Komputer Dell All in One Inspiron One 2330, Minimalis namun Tangguh

30 Aug 2013 12:45 2986 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Awalnya kemunculan tablet diharapkan mampu menggantikan fungsi dan kinerja komputer. Namun seiring perkembangannya fungsi tablet belum mampu menggantikan sepenuhnya keberadaan komputer. Bentuk tablet yang mungil ternyata tidak mampu mengakomodasi beberapa kebutuhan komputasi. Alhasil banyak pengguna kamputer kembali beralih ke computer standart dengan monitor yang lebar.

Awalnya kemunculan tablet diharapkan mampu menggantikan fungsi dan kinerja komputer. Namun seiring perkembangannya fungsi tablet belum mampu menggantikan sepenuhnya keberadaan komputer. Bentuk tablet yang mungil ternyata tidak mampu mengakomodasi beberapa kebutuhan komputasi. Alhasil banyak pengguna kamputer kembali beralih ke computer standart dengan monitor yang lebar. Beberapa produsen pun menyiasati perkembangan computer dengan merilis komputer Dell All in one. Salah satunya yang baru saja dirilis ialah Dell Inspiron One 2330.

Tren komputer Dell All in one menjadi salah satu celah yang mulai diperhitungkan di pasar gadget. Menggabungkan monitor dan CPU, komputer minimalis ini biasanya memiliki kinerja dan fungsi diantara laptop dan komputer personal biasa. Oleh sebab itu harganya pun tak terpaut jauh dengan laptop. Melalui senjata terbarunya, Inspiron One 2330, Dell siap mengembalikan kejayaan komputer desktop. Lalu, seperi apa keunggulan utama dari perangkat komputer desktop ini?

Desain

Komputer All in One Dell Inspiron One 2330 memiliki desain minimalis dan kokoh. Sebagai sebuah all in one PC, Semua komponen computer dalam hal ini CPU terletak di belakang monitor. Perangkat ini hadir dengan ukuran 568 x 430 x 79 mm dengan berat 9,35kg. Dell sendiri mengklaim komputer terbaru ini cukup simpel dibanding para pesaingnya. Sehingga Anda bisa menempatkan perangkat ini di berbagai ruangan.

Display

Komputer minimalis Dell Inspiron One 2330 menggunakan monitor berlayar LCD panel 23 inci dengan resolusi 1920 x 1080 piksel Full HD. Uniknya, layar ini dilengkapi teknologi touchsreen multitouch 10 points. Sayangnya, fitur touchsreen-nya tidak begitu akurat. Ketika pertama digunakan, Anda harus mengkalibrasi terlebih dahulu agar touchscreen-nya bekerja sempurna. Di bagian bawah monitor terdapat power button, volume button hingga Brightness Buttons.

Audio

Untuk masalah audio, Dell menyematkan dua buah speaker berdaya 5 watt. Untuk mendukung suara perangkat ini, disematkan pula teknologi Integrated HD Audio with SRS agar suara makin jernih dan menggelegar.

Ports and Webcam

Untuk mendukung fungsi komputernya, Komputer All in One Dell Inspiron One 2330 dilengkapi webcam 1 megapiksel Full HD. Sementara itu, ada beberapa ports yang ditempatkan pula di belakang monitornya untuk memudahkan penyambungan perangkat ini ke perangkat lain. Terdapat 4 buah USB 2.0 ports, ,  HDMI input, VGA in/out, Audio port, power port, hingga internal tv turner optional. Dibagian samping juga terdapat beberapa port seperti 2 buah USB 2.0 port, audio microphone speaker jack dan Micro SD slot.

Performa

Sebagai sebuah computer desktop, tentu Dell Inspiron One 2330 memiliki spesifikasi yang jauh lebih tangguh dibanding laptop. Anda tidak bisa meremehkan performa perangkat satu ini. komputer minimalis ini diotaki prosesor intel Core i5 berkecepatan 2,8 Ghz generasi ketiga atau Ivy Bridge. Tambahan RAM 8 GB juga semakin memaksimalkan performa perangkat komputer All in One ini. Prosesor tersebut sangat mumpuni membawa Anda beraktifitas.

Graphics Performance

Komputer minimalis besutan Dell dilengkapi pengolah grafis berkualitas sekelas AMD Radeon HD 7650A dengan VRAM 1GB DDR3. Sayangnya, dengan teknologi tersebut, perangkat ini sedikit lag kala memainkan game dengan tingkat grafis tinggi.

Software

Komputer All in One Dell Inspiron One 2330 telah dilengkapi sistem operasi windows 8. Dengan sistem operasi ini, layar touchscreen yang lebar akan sangat membantu kegiatan komputasi Anda. Layar touchscreen-nya memaksimalkan sistem operasi yang dibenamkan sehingga computer ini bisa dioperasikan tanpa mouse dan keyboard.

Konfigurasi dan Fitur Lain

Mengingat perangkat ini merupakan perangkat touchsreen, Anda tidak akan menemukan keyboard dan mouse dalam paket penjualannya. Akan tetapi, jika ingin menambahkan perangkat mouse dan keyboard, Dell telah menyediakan teknologi wireless yang bisa dimanfaatkan untuk keyboard dan mouse wireless. Anda juga bisa menambatkan optional ekternal  DVD Super Multi / Blu-ray Writer. Untuk menyimpan data – data, MSI memberikan kapasitas memori penyimpanan hingga 2 TB.

Harga

Dell belum merilis harga pasti untuk perangkat Komputer All in One Dell Inspiron One 2330. Anda bisa membelinya secara online di kisaran $1300-$1600 sesuai spesifikasi yang Anda inginkan.

Kesimpulan

Komputer desktop tampaknya masih menjadi pilihan bagi banyak pengguna teknologi. Spesifikasinya yang lebih lengkap membuat computer desktop lebih tangguh dalam hal fungsi komputasi. Jika Anda mencari computer yang minimalis dengan desain layaknya sebuah tablet, Anda bisa membeli Komputer All in One Dell Inspiron One 2330. [ARS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel