Empat Kegunaan Tersembunyi USB Flash Disk yang Tidak Terpikirkan Oleh Anda

24 Sep 2012 15:00 11594 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
USB flash disk sering kita gunakan untuk memindahkan data penting. Namun selain mampu memindahkan atau menyimpan file secara *mobile*, ternyata ada kegunaan lain yang disembunyikan *flash drive*.

Siapa yang tidak mengenal USB flash disk, perangkat ini kini mudah kita temui dan kita dapatkan. USB flash disk sering kita gunakan untuk memindahkan data penting kita. Namun selain mampu memindahkan atau menyimpan file kita secara mobile, ternyata ada kegunaan lain yang disembunyikan flash drive. Mislanya Anda bisa mengunci dan membuka komputer menggunakan flash drive, dan melakukan hal yang sama seperti di film Box Office menggunakan flash drive dengan cepat terhubung ke jaringan nirkabel pada semua PC, meningkatkan performa komputer Anda, atau bahkan menjalankan web server langsung dari flash drive itu sendiri.

Para pengguna Windows XP sendiri juga dapat memeriksa aplikasi dari Microsoft tentang USB flash drive Manager, meskipun hal ini telah dihentikan oleh pihak Microsoft dan tidak berfungsi pada versi terbaru dari Windows. Maka pada ulasan kali ini Plimbu akan mengulas tentang beberapa kegunaan tersembunyi dari USB drive yang berguna untuk Anda. Berikut ulasannya.

Lock & Unlock Komputer Anda

Apakah Anda ingin mengunci dan membuka komputer dengan suatu alat seperti yang sering Anda lihat di film? Gunakan aplikasi gratis bernama Predator yang mana aplikasi ini dapat mengubah flash drive Anda menjadi perangkat kontrol akses kunci untuk komputer Anda. Ketika Anda meninggalkan PC, cabut flash drive Anda dan komputer akan secara otomatis terkunci. Ketika Anda kembali, pasang kembali dan komputer Anda akan terbuka. Ini seperti menggunakan Lock Function pada Windows, namun Anda tidak perlu repot-repot untuk memasukkan kata sandi ketika Anda kembali.

Ketika Anda mencabut flash drive, jendela yang terbuka akan secara otomatis terminimalisasi dan layar Anda akan secara otomatis menjadi gelap. Anda bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis di sini.

Terkoneksi ke Jaringan Nirkabel Secara Cepat

Windows mencakup fitur yang dapat menyimpan nama jaringan nirkabel yang telah digunakan, dan informasi lainnya ke dalam flash drive. Anda kemudian dapat menggunakan flash drive untuk mengkonkesikan komputer ke jaringan nirkabel secara cepat dan sesegera mungkin di komputer lain tanpa mengetikkan kata sandi berulang kali. Pada kenyataannya, Anda bahkan bisa menggunakan flash drive untuk secara cepat mengkoneksikan Xbox 360 Anda ke jaringan internet nirkabel Anda, dengan cara hanya memilih pilihan Windows Connect Now ketika mengatur jaringan nirkabel pada Xbox.

Untuk menyimpan pengaturan WiFi ke dalam falsh drive, klik ikon wireless pada sistem tray, klik kanan pada jaringan nirkabel yang baru saja digunakan, dan pilih Properties. Pada tab Connection, klik link Copy this network profile to a USB flash drive. Klik tombol Next dan Windows akan menyalin pengaturan untuk konfigurasi jaringan ke flash drive Anda. Koneksikan flash drive ke komputer lain, dan double-click file setup SNK.exe untuk menginstal profil jaringan Anda di komputer lain.

Meningkatkan Performa Menggunakan ReadyBoost

Jika Anda memiliki hard drive yang performanya lambat pada komputer Anda, maka ReadyBoost akan siap membantu untuk meningkatkan performa pada komputer. Ketika Anda mengaktifkan ReadyBoost untuk drive, hal ini akan bertindak sebagai cache hard drive yang mana akan caching file yang sering digunakan. Jika itu lebih cepat untuk membaca dari flash drive dibandingkan dengan hard drive Anda, maka Windows akan membaca file dari cache pada flash drive sebagai gantinya. Anda tidak akan melihat banyak peningkatan kinerja pada komputer jika Anda memiliki drive yang memiliki kecepatan 7200+ RPM, Windows tidak akan mengizinkan Anda untuk menggunakan ReadyBoost karena malah akan memperlambat kinerja komputer.

Install Web Server Portabel

Jika Anda seorang web developer, Anda bisa menginstal Server2Go pada flash drive Anda dan mengubahnya ke dalam web server portabel. Server2Go mencakup WAMMP server stack. Anda dapat memasang flash drive ke semua komputer Windows dan secara cepat menjalankan web server Anda –tidak membutuhkan isntalasi. Memiliki web server yang lengkap pada kantong Anda dapat menjadikan demonstrasi ideal di pertemuan dan masih banyak kegunaan yang lain. Server2Go bisa Anda dapatkan secara gratis di sini. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel