MacBook Pro with Retina Display - Spesifikasi MacBook Pro Tercanggih Dengan Kualitas Layar Lebih Baik dari HDTV

13 Jun 2012 15:00 3135 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

ada ajang WWDC 2012 kali ini, para pecinta Apple kembali diperkenalakan dengan produk terbarunya yaitu MacBook Pro. Ada dua varian MacBook Pro yang diperkenalkan yaitu MacBook Pro with Retina Display dan MacBook Pro 13 dan 15 inci.

Apple memanfaatkan gelaran Worldwide Developer Conference (WWDC) tahun 2012 ini sebagai ajang pengenalan banyak produk terbarunya. Setelah memperkenalkan sistem operasi terbarunya iOS 6 yang memiliki sekitar 200 fitur terbaru, perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs dan kedua sahabatnya ini kembali menyemarakkan pasar perangkat Notebook berspesifikasi high end kepada publik global.

Setelah mengawalinya pada tahun 2006 yang lalu, MacBook terus beradaptasi dengan inovasi teknologi dan desain yang semakin memantapkan performa dan tampilan perangkat komputer jinjing ini. Pada ajang WWDC 2012 kali ini, para pecinta Apple kembali diperkenalakan dengan produk terbarunya yaitu MacBook Pro. Ada dua varian MacBook Pro yang diperkenalkan yaitu MacBook Pro with Retina Display dan MacBook Pro 13 dan 15 inci. Kali ini Paseban akan mengulas MacBook Pro with Retina Displays. Bagaimana spesifikasi MacBook Pro ini? Simak ulasannya berikut ini.

Dengan kemampuan teknologi layar Retina dan dukungan sekitar 5.1 juta piksel, MacBook Pro yang satu ini memiliki layar Notebook dengan kualitas resolusi tertinggi di dunia. Layar Retina mampi memberikan Anda gambaran yang dapat Anda lihat dengan rincian yang tajam dan tingkat kecerahan maksimal. Dukungan sekitar 5 juta piksel pada layar berukuran 15.4 inci ini akan memberikan hasil yang cukup baik. Tingkat kerapatan piksel yang disajikan melalui layar ini sangat tinggi. Dengan begitu Anda akan mendapatkan gambar atau foto yang memiliki tingkat ketajaman yang sangat baik.

Melalui dukungan resolusi sebesar 2880 x 1800 MacBook Pro Retina Display ini memiliki piksel yang lebih banyak dibandingkan HDTV sekalipun. Anda dapat menyaksikan gambar berresolusi tinggi pada layar dari piksel ke piksel secara akurat. Layar Retina yang digunakan oleh MacBook Pro terbaru ini dapat mereduksi tingkat kesilauan. Notebook ini memiliki sekitar 29% rasio kontras yang lebih tinggi dibandingkan MacBook Pro. Melalui dukungan teknologi IPS, Anda dapat melihat seluruh bagian layar sekitar 178 derajat.

Apabila Anda memang sedang mencari Notebook yang memiliki performa sangat apik, spesifikasi MacBook Pro ini dapat menjadi opsi pertama yang harus dipilih. MacBook Pro dibangun berdasarkan fitur media penyimpanan All-Flash. Flash storage akan memberikan Anda peningkatan performa empat kali lipat dari hard drive standar yang biasa digunakan. Anda juga akan mendapatkan kecepatan sekitar 2 kali lipat saat membuka data dan sistem boot perangkat. Sebagai perangkat yang masuk ke dalam daftar Notebook berspesifikasi tinggi, MacBook Pro dengan Retina Display ini hadir dengan prosesor quad-core yang sangat cepat, yakni Intel Core i7. Hal inilah yang menjadi salah satu kekuatan utama performa Notebook. Teknologi ini mampu menjalankan perangkat dengan kecepatan hingga 2.7 GHz, dan kecepatan Turbo Boost hingga 3.7 GHz. Oleh sebab itu, prosesor ini sangat cocok untuk digunakan para profesional yang biasa memanfaatkan aplikasi seperti Final Cut Pro dan lainnya.

Untuk kemampuan grafisnya, MacBook Pro didukung dengan grafis yang memiliki respon cepat, tajam dan realistis. Kemampuan tersebut hadir berkat bantuan prosesor grafis NVIDIA GeForce GT 650M yang mampu mendukung sekitar 60% kecepatan grafis daripada perangkat Notebook lainnya. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan kekuatan untuk mengendalikan 5 juta piksel pada layar Retina seperti halnya pada dua layar eksternal. Sementara itu Anda pun dapat memanfaatkan fitur konektivitas yang mumpuni dari perangkat Apple ini. MacBook Pro telah dilengkapi dengan port Thunderbolt yang mampu menolong Anda saat hendak mengkoneksikan beberapa hal seperti eksternal display, adapter, perangkat video, dan lainnya. Selain itu Anda akan mendapatkan dua buah port USB 3, port HDMI, dan slot kartu SD. Agar dapat terus terhubung secara online, Anda dapat memanfaatkan jaringan streaming 802.11 n WiFi dan teknologi nirkabel melalui Bluetooth 4.0.

MacBook Pro with Retina Display mendukung penggunaan gestur trackpad multi-touch. Pada OS X yang digunakan oleh perangkat ini, kemampuan multi-touch menjadi bagian penting dalam berinteraksi dengan Mac Anda. Anda dapat memindahkan beberapa hal antara aplikasi, navigasi konten dan lainnya. Selain itu di dalamnya Anda dapat memanfaatkan akses musik, foto, kalender, daftar kontak, dokumen, dan lainnya melalui dukungan fitur iCloud. Pihak Apple sendiri telah melakukan update perangkat lunak terbarunya untuk mendapatkan tampilan layar Retina yang menarik. Dengan sistem operasi OS X Lion, aplikasi seperti Safari, Mail, iCall, iPhoto, iTunes, dan lainnya telah dioptimalisasi dan ter-update dengan aplikasi Apple lainnya yang akan segera diluncurkan.

Dengan ukuran layar yang tipis sebesar 15 inci, spesifikasi MacBook Pro with Retina Display ini dapat memenuhi beragam aktivitas Anda saat menggunakan notebook. Bagi Anda yang memiliki hobi fotografi, kemampuan 5 juta piksel pada layar Retina perangkat ini adalah tempat yang tepat untuk melihat dan mengolah foto beresolusi tinggi. Dengan begitu, Anda dapat melihat setiap detail dan tekstur foto dengan sata baik.

Selain itu, dengan dukungan port Thunderbolt, dua port USB, dan slot kartu SD, Anda dapat memindahkan ratusan ribuan foto lima kali lebih cepat dari pada varian MacBook sebelumnya. Kapasitas penyimpanannya tersedia hingga mencapai 768GB. Dengan kemampuannya yang mumpuni tersebut, tentunya perangkat ini patut memiliki daya tahan baterai yang kuat. MacBook Pro with Retina Display telah didukung dengan penggunaan baterai hingga 7 jam penggunaan. Untuk harganya sendiri, pihak Apple mematok harga Mac terbarunya ini seharga $2,199 atau sekitar Rp 20 juta. Hingga saat ini belum ada informasi terbaru kapan perangkat ini akan tiba di Indonesia. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel