Michael Dell - Tokoh Utama Dibalik Berdirinya Perusahaan Komputer Dell

26 Jun 2013 09:00 4298 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Michael Dell adalah orang pertama yang memprakarsai berdirinya perusahaan komputer Dell, tak heran jika kemudian namanya menjadi brand perusahaan.

Begitu mendengar nama Michael Dell ingatan Anda tentu segera mengaitkannya dengan merek laptop & komputer Dell yang terkenal itu. Bahkan mungkin saja, laptop yang Anda gunakan sekarang ini bermerek Dell. Tepat sekali, Michael Dell adalah pendiri perusahaan komputer Dell Inc. Sebenarnya tak hanya memproduksi laptop saja, perusahaan ini juga memproduksi beragam perangkat berteknologi tinggi seperti Personal Computer (PC), server, LCD tv, plasma tv, media penyimpanan dan beberapa perangkat lainnya. Dan seiring dengan semakin berkembangnya Dell Inc, nama Michael Dell pun semakin berkibar. Banyak media pun berlomba-lomba menuliskan biografi Michael Dell yang sangat inspiratif.

Merintis Dari Hal Kecil

Bila Anda sering membaca biografi orang-orang sukses, maka Anda akan mendapati kesuksesan mereka berawal dari hal-hal yang kecil. Demikian pula dengan biografi pencetus perusahaan komputer Dell ini. Michael Dell mulai terjun ke dunia bisnis di usia yang masih sangat muda, 19 tahun. Saat itu Michael Dell masih berstatus sebagai mahasiswa Universitas Texas di Austin dan ditinggal di asrama. Di asrama, tepatnya di kamar nomor 2713 Michael Dell mulai mengendalikan bisnisnya dengan bermodalkan dana tak kurang dari $1000. Di bisnis yang dijalankan secara paruh waktu ini, Michael Dell merakit dan menjual perlengkapan upgrade untuk Personal Computer (PC).

Bisnis kecil-kecilan yang dirintis Michael Dell pelan tapi pasti terus mengalami perkembangan. Ia pun lantas memutuskan untuk menggelutinya secara full time. Demi usahanya inilah Michael Dell akhirnya keluar dari universitas tempatnya menuntut ilmu. Tetapi pengorbanan Michael Dell tak sia-sia. Di tahun 1992 tepat di usianya yang ke-27, Michael Dell dinobatkan sebagai CEO termuda dan perusahaannya, Dell Computer Corporation masuk dalam daftar 500 perusahaan top versi majalah Fortune. Biografi Michael Dell pun mulai dilirik banyak orang untuk digali dan dipelajari.

Biografi Michael Dell benar-benar menggambarkan seorang pebisnis yang gigih. Tak cepat berpuas diri, Michael Dell terus melakukan inovasi dan mengembangkan sayap perusahaannya. Dell Computer Corporation lantas berganti menjadi Dell Inc ketika bisnis perusahaan ini semakin berkembang. Dell Inc tidak lagi hanya menjual komputer tetapi memperluas produknya ke perangkat hiburan untuk rumah dan perangkat pribadi lainnya.

Semua ini tentu saja tak lepas dari inovasi yang dihadirkan Michael Dell melalui perusahaannya. Di dalam biografi Michael Dell disebutkan, ia membuat perusahaan yang berbeda dari perusahaan lainnya. Kala itu Dell Inc hadir dengan layanan pemesanan komputer sesuai keinginan pembeli melalui telepon atau internet. Strategi ini sebenarnya diambil Michael Dell karena memiliki modal yang terbatas. Tetapi justru kekurangan ini memicunya untuk memikirkan strategi baru yang ternyata membuahkan hasil yang fantastis. Tak heran bila di tahun 2001, Dell Inc dilaporkan telah menyalip Compaq dan menjadi produsen PC terbesar di dunia.

Pemikiran yang inovatif dengan hasil yang fantastis ini justru dihasilkan oleh seorang mahasiswa drop out. Di dalam biografi Michael Dell tak pernah disebutkan bahwa ia memiliki pendidikan yang tinggi. Justru di dalam biografi Michael Dell terbaca jelas, sosok Michael Dell hanyalah seorang mahasiswa drop out. Tetapi tercatat di tahun 2002, Michael Dell menerima gelar doktor kehormatan dari Universitas Limerick untuk bidang Ilmu Ekonomi berkat investasinya di Irlandia dan dukungannya bagi pendidikan. Nama Michael Dell pun bersanding dengan tokoh-tokoh milioner berstatus mahasiswa drop out seperti Bill Gates dan Steve Jobs yang populer itu.

 

Baca juga :

                    Komputer Dell All in One Inspiron One 2330, Minimalis namun Tangguh

                    Microsoft Display Dock, Kotak Ajaib Yang Membuat Smartphone Windows Menjadi Komputer Personal

 

Peduli dan Berbagi

Lagi-lagi biografi Michael Dell membuat setiap orang berdecak kagum. Setelah sukses berbisnis, Michael Dell tak lantas menghabiskan waktunya untuk berbisnis semata. Di tahun 2004, Michael Dell memutuskan untuk meletakkan jabatan CEO di Dell Inc, tetapi ia masih menjadi ketua dewan. Lantas Michael Dell bersama istrinya, Susan Dell  menggunakan waktunya untuk mengelola sebuah yayasan bernama "Michael dan Susan Dell Foundation” yang mereka dirikan di tahun 1999.  Yayasan ini bertujuan untuk membantu anak-anak di Amerika dan juga di seluruh penjuru dunia. Yayasan ini membantu anak-anak khususnya berkaitan dengan pendidikan, kesehatan, keamanan dan juga memberi perhatian khusus untuk perkembangan generasi muda.

Selain dari biografi Michael Dell, para generasi muda juga bisa menimba ilmu yang dimiliki Michael Dell melalui sebuah buku yang ia tulis. Buku berjudul “Direct from Dell: Strategies That Revolutionized an Industry” yang ditulis ayah dari empat orang anak ini berisi biografi Michael Dell dari awal dan dilengkapi pula dengan perjalanan perusahaannya yang sarat dengan ilmu dan inspirasi. [MER]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel