Samsung Gear 2 - Pasangan Pintar Smartphone Samsung Anda

9 Aug 2014 13:00 4959 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Waktu begitu cepat berlalu bila memperhatikan pergerakan Samsung. Hanya setengah tahun setelah perusahaan Korea ini memperkenalkan smartwatch pertama (Galaxy Gear), Samsung kembali meluncurkan smartwatch berikutnya, yaitu Samsung Gear 2.

Waktu begitu cepat berlalu bila memperhatikan pergerakan Samsung. Hanya setengah tahun setelah perusahaan Korea ini memperkenalkan smartwatch pertama (Galaxy Gear), Samsung kembali meluncurkan smartwatch berikutnya, yaitu Samsung Gear 2. Seperti pendahulunya, Samsung Gear 2 memungkinkan Anda untuk mengambil foto, membuat panggilan, perintah suara, mengirim pesan dan mendapat notifikasi, semuanya ada di pergelangan tangan Anda. Jam tangan baru memiliki beberapa perbaikan termasuk tali jamnya sendiri, port Infra Red, monitor denyut jantung dan tahan air.

 

Desain

Sekilas, Samsung Gear 2 terlihat seperti Galaxy Gear dengan bodi dari logam berbentuk persegi panjang dengan layar sentuh sebesar 1,6 inci yang berwarna warni. Berdimensinya 2,3 X 1,45 X 0,43 dengan berat 2,4 ons membuatnya terlihat lebih tipis dan lebih ringan karena Samsung Gear yang pertama memiliki dimensi 2,2 x 1,4 x 0,43 dan berat 2,6 ons.

Samsung Gear yang pertama memiliki kamera dan mikrophone yang di pasang secara paten, lubang tali tidak bisa digerakkan atau di geser. Pada Samsung Gear 2 fitur ini berpindah ke body jam sehingga membuat tali ini lebih tipis dan fleksibel. Walau begitu, tetap saja agak sulit bagi Anda untuk mengunci gesper. Untungnya Anda bisa mengganti band (pengunci tali) 22mm dengan yang ada di pasar, termasuk gesper normal. Tetapi, untuk Anda membeli jam seharga US$299 dengan gesper yang tidak nyaman?

Samsung Gear 2

Seperti Samsung Gear pertama, Samsung Gear 2 dilengkapi dengan silver dan wajah berwarna tembaga dan warna tali yang bervariasi (hitam, coklat, oranye). Perubahan terdapat pada tombol power yang berada di bawah wajah jam ini, tidak lagi di samping.

Untuk mencharger Samsung Gear 2, Anda tinggal menghubungkan colokannya dengan ponsel atau PC. Untungnya colokan ini lebih kecil dari Gear yang pertama. Namun, Sony Smartwatch 2 memiliki port miniUSB standar yang membuatnya mudah dihubungkan dengan perangkat lainnya.

 

Setup

Sangat mudah untuk menjalankan Samsung Gear 2 asalkan Anda memiliki salah satu dari 17 ponsel atau tablet merek Samsung. Antara lain Galaxy S3, Galaxy S4, Galaxy S5, Galaxy Note 2, Galaxy Note dan Galaxy Mega 6.3.

Bila menggunakan Galaxy Note 3, Download Samsung Aksesoris Manager dari app store Samsung dan ikuti petunjuk selanjutnya dengan koneksi Bluetooth antara jam tangan dan Note 3. Anda tidak perlu banyak mengubah pengaturan, tinggal tunggu saja instalasi selesai.

 

Aplikasi smartphone

Melalui Gear Manager kita dapat mengubah wallpaper telepon dari desain multi colour ke warna yang Anda inginkan. Atau Anda juga dapat mengubahnya dengan gambar yang Anda inginkan, instal/uninstall aplikasi dan kontrol notifikasi. Fitur Find My Gear membantu Anda menemukan dimana jam Anda. Menakan tombol akan membuat jam bersuara keras.

Samsung Gear 2

 

Notifikasi

Mungkin, fungsi terbaik dengan menggunakan smartwatch adalah menerima pengingat di pergelangan tangan Anda. Jadi, Anda tidak perlu mengeluarkan ponsel Anda setiap seseorang mengirim SMS atau menelpon Anda. Menggunakan aplikasi Gear Manager di ponsel Anda ada beberapa pilihan aplikasi pengingat untuk Gear. Daftar aplikasi yang tersedia dari handphone Anda sendiri, Facebook, Google+ dan LinkedIn.

Ketika menerima pengingat dari Gmail atau notifikasi yang lain, Samsung Gear 2 akan mem-buzz Anda di pergelangan jam tangan Anda dan menunjukkan berapa pesan telah masuk ke ponsel Anda. Tap pada ikon untuk menunjukkan pesan baru, Swipe ke kanan dan ke kiri untuk menelusuri semua pesan. Gear 2 menunjukkan sekitar 30 baris teks termasuk Gmail. Ini sudah cukup untuk pesan masuk.

Untuk email selain Gmail jam menunjukkan semua pesan. Foto dan lampiran lainnya tidak terlihat, tetapi jika kita men-tap tombol Show on Device, itu akan membuka  pesan penuh pada ponsel kita atau bila di Gmail tap inbox.

 

OS dan UI

Berbeda dengan Gear yang pertama, Samsung Gear 2 menggunakan OS Tizen. Tetapi, tampilan Tizen dengan Android di Gear 2 masih identik. Pertama kali Anda membuka jam akan menunjukkan wajah yang menampilkan waktu dan beberapa shortcut aplikasi atau event, tergantung wajah yang Anda pilih. Men-swipe ke kanan dan ke kiri menampilkan 17 aplikasi. Pilihan ini termasuk aplikasi Voice Memo, Dialer, Pemberitahuan, Kamera dan Kontak.

Secara keseluruhan, banyak aplikasi yang tersedia pada Samsung Gear 2. Ini berati butuh banyak swipe ke aplikasi yang kita inginkan entah itu dialer telepon, aplikasi lain, atau aplikai yang Anda instal. Ketika kita memilih aplikasi ada yang menelepon maka kita harus mengulangi Swipe lagi.

 

Fitur-fitur

Cukup banyak fitur yang ditawarkan pada Samsung Gear 2 seperti fitur kesehatan dan detak jantung, kamera 1920 X 1080 pixel dan video 1280 X 720 pixel untuk 15 detik, Voice Control, Music Playback, Remote Control. Baterainya bisa bertahan 5 jam.

Salah satu kekurangan yang agak mencolok adalah harganya yang US$299. Dengan harga seperti itu harusnya kita mendapatkan hal yang lebih. Anda bisa membandingkannya dengan Pebble US$149 atau Pebble Steel US$249. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel