Memaksimalkan Penggunaan TV LCD 3D Anda

20 Oct 2012 13:00 4113 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Teknologi 3D terus berkembang saat ini. Perusahaan berlomba-lomba membuat sesuatu yang berbau 3D, mulai dari film dengan teknologi 3D yang sedang marak belakangan ini, diikuti juga oleh para developer game yang mengembangkan game dengan teknologi 3D. Tentunya untuk melihat film dan memainkan game memerlukan media 3D juga untuk dimanfaatkan.

Teknologi 3D terus berkembang saat ini. Perusahaan berlomba-lomba membuat sesuatu yang berbau 3D, mulai dari film dengan teknologi 3D yang sedang marak belakangan ini, diikuti juga oleh para developer game yang mengembangkan game dengan teknologi 3D. Tentunya untuk melihat film dan memainkan game memerlukan media 3D juga untuk dimanfaatkan.

Dengan menggunakan TV LCD 3D, maka keinginan kita dapat tercapai. Pengembangan TV 3D masih terus dilakukan untuk meningkatkan kualitas, namun makin banyak konten-konten 3D yang dibuat setiap saat. Faktanya, secara berkala banyak game dibuat agar support dengan TV 3D. Beberap Film blu-ray dalam format 3D juga terus diproduksi.

Tak pelak, hal ini membuat pekerjaan memilih TV 3D yang terbaik menjadi tidak mudah. Untuk itu jika Anda telah menentukan pilihan, berikut ini Plimbi akan membantu Anda untuk memaksimal TV 3D yang Anda miliki:

Gunakan Backlight Ketika anda bermain game atau menonton film blu-ray, Anda mungkin menginginkan berada di ruangan gelap, agar menimbulkan efek seperti berada di bioskop.

Namun hal itu dapat berakibat buruk pada mata Anda. Dengan 3D yang aktif, kebanyakan TV LCD 3D akan meningkatkan penerangan agar mengimbangi warna kacamata 3D untuk membuat efek 3D. Pencahayaan terus menerus pada ruangan yang gelap dapat menyebakan pusing dan kelelahan pada mata.

Tetapi Anda dapat menghindari efek ini dengan cara yang sederhana. Cara yang mudah dan hemat adalah memberikan lampu latar di belakang TV 3D Anda, misalnya menggunakan lampu duduk, dengan cahaya yang mengarah pada dinding. Pencahayaan ini dapat membantu untuk mempertahankan kualitas gambar, dan membantu mengurangi kelelahan pada mata karena pupil Anda tidak akan melebar dan dengan cepat menyesuaikan sorotan cahaya pada layar televisi walaupun berada di ruangan yang gelap.

Menguji Kualitas Tampilan Layar Televisi yang Anda beli biasanya tidak dalam desain yang terbaik saat keluar dari box. Dua tampilan layar yang sama dari pabrik yang sama bisa saja memiliki kualitas yang berbeda dalam hal sharpness, brightness, dan pewarnaan. Perusahaan televisi sering membuat layar dengan dilimpahkan ke perusahaan lain tanpa menentukan tingkatan desain yang spesifik. Jadi dua televisi yang sama bisa memiliki kualifikasi berbeda. Sertifikat yang tertera tidak menjamin hasil yang sebenarnya. Pengujian kualitas tampilan layar adalah cara terbaik untuk dilakukan.

Dengan menguji tampilan layar, Anda dapat menyesuaikan kualitas standar yang digunakan oleh game atau film yang diinginkan Anda. Namun jika Anda tidak melakukan pengujian, maka Anda dapat kehilangan kualitas sebenarnya dan mengurangi keindahan dari game atau film. Untuk menguji tampilan layar TV LCD 3D Anda, dapat dengan menggunakan blu-ray disc yang khusus dipakai untuk pengujian ini, di antaranya Spears & Munsil High-Definition Benchmark Blu-ray Disc Edition yang mudah digunakan. Dengan blu-ray disc ini, Anda akan mendapatkan hasil yang tepat melalui berbagai tes yang dapat membantu Anda menentukan bagaimana pengaturan yang benar pada televisi Anda.

Mengatur Intensitas Kedalaman Game atau Film Setelah menguji TV 3D Anda, sekarang waktunya untuk mengatur 3D pada game atau film yang akan Anda gunakan. Setiap game atau film memiliki kualitas konten 3D yang berbeda-beda. Ketika kebanyakan film memuat pengaturan kedalaman yang hampir sama, game 3D sering menggunakan caranya sendiri untuk menggunakan efek kedalaman yang unik.

Agar game 3D berjalan optimal, Anda dapat menentukan efek kedalaman dengan cara Anda sendiri pada setiap game yang Anda miliki. Beberapa Game akan terlihat buruk jika efek kedalamannya terlalu tinggi. Oleh karena itu, setting kedalaman sesuai kenyamanan, dan usahakan jangan terlalu berlebihan. [DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel