JOCO VX5 - Kamera Lomography Digital Bagi Penggemar Retro

29 Aug 2012 19:00 5945 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Siapa yang bilang kalau kamera digital 12MP tidak bisa dijadikan mainan? Karena perusahaan yang bergerak di bidang produk kreatif yang berhubungan dengan *audio* dan *visual* bernama JOCO telah membuat sebuah kamera Lomography bernama JOCO VX5.

Siapa yang bilang kalau kamera digital 12MP tidak bisa dijadikan mainan? Buktinya perusahaan yang bergerak di bidang produk kreatif yang berhubungan dengan audio dan visual bernama JOCO telah membuat sebuah kamera Lomography bernama JOCO VX5. Perusahaan asal Singapura ini membuat kamera yang membuat pengalaman fotografi Anda menjadi lebih menyenangkan dan mengasyikan. JOCO sendiri memang dikenal sebagai perusahaan yang bergerak di bidang industri kreatif yang tidak hanya sudah melahirkan karyanya dalam bentuk kamera tetapi juga dalam bentuk berbagai aksesori audio seperti Bea@rbrick Speaker System, yang juga sudah dijual di berbagai negara-negara besar di dunia termasuk Indonesia.

Lalu apa sebenarnya yang menjadi keunikan dari kamera Lomography JOCO VX5? Jika Anda yang belum mengetahui tentang kamera Lomo sendiri, Lomo (Leningradskoye Optiko-Mechanichesckoye Obyedinenie) adalah jenis kamera analog khusus yang lahir pada tahun 1991 di Rusia. Pada awalnya kamera ini dibuat untuk kebutuhan alat-alat kesehatan dan militer. Seiring dengan waktu akhirnya dibuatlah kamera fotografi komersil yang juga menggunakan teknologi lensa Lomo ini. kegiatan mengambil foto menggunakan kamera Lomo ini kemudian dinamakan Lomografi. Tetapi pada saat itu kamera Lomo ini masih menggunakan rol film, sehingga disebut kamera analog. Inilah yang memberikan ide JOCO untuk membuat kamera Lomo dengan teknologi modern, kamera Lomo digital tersebut bernama JOCO VX5.

Walaupun kamera ini berbentuk seperti kamera analog di tahun 70-an tetapi lensa memiliki kemampuan resolusi gambar 12MP dan juga memiliki flash dan beragam efek layaknya kamera digital pada umumnya. JOCO VX5 bahkan memiliki kemampuan 4x zoom dan kapasitas penyimpanan memori SDcard. Layar LCD terang dan tajam dengan ukuran 2,4 inci untuk menampilkan setiap gambar yang Anda ambil dan juga efek mode bisa Anda pilih sesuai dengan selera dengan hanya menekan tombol-tombol yang ada di sekeliling layar. Lalu bagaimana dengan video? Tentu saja kamera ini juga memiliki kemampuan merekam video dengan gaya retro tentu saja. Gamba video tersebut juga bisa Anda langsung sambungkan pada perangkat televisi menggunakan kabel tambahan, sehingga Anda bisa menontonnya bersama kawan-kawan Anda. Kabel TV tersebut juga sudah bisa Anda dapatkan di dalam box yang membungkus kamera JOCO VX5 ini.

Kamera ini selain bisa mengambil dengan gambar dalam mode normal, memiliki 6 filter efek mode. Jika Anda penggemar aplikasi Instagram maka JOCO VX5 akan dengan mudah menjadi sahabat karib Anda dalam mengabadikan momen-momen seru dalam hidup Anda. Kamera ini akan mendukung karakter artistik yang Anda miliki, dan dengan tampilan kamera SLR ‘kuno’ yang dimiliki JOCO VX5 membuat pengalaman menggunakan Lomografi Anda semakin menyenangkan. Selain itu kamera ini juga memilki bobot yang ringan sehingga akan dengan mudah dibawa kemanapun Anda pergi. 6 efek yang bisa Anda gunakan pada kamera JOCO VX5 di antaranya:

  • Orca : mode foto hitam putih

  • Rays : mode foto yang menghasilkan warna gambar kekuningan sehingga terkesan antic

  • X-Files : mode foto yang membuat gambar terlihat seperti foto negatif dan terlihat misterius

  • Hermit : mode foto kemerahan yang membuat tampilan gambar mememiliki suasana romantic

  • Algae : mode foto kehijauan yang membuat gambar menimbulkan perasaan galau di dalamnya

  • Bubbles : mode foto yang paling digemari oleh Plimbi sendiri adalah mode Bubbles karena foto terlihat benar-benar retroistic

Untuk fitur video sendiri mode filter ini juga bisa digunakan, jadi jika Anda ingin membuat rekaman video dengan tampilan yang tidak biasa, JOCO VX5 bisa memberikannya bagi Anda tanpa harus merepotkan Anda untuk mengeditnya lagi di komputer menggunakan software-software editing. Untuk pasokan energi kamera Lomo JOCO VX5 ini mebutuhkan sokongan baterai AAA dan mampu menyimpan data dengan kapasitas ruang simpan sebesar 4GB.

Bagi Anda yang ingin merasakan pengalaman fotografi yang tidak membutuhkan aturan-aturan yang biasanya diperlukan dalam dunia fotografi, JOCO VX5 bisa menjadi kamera pilihan Anda. Karena seperti salah satu aturan yang dimiliki oleh komunitas Lomografi yaitu Don’t worry about the rules, Lomografi bukan tentang bagaimana cara memotret dengan benar melainkan bagaimana cara bersenang-senang dengan benar. Jika Anda tertarik untuk memiliki JOCO VX5, kamera Lomo ini bisa Anda beli dengan merogoh kocek sebesar Rp 1.250.000 saja. [RR]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel