2 Metode untuk Membuat Live USB Driver Windows

5 Sep 2012 15:00 5366 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pada ulasan kali ini, Paseban akan mengulas tentang bagaimana membuat live USB driver Windows. Terdapat dua macam metode untuk membuat USB driver Windows yang akan diulas. Untuk mengetahui apa saja metode tersebut, berikut ulasannya.

Live USB merupakan sebuah USB flash drive atau drive eksternal USB hard disk yang berisi sistem operasi yang lengkap yang dapat di-boot. Live USB berkaitan erat dengan Live CD, namun terkadang memiliki kemampuan untuk terus-menerus menyimpan pengaturan secara permanen menginstal paket software kembali ke perangkat USB.

Seperti Live CD, Live USB dapat digunakan pada sistem yang tertanam untuk sistem administrasi, data recovery, atau pengujian distribusi sistem operasi tanpa melakukan intalasi permanen pada hard drive. Banyak sistem operasi termasuk Mac OS 9, Mac OS X, Microsoft Windows XP Embedded dan banyak distribusi Linux dan distribusi BSD juga dapat digunakan dari USB flash drive. Bergitu pula dengan Windows 8 dengan menggunakan Windows To Go. Pada ulasan kali ini, Paseban akan mengulas tentang bagaimana membuat live

USB driver Windows. Terdapat dua macam metode untuk membuat USB driver Windows yang akan diulas. Untuk mengetahui apa saja metode tersebut, berikut ulasannya.

Unetbootin Sebelum menuju ke langkah-langkah instalasi dan pembuatan live USB drivers, mari kita lihat apa saja yang akan dibutuhkan pada proses ini.

Hal pertama yang harus Anda miliki adalah USB drive berkapasitas 1GB atau lebih besar lagi yang sepatutnya di format sebagai FAT32. Meskipun Anda dapat dengan mudah mendapatkan USB drive yang terformat sebagai FAT32, namun jika Anda tidak mendapatkan satu dengan spesifikasi ini, maka Anda dapat memformat sendiri dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  •  Buka My Computer
  •  Klik kanan pada USB Drive • Pilih Format Selain itu, ada satu lagi kondisi dan ini hanya berjalan pada Windows 2000 ke atas. Jika kedua persyaratan dipenuhi maka Anda dapat melanjutkan proses. Anda dapat membuat live USB drivers dengan bantuan dari UNetbootin. Hal ini dapat dilakukan tanpa Anda harus melakukan *burning* CD. Ini dapat dengan mudah diunduh dari internet atau Anda juga dapat menggunakan file .iso untuk menciptakan live USB drive. Anda dapat mengunduh UNetbootin di sini. UNetbootin yang ditenagai dengan sistem pendukung yang dapat mengunduh dan menginstal beberapa distribusi yang berguna secara otomatis. Di bawah ini merupakan langkah-langkah instalasi yang perlu Anda ikuti jika Anda mencoba untuk membuat live USB driver menggunakan UNetbootin.
  •  Mulai proses dengan menjalankan file tersebut dan memilih hard disk, distribusi atau kernel untuk *loading*. Setelah langkah ini, pilih target drive dan reboot setelah menyelesaikan semua proses yang disebutkan di atas.
  •  Sekarang, jika Anda telah memilih "USB Drive” sebagai target instalasi sekaligus menciptakan live USB drive, klik tombol Next yang muncul pada saat instalasi Anda sedang dimulai.
  •  Pilih USB drive sebagai target startup di bawah BIOS boot menu. Jika Anda tidak mendapatkan pilihan untuk pemilihan boot pada menu BIOS maka Anda akan menemukan urutan startup dan mengubahnya untuk melakukan boot USB secara default. Atau jika Anda telah memilih "Har Disk” sebagai target instalasi Anda, maka pada saat sistem booting, Anda akan diminta untuk memilih entry UNetbootin di bawah menu boot Windows. Untuk membangun live USB dengan bantuan UNetbootin, yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh file .iso. Pada UNetbootin, pilih disk image* dan nyatakan target USB di bawah Drive.

Sekarang klik OK dan tunggu hingga file ISO akan diekstrak ke USB drive. Ketika hal ini telah selesai dilakukan, maka Anda akan mendapatkan live USB driver untuk Windows Anda.

Win 32 Image Writer Live USB driver untuk Windows juga bisa dibuat menggunakan Win32 Image writer. Untuk mengetahui setiap langkahnya, bisa Anda lihat di bawah ini.

  •  Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah Anda diminta untuk mengunduh file yang diperlukan yakni file .img dan Disk Imager. Disk Imager bisa Anda unduh secara mudah di internet. Anda bisa mengunduhnya di sini.
  •  Sekarang masukkan flash media dan tulis drive yang dialokasikan untuk flash media. 
  •  Setelah ini dilakuan, jalankan Disk Imager dan pilih file yang telah Anda unduh bersama dengan target device dan tekan Write. Ketika proses selesai, keluarkan flash media yang Anda masukkan.

Kedua metode yang disebutkan di atas merupakan metode yang bebas dari gangguan dan dapat diselesaikan dengan mudah. Hanya dengan mengikuti langkah-langkah tersebut dengan hati-hati dan Anda akan dapat membuat live USB drive untuk Windows Anda sendiri. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel