Inilah Fitur Samsung Galaxy S5 yang Membuatnya Semakin Unggul

10 Dec 2014 12:00 20383 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Samsung Galaxy S5 memang telah meluncur pada bulan Februari lalu. Selain desain yang menawan, Fitur Samsung Galaxy S5 ini termasuk ke dalam fitur yang cantik nan unik. apa saja fitur yang membuat smartphone ini unggul? Mari kita lihat.

Samsung Galaxy S5 memang telah meluncur pada bulan Februari lalu. Selain desain yang menawan, Fitur Samsung Galaxy S5 ini termasuk ke dalam fitur yang cantik nan unik. Namun jika kita menoleh ke Generasi sebelumnya, tentunya kita bisa menilai bahwa ini bukanlah fitur yang inovatif tetapi merupakan elvolusi dari Galaxy S4 yang menjadi salah satu ponsel terbaik yang bisa Anda temukan. Lalu, apa saja fitur yang membuat smartphone ini unggul? Mari kita lihat.

 

Fingerprint Scanner

Boleh dibilang fitur inilah yang paling banyak di bicarakan pada Samsung Galaxy S5. Fitur Samsung Galaxy S5 Ini bisa digunakan untuk membuka kunci S5 dan juga pembayaran melalui PayPal. Fingerprint ini bisa mengenali setidaknya hingga tiga jari. Fitur ini bisa diaktifkan dengan men-slide jari Anda secara vertikal ke arah bawah hingga ke layar bagian bawah dan tombol Home. Tetapi sebagian kritikus menilai bahwa fitur  ini kurang intuitif karena sulit di non-aktifkan.

Implementasi pada Apple Touch ID memang tidak sempurna, tetapi jelas lebih intuitif daripada yang dilakukan Samsung. Menempatkan jari Anda di tombol Home iPhone lebih natural di bandingkan satu tangan memegang ponsel dan tangan yang lain men-slide tombol Home. Tetapi, Fingerprint seperti ini tampak lebih futuristik bukan?

 

Fingerprint Scanner pada Samsung Galaxy S5

Fitur Fingerprint Scanner pada Samsung Galaxy S5

 

Heart-Rate Monitor

Perubahan Hardware yang utama adalah Heart-Rate Monitor (monitoring denyut jantung) yang terletak di sebelah Flash kamera. Untuk menggunakannya anda harus masuk ke aplikasi S Health dan tekan jari Anda ke sensor. Usahakan jangan banyak bergerak atau sensor ini tidak akan bekerja.

Menempatkan aplikasi pendeteksi denyut jantung ini sepertinya lebih intuitif dan berguna, terutama bagi para pecandu olahraga yang menggunakan Smartwatch seperti Basis atau Samsung Gear Fit yang selalu memonitor denyut jantung secara non stop, berbeda dengan aplikasi bawaan pada S5 yang berhenti ketika jari anda di lepas atau bergerak dari sensor.

Bila Anda merasa perangkat Monitoring pada GalaxyS5 saja sudah cukup maka sebaiknya Anda mencoba aplikasi tambahan yang lebih spesifik dalam memonitoring denyut jantung, seperti Endomodo atau aplikasi lainnya yang bisa anda temukan di Google Play.

 

Heart-Rate Monitor pada Samsung Galaxy S5

Fitur Heart-Rate Monitor pada Samsung Galaxy S5

 

Waterproof

Mengikuti kesuksesan Galaxy S4 Active dan Sony Experia, Galaxy S5 juga mengusung fitur tahan air dan debu yang telah bersertifikat IP67 atau bisa bertahan selama 30 menit di dalam air di kedalaman hingga 3 kaki. Jika Anda berfikir fitur waterproof tidak terlalu dibutuhkan pada smartphone, perlu anda ingat, kecelakaan bisa terjadi dimana saja, seperti di Shower, pantai, kolam renang atau di dalam saku ketika Anda sedang kehujanan.

Memang ada perangkat tambahan yang bisa membuat smartphone Anda tahan air. Salah satunya adalah Liquipel. Harganya kira-kira Rp 600.000. Tetapi perangkat tambahan ini pun tidak bisa menjamin ketahanan ponsel, Perangkat tambahan inihany bisa bertahan dari percikan, tumpahan air atau terjatuh di genangan air saja.

 

Waterproof Samsung Galaxy S5

Fitur Waterproof pada Samsung Galaxy S5

 

Ultra Power Saving Mode

Banyak smartphone yang di pasarkan dengan kemampuan Power Saving. Teknik yang biasa digunakan adalah Underclock CPU, mematikan Bluetooth dan WiFi dan juga mematikan Background atau notifikasi. Namun Samsung sedikit lebih unggul dengan cara mengubah warna layar menjadi abu-abu, penyesuaian homescreen agar hemat energi dan memastikan semua aplikasi Background tidak berjalan bila tidak sedang dipegunakan. Samsung mengklaim dalam kondisi baterai tinggal 10%  lagi, galaxy S5 masih bisa bertahan hingga 24 jam bila Anda mengaktifkan mode Ultra Power Saving.

Namun ada hal yang harus anda ingat pada mode Ultra Power Saving, S5 hanya bisa digunakan untuk kegiatan dasar ponsel. Anda hanya bisa mengakses aplikasi telepon, SMS, simpanan Browser, kalkulator, jam, memo, perekam suara, ChatON dan Google+. Tentu saja, ChatON dan Google+ akan mempercepat habisnya baterai karena kedua aplikasi ini masih menggunakan internet. Tetapi bila Anda hanya menggunakan aplikasi dasar, baterai akan terasa lebih hemat.

 

Ultra Power Saving Mode Samsung Galaxy S5

Fitur Ultra Power Saving Mode pada Samsung Galaxy S5

 

Private Mode

Private Mode membantu Anda untuk menyembunyikan foto pribadi, video, rekaman suara dan file. Untuk menggunakan fitur ini Anda perlu mengaktifkan pengaturan Quick Setting, menetapkan password atau PIN, pilih hal yang ingin disembunyikan dan non-aktifkan pengaturannya. File pribadi Anda akan menghilang dari Galery atau dimanapun mereka berada dan muncul di folder pribadi yang hanya bisa des pada aplikasi My Files.

 

Private Mode Samsung Galaxy S5

Fitur Private Mode pada Samsung Galaxy S5

 

Toolbox

Apakah di smartphone Anda terlalu banyak Chat yang aktif seperti Chat Facebook yang banyak. Ini mungkin terjadi pada kebanyakan pengguna smartphone apalagi bila Anda menggunakan banyak aplikasi messenger. Toolbox akan membantu anda untuk merapikan itu semua. Toolbox akan menyajikan daftar lima aplikasi apa saja yang sedang berjalan di smartphone Anda. Fitur ini bisa menjadi cara yang bagus untuk beralih antar aplikasi.

 

Toolbox Samsung Galaxy S5

Fitur Toolbox pada Samsung Galaxy S5

 

Kesimpulan

Samsung Galaxy S5 merupakan smartphone yang canggih dan mewah. Terlebih dengan Fitur-fitur yang terdapat didalamnya akan membuatnya semakin elegan. Sepertinya Samsung tahu betul apa yang dibutuhkan para pengguna Galaxy. Diperkirakan Evolusi yang mereka kembangkan akan membuat Galaxy Series terus semakin membaik.[RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel