari Intel dan AMD. Sedangkan Windows RT merupakan versi yang digunakan untuk tablet-tablet mini atau tablet-laptop hybrid. Selain perbedaan chip prosesornya, perbedaan antara keduanya adalah aplikasi dapat diinstall di versi Windows sebelumnya dapat dijalankan. Sedangkan, untuk Windows RT aplikasi yang dapat dijalankan tertutup hanya aplikasi yang didownload dari Microsoft’s Store. Berikut 8 hal yang harus Anda ketahui untuk memulai penggunaan Windows terbaru ini.

- Saat Anda menyalakan perangkat yang menggunakan Windows terbaru, Anda akan menemukan halaman awal berupa waktu dan gambar-gambar. Jika Anda menggunakan perangkat berlayar sentuh, Anda cukup menggeser layar dari bawah ke atas. Sedangkan jika Anda menggunakan perangkat yang memiliki keyboard, tekan tombol apa saja.

- Lalu Anda akan menemukan halaman baru yang berupa kotak-kotak yang masing-masing dari kotak tersebut adalah aplikasi yang ada di perangkat Windows Anda. Halaman yang merupakan inovasi dari Windows ini dinamakan Metro.

- Sama seperti versi-versi Windows sebelumnya, Windows terbaru ini memiliki sebuah halaman desktop. Namun sesungguhnya inovasi Microsoft adalah pengguna dapat mengakses aplikasi-aplikasi dari Metro. Dan cara untuk berpindah dari desktop ke Metro adalah dengan cara menggeser layar dari kanan ke kiri untuk perangkat berlayar sentuh. Jika Anda menggunakan mouse, arahkan kursor ke kanan atas dan setelah itu klik dan geser start menu yang muncul ke bawah.

- Untuk versi Windows sebelumnya yang menggunakan environment desktop, Anda dapat melihat dengan mudah aplikasi yang berjalan di taskbar. Di dalam Windows terbaru, untuk melihat aplikasi yang berjalan dari Metro bisa dilakukan dengan cara mengarahkan pointer mouse ke kiri atas lalu *drag* ke bawah untuk pengguna mouse atau mousepad. Untuk perangkat layar sentuh, geser dari sebelah kiri.

- Untuk pengguna Windows umumnya, cara untuk berpindah dari suatu aplikasi ke aplikasi lainnya yang sedang berjalan adalah dengan cara menekan alt + tab. Di Windows terbaru cara ini masih digunakan. Sedangkan untuk perangkat layar sentuh, Anda cukup menggeser layar dari sebelah kiri.

- Di setiap halaman desktop dan Metro memiliki Internet Explorer sendiri-sendiri. Jadi jika Anda membuka page di Internet Explorer di suatu environment, page yang telah dibuka tersebut tidak tampak di environment yang lain.

- Untuk menutup aplikasi, cara yang digunakan untuk perangkat berlayar sentuh adalah dengan cara menggeser layar dari atas ke bawah. Cara tersebut akan mengecilkan layar dari aplikasi tersebut. Setelah itu geser kebawah untuk menutup aplikasinya. Sedangkan untuk penggunaan mouse, caranya hampir sama seperti yang digunakan di layar sentuh. Klik dan drag ke bawah. Namun, penggunaan alt + F4 lebih mudah dan efisien.

- Dalam halaman desktop, Internet Explorer menampilkan sekilas halaman-halaman yag telah dibuka. Sedangkan di Metro, setiap halaman web mengisi penuh sehingga tidak ada ruangan untuk tab. Saat Microsoft mengenalkan Windows 95, beberapa orang agak sedikit terganggu dengan cara mematikan Windows yang harus melewati prosedur klik start terlebih dahulu.

Di Windows terbaru ini cara untuk mematikan perangkat Anda adalah dengan cara mengarahkan kursor ke kanan atas lalu akan muncul menu dan klik setting. Setelah itu klik Power dan klik Shut Down. Sama halnya dengan penggunaan layar sentuh. Geser layar dari kanan dan akan muncul setting. [RND]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel