Perbandingan Aplikasi Launcher Terbaik Untuk Memperindah Android Anda

6 Oct 2011 14:00 13160 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Salah satu hal terbaik tentang Android adalah kemampuan kustomisasi yang bebas, dan terdapatnya aplikasi pihak ketiga yang membantu mempermudah kustomisasi tampilan Android Anda. Aplikasi pihak ketiga yang disebut **aplikasi launcher**.

Salah satu hal terbaik tentang Android adalah kemampuan kustomisasi yang bebas, dan terdapatnya aplikasi pihak ketiga yang membantu mempermudah kustomisasi tampilan Android Anda. Aplikasi pihak ketiga, yang umum disebut aplikasi launcher, ini banyak tersedia di Android Market, dari yang berbayar hingga aplikasi gratisan.

Lalu manakah aplikasi launcher yang paling baik? Berikut review dari Paseban.

Launcher Pro

Launcher Pro dengan versi terbaru v0.8.6 menjadi Recommended Launcher versi Paseban. Aplikasi Launcher ini memiliki fitur lengkap seperti:

  • Super-smooth scrolling

  • Animated screen previews

  • 2D and 3D app drawer with super-smooth scrolling

  • Up to 7 home screens

  • Scrollable shortcut dock

  • Customizable icons via icon packs, downloadable from the Market

  • Hide apps from the app drawer without uninstalling them

  • Uninstall apps directly from the home screen or app drawer

  • Transition effects between home screens

  • Ability to adjust the number of columns and rows for both the home screen and app drawers, so you can fit more icons

  • Unread SMS, Gmail, and missed call badges in the dock icons

  • Swipable shortcuts for the dock icons, so you get double the shortcuts per icon

  • Loads of memory tweaking settings so you can optimize it for older phones

  • HTC Sense-like widgets for contacts, bookmarks, calendar, messaging, Twitter, Facebook, and Gmail

  • Widget resizing for any widget, not just LauncherPro widgets

  • NEW - Support for icon packs. You can choose an icon pack in Preferences > Theme Settings > Icon Pack. Information on creating your own icon packs will be posted soon.

  • NEW - Real homescreen looping (enabled by default, you can disable in Preferences > Homescreen Settings > Homescreen Looping).

  • NEW - Option to hide homescreen icon label backgrounds. (Preferences > Appearance Settings > Show Icon Labels Background)

Scrolling antar homescreen pada "launcher" ini sangat halus, bahkan pada smartphone Android lama. Dan fitur "memory setting" pada Launcher Pro sangat berguna untuk menghadirkan kecepatan pada low-end Android.

Launcher Pro adalah aplikasi gratis yang tersedia di Android Market. Namun untuk bisa menggunakan seluruh kemampuan Launcher Pro, Anda membutuhkan Launcher Pro Plus Unlocker yang tersedia di Android Market seharga Rp. 31.525 yang bisa Anda download di sini dan di sini.

ADWLauncher

Selain kelebihan Launcher Pro diatas, juga terdapat aplikasi serupa bernama ADWLauncher yang menjadi kompetitor terbesar. ADWLauncher sangat mirip dengan Launcher Pro, ditambah dengan memiliki kustomisasi sedikit lebih banyak daripada Launcher Pro. ADWLauncher juga sama seperti Launcher Pro, memiliki versi Gratis dan versi berbayar dengan fitur yang lebih lengkap bernama ADWLauncher EX seharga Rp. 27.986 dan keduanya bisa Anda download di sini dan di sini.

ADWLauncher EX memiliki pilihan efek homescreen transition, beberapa animasi menarik lainnya yang sedikit lebih banyak daripada Launcher Pro Plus Unlocker. Ditambah karena ADWLauncher muncul lebih dulu daripada Launcher Pro, ketersediaan themes di Android Market juga lebih banyak daripada Launcher Pro.

Namun sayangnya kelebihan ADWLauncher ini disertai dengan kekurangan yang membuat Recommended Launcher versi Paseban jatuh pada Launcher Pro. Untuk Anda pengguna smartphone Android berkelas high-end, ADWLauncher akan berfungsi dengan baik dan dapat memperindah tampilan perangkat Anda. Sementara pada smartphone Android berkelas mid-end hingga low-end, ADWLauncher akan terasa berat dan membebani kinerja perangkat Anda alih-alih dari memperindahnya.

Go Launcher EX

Untuk Anda yang menyukai aplikasi gratisan, Go Launcher EX adalah aplikasi yang sepenuhnya gratis, tidak seperti aplikasi launcher sebelumnya. Android Market juga menyediakan plugin gratisan untuk Go Launcher EX seperti Calendar GoWidget, Go Launcher EX Notification, dan lain-lain yang berfungsi untuk menambah kostumisasi dan keindahan tampilan Android Anda. Namun seperti ADWLauncher juga akan terasa berat dan membebani kinerja pada smartphone Android berkelas mid-end hingga low-end. Anda bisa men-download nya di sini.

Zeam Launcher

Zeam Launcher adalah aplikasi "launcher" tercepat yang tersedia di Android Market saat ini, dan sangat cocok untuk smartphone Android berkelas mid-end hingga low-end. Tetapi apabila Anda mencari fitur lebih dan kustomisasi lebih, Zeam Launcher yang "lightweight and simple" bukanlah pilihan terbaik untuk Anda. Namun, jika Anda tetap ingin lebih mengetahui lebih jelas mengenai Zeam Launcher, Anda bise men-download-nya di sini. RY

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel