1

Spesifikasi dan Fitur Samsung Galaxy Gear - Smartwatch Terbaru dari Samsung

10 Sep 2013 08:00 2306 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Samsung telah menembakkan amunisi pertamanya untuk memulai perang dalam dunia smartwatch dengan Samsung Galaxy Gear-nya yang diumumkan pada perhelatan IFA 2013. 

Samsung telah menembakkan amunisi pertamanya untuk memulai perang dalam dunia smartwatch dengan Samsung Galaxy Gear-nya yang diumumkan pada perhelatan IFA 2013. 

Samsung Galaxy Gear merupakan smartwatch yang dihubungkan dengan perangkat Samsung lainnya yang juga baru diumumkan, seperti Galaxy Note 3 dan Galaxy Note 10.1. Membawa layar sebesar 1,63 inci dengan resolusi sebesar 320 x 320 dengan memnafaatkan panel layar sentuh dari Super AMOLED dan menjalankan versi modifikasi dari sistem operasi Google Android. Perangkat ini tidak hanya memungkinkan Anda membuat panggilan dari pergelangan tangan Anda, dan perangkat ini memiliki kamera built-in dan akan menawarkan akses ke 70 atau lebih aplikasi pada saat diluncurkan.

Dipamerkan pada IFA 2013 di Berlin Jerman, maka berikut spesifikasi sementara dari Samsung Galaxy Gear yang dipamerkan pada IFA 2013.

Dimensi dan Ukuran

Dengan beratnya yang hanya 2.6 ons dan dimensi yang sebesar 2,2 x 1,4 x 0,44 inci yang mana memiliki kenyamanan pada saat dikenakan di pergelangan tangan. Para fashionita juga akan senang mendengar bahwa Gear akan tersedia dalam enam warna pada saat peluncuran yang mana termasuk Jet Black, Oatmeal Beige, Rose Gold, Wild Orange, Mocha Grey dan Lime Green.

Layar

Pada layar utama Samsung Galaxy Gear, Anda akan disambut dengan jam analog standar, namun Anda dapat beralih keluar untuk satu dari 10 pilihan yang disediakan pada aplikasi pendamping Gear Manager, yang terinstal pada perangkat apapun yang Anda pilih untuk dipasangkan dengan Gear. Anda juga dapat men-download aplikasi pendamping via Samsung Apps store.

Untuk menavigasi melalui berbagai menu yang ada pada Samsung Galaxy Gear, Anda hanya perlu menggesekkan jari Anda pada layar dalam arah yang berbeda. Jika menggesek turun dari bagian atas pada permukaan jam, maka Anda akan membuka kamera atau aplikasi Memographer.

Jika Anda menggesek layar dari bagian bawah ke atas, maka Anda akan membuka aplikasi dialer. Dari sini Anda dapat memanggil nomor telepon dan akan dilanjutkan pada Galaxy Note 3 (yang nantinya juga akan mendukung pada perangkat Samsung lainnya). Menggesek dari kiri ke kanan dan sebaliknya memungkinkan Anda menavigasi antara menu Setting Gear, aplikasi drawer hingga 10 aplikasi kustomisasi. Untuk mengatur aplikasi yang muncul di smartwatch, Anda harus terlebih dahulu memilih mereka dalam aplikasi Gear Manager pada perangkat Anda yang dipasangkan. Untuk keluar dari aplikasi, Anda dapat menggeseknya ke bawah dari atas layar, atau tekan tombol Home di sisi kanan dari jam ini. Secara garis besar, kontrol pada jam ini sangat intuitif. Layar sentuh juga sangat akurat dan cepat untuk menanggapi sentuhan Anda.

Kamera

Samsung membenamkan kamera sebesar 1.9 megapiksel ke jam tangan Gear dan speakker serta noise cancelling ke dalam jam tangan ini. Memographer Galaxy Gear, atau aplikasi kamera menggunakan kamera sebesar 1.9 megapiksel yang dipasangkan pada tali jam ini untuk menangkap gambar sampai 50 foto dan klip video 10 detik pada resolusi 720p. Samsung mengatakan kamera tidak dimaksudkan untuk menggantikan smartphone Anda, melainkan untuk mengambil foto dari saat-saat ketika Anda tidak bisa menunggu untuk menarik keluar ponsel Anda.

Untuk mengambil foto, Anda hanya cukup mengetuk layar pada jam tangan ini. Menekan ikon kamera video di sudut kiri atas layar dapat membuat Anda beralih dari modus foto ke video atau sebaliknya. Setiap kali Anda menutup aplikasi kamera, dengan menggesekkan jari Anda dari atas ke bawah, maka hasil tangkapan gambar dan video akan secara otomatis di sinkronisasikan dengan perangkat yang dipasangkan.

Fitur Lain

Fitur lain dari Samsung Galaxy Gear adalah termasuk sensor built-in untuk melacak langkah yang diambil, kalori yang terbakar dan jarak yang telah Anda ambil, mirip dengan pedometer. S Voice memungkinkan pengguna untuk membuat konsep pesan yang akan dikirim, memeriksa cuaca, mengatur alarm dan banyak lagi hanya dengan kontrol suara, sementara Find My Device akan membantu Anda menemukan ponsel Galaxy Anda yang hilang dengan membuatnya menyala dengan bip atau bergetar.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Galaxy Gear tampak seperti pembuka akan smartwatch yang menarik. Antarmuka yang intuitif, desain menarik, dan menawarkan fungsionalitas tinggi. Kita tinggal menunggu sepak terjang dari Apple untuk menjawab langkah dari Samsung ini. Sayangnya masih belum disebutkan berapa harga yang ditawarkan nantinya oleh Samsung untuk gadget terbarunya ini. Kita hanya bisa menunggu sepak terjang awal dari Gear ini dipasaran. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel