Tips dan Trik Cara Mempercepat Startup Windows 8 Ketika Dinyalakan

16 Oct 2012 17:00 15312 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sebenarnya pada Windows 8 telah ditambahkan fitur untuk mengelola, tanpa Anda harus menginstal aplikasi tertentu seperti CCleaner, Tuneup Utilities, atau aplikasi sejenisnya. Jika Anda ingin mengatur startup program pada Windows 8 berikut ini adalah cara mempercepat startup Windows 8.

Windows 8 adalah sebuah generasi terbaru yang dirilis oleh Microsoft, adapaun pada saat artikel ini ditulis Microsoft sudah merilis Developer Preview, Consumer Preview, Release Preview dan juga Windows 8 Enterprise. Sistem operasi Windows 8 lebih ringan digunakan daripada Windows 7 karena ada beberapa komponen maupun fitur pada Windows 7 yang dihilangkan karena dianggap membuat kinerja laptop maupun komputer menjadi lebih berat seperti Aero Glass pada taskbar, dan beberapa lainnya. Sebenarnya pada Windows 8 telah ditambahkan fitur untuk mengelola, tanpa Anda harus menginstal aplikasi tertentu seperti CCleaner, Tuneup Utilities, atau aplikasi sejenisnya.

Jika Anda ingin mengatur startup program pada Windows 8 berikut ini adalah cara mempercepat startup Windows 8.

Mengaktifkan atau Menonaktifkan Startup Items 

  1. . Pada Windows 8 startscreen, ketik *Task Manager* atau menekan tombol shortcut CTRL+ALT+DEL lalu pilih Task manager.
  2. . Setelah itu akan muncul jendela Task Manager, lalu klik tab Startup di sana akan ditampilkan daftar dari startup program saat pertama kali Anda menyalakan komputer beserta dengan statusnya.
  3. . Untuk merubah status dari masing-masing program atau aplikasi, klik kanan lalu pilih apakah Anda ingin mengaktifkan atau tidak (Disable/Enable).
  4. . Restart Windows 8 dan hitung berapa detik untuk masuk ke tampilan Desktop Windows 8, jika masih dirasa lambat dan terasa lama coba kurangi lagi startup programnya hingga dirasa sudah cukup.

Cara mempercepat startup Windows 8 selanjutnya adalah mengatur aplikasi program shortcut yang telah diinstal pada komputer.

Add atau Remove Startup Program Untuk mengatur aplikasi maupun program apa saja yang ingin dijalankan, Anda bisa juga menggunakan fitur ini, yang berfungsi untuk mengurangi waktu startup pada Windows 8 agar lebih cepat. Untuk memulai membuat shotrcut program agar muncul pada saat Windows 8 dijalankan, berikut ini adalah caranya:

  1. . Cari aplikasi atau program (executable file) pada komputer, dan klik kanan atau dengan cara menekan tombol SHIFT pada keyboard. Setelah itu jendela properties akan muncul serta Anda akan diberikan pilihan Copy as path.
  2. . Klik kemudian copy direktori folder, atau Anda juga bisa melakukannya dengan membuka shortcut program pada Desktop, lalu klik kanan lalu pilih Properties. Copy alamat direktori folder ke kotak Target box seperti pada gambar dibawah ini. 
  3. . Buka sebuah direktori C:\Users\\AppData\Roaming\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs\Startup. Ubah  dengan nama komputer Windows 8 Anda. Buat shortcut di dalam folder tersebut.
  4. . Salin (Paste) lokasi direktori pada jendela shortcut baru tersebutlalu tekan tombol Next.
  5. . Buatlah nama shortcut tersebut sesuai dengan aplikasi maupun program yang Anda buat shortcut nya agar lebih mudah dikenali saat ingin mengaturnya kembali, lalu klik tombol Finish. Setelah membuat shortcut tersebut maka secara otomatis program akan dijalankan pada saat sistem operasi Windows 8 mulai dinyalakan. Semoga setelah Plimbi mengulas tips dan cara mempercepat starup Windows 8, Anda akan lebih bisa mengatur program atau aplikasi apa saja yang seharusnya dijalankan ketika komputer maupun laptop dinyalakan sehingga proses startup lebih cepat dan tidak menguras memori RAM. [AG]
Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel