Ini Dia Biang Kerok Penyebab Borosnya Baterai Smartphone Kamu!

29 Aug 2016 15:06 36191 Hits 0 Comments
Apa saja penyebab SP kamu sering lowbat padahal baru dua jam yang lalu masih full batery?

sumber gambar diambil dari google image

 

Rasanya pasti bete banget ya Plimbers, kalau smartphone yang baru saja di charge, ternyata harus di charge lagi karena lowbat. Belum lagi kalau sedang menelepon urusan penting tiba-tiba smartphone kamu off, pasti lebih kesel lagi.

Banyak yang bilang, kalau smartphone sendiri memang lebih boros dibandingkan handphone. Jadi meskipun dihemat penggunaannya, tetap saja lebih cepat habis daya baterainya dibandingkan ponsel biasa.

Lalu apa saja yang menjadi biang kerok atau penyebab smartphone kita sering low battery atau boros baterai padahal baru diisi sebelumnya? Ternyata ini dia penyebabnya!

1. Lemahnya jaringan/sinyal ke internet 5

 

Teknologi jaringan atau sinyal seluler memiliki tingkatan sinyal yang ditujukan untuk memudahkan pengguna smartphone menggunakan internet dengan lebih mudah dan cepat. Semakin tinggi tingkatan sinyal maka semakin mudah dan cepat koneksi data ke internet. Contohnya jaringan 4G merupakan tingkatan jaringan tertinggi saat ini dibandingkan 3G. Tingkatan ini menjadi faktor utama yang menentukan kuat lemahnya daya tahan baterai smartphone kamu.

Idealnya tingkatan sinyal yang tinggi memiliki kualitas sinyal yang lebih bagus dan kuat dibandingkan tingkatan di bawahnya. Jika kualitas sinyalnya paling kuat maka berbanding lurus dengan daya tahan baterai, yang artinya baterai lebih tahan lama. Sebaliknya jika kualitas sinyalnya lemah, maka smartphone kamu akan otomatis bekerja lebih keras mencari sinyal terkuat sampai dapat, dan itu akan mempengaruhi daya tahan baterai nantinya.

Pada kenyataannya, smartphone 4G ternyata lebih boros baterai dibandingkan 3G. Hal ini disebabkan cakupan jaringan 3G lebih kuat dan sudah tersebar merata di Indonesia dibandingkan 4G yang lebih lemah dan belum tersebar merata, sehingga dalam hal ini 3G menjadi lebih hemat baterai dibandingkan jaringan 4G yang masih lemah.

Hasil gambar untuk jaringan lemah

sumber gambar diambil dari google image

 

Saran

  • Sementara ini sebaiknya gunakan jaringan 3G dari pada 4G jika ingin hemat baterai.

  • Matikan smartphone kamu saat hendak tidur atau ketika kamu berada di lokasi yang tak ada sinyal. Hal ini terbukti efektif menghemat baterai.

  • Recharge baterai pada saat smartphone off, tujuannya agar baterai tahan lama.

 

2. Aplikasi Media Sosial

 

Aplikasi-aplikasi media sosial (medsos) online seperti Facebook dkk sebenarnya turut berperan dalam menguras baterai pada ponsel pintar kita, terutama aplikasi yang memerlukan reload data dan notifikasi secara terus menerus.

Berdasarkan informasi terpercaya dari lembaga keamanan antivirus (AVG) belum lama ini, AVG merilis daftar 10 aplikasi medsos yang menjadi biang kerok borosnya baterai smartphone kamu meski sebelumnya sudah di recharge.

Hasil survei menempatkan aplikasi Facebook berada di urutan teratas sebagai aplikasi Android yang paling banyak menguras sumber daya baterai alias paling boros. Urutan kedua ditempati oleh Path, disusul oleh 9GAG Funny Pics & Video dan Instagram di urutan ketiga dan keempat. Selengkapnya di bawah ini.

Image via liputan6.com

sumber gambar diambil dari 8Share Indonesia

 

Nah, kebayang kan kalau seandainya 10 aplikasi di atas semuanya ada di smartphone kamu. Tidak heran jika ponsel pintar kita sering lobet padahal baru saja di isi sebelumnya.

Saran

  • Tidak usah memiliki banyak aplikasi dalam smartphone kamu, cukup yang perlu saja. Delete segera aplikasi yang sudah tidak diperlukan lagi.

  • Kalau memang harus memiliki banyak aplikasi, biasakan tutup/log out aplikasi apabila sudah selesai menggunakan.

  • Beberapa aplikasi yang dibuka bersamaan menjadi salah satu penyebab baterai cepat habis, untuk itulah perlunya membiasakan log out aplikasi yang sudah selesai digunakan.

 

 

3. Aplikasi Permainan (Game) Online

 

Prinsipnya sama dengan aplikasi medsos, aplikasi game terutama yang berhubungan langsung dengan internet (online) diyakini boros baterai. Salah satu tanda yang jelas terasa adalah smartphone kamu akan terasa panas di tangan, akibat radiasi yang tinggi keluar dari smartphone kamu. Sudah pasti baterai kamu akan cepat habis jika tidak segera diisi ulang.

Game-game online yang diyakini boros baterai dilansir dari berbagai informasi terpercaya diantaranya Jewels Star, Hay Day, Clash of Clans, Angry Birds, Candy Crush Saga, Temple Run 2, juga termasuk yang paling heboh saat ini Pokemon Go. Semuanya ada di smartphone kamu?

Hasil gambar untuk pokemon go

sumber gambar diambil dari mirror.co.uk

Baca juga di http://www.plimbi.com/review/165189/fenomena-demam-virus-pokemon-go-yang-mewabah-ke-penjuru-dunia

 

Saran

  • Sama seperti no. 2 di atas, tidak perlu banyak memiliki aplikasi game di smartphone kamu, apalagi yang memerlukan koneksi data internet.

  • Delete saja game yang sudah tidak pernah kamu mainkan lagi, terutama game yang harus dimainkan dengan internet yang terhubung.

      

User Rating

0.0
0 Ratings
5
0
0
4
0
0
3
0
0
2
0
0
1
0
0

Editor Rating

3.0
Average

Summary

Apa saja penyebab SP kamu sering lowbat padahal baru dua jam yang lalu masih full batery?
Tags

About The Author

Arya Janson Medianta 43
Ordinary

Arya Janson Medianta

0813 7652 0559 (WA) Arya_janson@yahoo.com

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel