6 Langkah Penting Menjaga Kesehatan Mata Kita

16 Jul 2016 04:06 10579 Hits 12 Comments Approved by Plimbi
Buat kamu-kamu yang sering menghabiskan banyak waktu di depan komputer/laptop seperti pekerja kantoran, jurnalis, progammer, computer geek (maniak komputer), maupun yang juga suka chatting di media sosial dan maniak game di ponsel pintar kamu, wajib baca artikel yang satu ini!

sumber gambar dari google image

 

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata

 

Buat kamu-kamu yang sering menghabiskan banyak waktu di depan komputer/laptop seperti pekerja kantoran, jurnalis, progammer, computer geek (maniak komputer), maupun yang juga suka chatting di media sosial dan maniak game di ponsel pintar kamu, pasti pernah mengalami masalah ini, yaitu sakit mata. Kebiasaan ini bukan saja mengakibatkan sakit mata, tapi juga sering sakit punggung dan sakit pinggang.

Paparan radiasi dari layar komputer/laptop maupun dari layar ponsel yang mengenai mata kita secara berlebihan, tentu saja akan mengganggu kesehatan mata kita. Tidak heran, jika kita terlalu lama memelototi layar tersebut tanpa henti, biasanya mata akan terasa gatal, berair, terlihat merah, sering berkedip dan maunya gosok mata terus-terusan.

Lalu bagaimana cara mengatasinya, terutama bagi kamu-kamu pekerja kantoran atau jurnalis yang memang dituntut untuk banyak beraktifitas di depan komputer?

Caranya gampang! Di bawah ini akan saya kasih tahu cara mudah menjaga kesehatan mata akibat sering bekerja di depan komputer/laptop dan juga akibat sering main game di handphone. Nah, kalau untuk supaya tidak gampang sakit punggung atau pinggang, bisa juga dibaca artikel saya sebelumnya yang berjudul Ingin Tetap Sehat dan Tidak Mudah Capek Meski Seharian Duduk Bekerja Di Kantor http://www.plimbi.com/review/164360

 

6 Langkah Penting Menjaga Kesehatan Mata 5

 

1. Atur Tingkat Kecerahan Layar

Tingkat Kecerahan Layar sangat mempengaruhi kesehatan mata kita. Semakin terang cahaya yang keluar dari layar komputer/ponsel kita, maka semakin berpotensi tinggi mengancam kesehatan mata kita. Untuk itu kurangi tingkat kecerahan layar, atur kondisi cahaya agar tidak silau ke mata kita. Atur sampai mata kita merasa nyaman dan kitapun nantinya bakalan enjoy mengerjakan tugas-tugas kita.

Saat ini sudah ada aplikasi yang mengatur sendiri tingkat kecerahan layar pada komputer/laptop kita secara otomatis, namanya flu.x. Software ini dengan sendirinya akan mengubah layar monitor kita menjadi lebih gelap jika hari sudah malam, yang ditandai dengan munculnya bulan di layar. Jika sudah pagi, maka layar akan kembali terang yang ditandai dengan turunnya bulan, hal itu akan terjadi terus menerus secara otomatis. Software ini bisa diunduh secara gratis.

 

2. Atur Pencahayaan Ruangan

Nah, kalau tips nomor 1 pencahayaan dari layar komputer/ponsel harus dikurangi pencahayaannya alias tidak boleh silau, sebaliknya pencahayaan di ruangan/kamar kita justru harus memiliki terang yang cukup alias tidak boleh gelap, soalnya cahaya yang kurang terang atau gelap pada ruangan saat kita di depan komputer/ponsel dapat menyebabkan mata kita jadi cepat lelah, yang bisa berakibat mata berair dan pedih, selain itu juga berpengaruh pada kualitas tidur kita nantinya.

So, pastikan ruangan kerja kita mendapat terang yang cukup baik dan tidak gelap.

 

3. Atur Jarak Mata ke Layar

Jarak mata kita memandang ke arah komputer/ponsel kita juga ikut menentukan kesehatan mata kita. Jarak pandang mata ke layar idealnya 50 - 60 cm. Lebih dari 60 cm tidak masalah, tapi kalau kurang dari 50 cm, pasti nantinya akan membuat mata sakit.

6 Langkah Penting Menjaga Kesehatan Mata Kitasumber gambar dari google image

 

Biasakan mengatur jarak pandang mata kita ke layar. Jangan juga menggunakan ponsel sambil tidur-tiduran, karena posisi tersebut biasanya menyebabkan jarak mata ke layar hp kamu pasti kurang dari 30 cm. Kalau nggak percaya, coba saja buktikan, hehehe...

 

User Rating

0.0
0 Ratings
5
0
0
4
0
0
3
0
0
2
0
0
1
0
0

Editor Rating

5.0
Excellent

Summary

Buat kamu-kamu yang sering menghabiskan banyak waktu di depan komputer/laptop seperti pekerja kantoran, jurnalis, progammer, computer geek (maniak komputer), maupun…
Tags Kesehatan

About The Author

Arya Janson Medianta 43
Ordinary

Arya Janson Medianta

0813 7652 0559 (WA) Arya_janson@yahoo.com

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel