Duel Kamera Saku Bersistem Operasi Android - Samsung Galaxy Camera vs Polaroid SC1630

10 Oct 2012 13:00 5334 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Jika Anda sedang mencari kamera saku namun juga tertarik mencicipi Android Anda bisa memilih amsung Galaxy Camera vs Polaroid SC1630. Simak perbandingan lengkapnya berikut ini.

Jika Anda sedang mencari kamera saku namun juga tertarik mencicipi Android maka patut mencoba salah satunya. Namun bila masih merasa kebingunan untuk memilih mana yang terbaik, maka kali ini Paseban akan membantu Anda dalam memilih produk mana yang paling sesuai dengan kebutuhan. Dan berikut adalah perbandingan dua kamera bersistem operasi Android, Samsung Galaxy Camera vs Polaroid SC1630.

Desain

Dari segi desain tentunya keduanya memang terlihat seperti kamera saku kebanyakan. Lekukan bodi plus lensa yang bisa menyembul keluarlah yang memberikan ciri khas tersebut. Satu lagi yang menjadikannya mirip dengan kamera saku adalah ketebalan keduanya, Samsung dengan dimensi 128.7 x 70.8 x 19.1 mm beradu ukuran dengan Polaroid SC1630 dengan dimensi keseluruhan sebesar 111.9 x 56.9 x 15.5 mm.

Layar

Bagian layar pun tentunya memiliki ciri khas Android, yakni layar sentuh. Layar pada bagian belakng kamera saku ini tentunya berfungsi sebagai viewfinder dalam membidik gambar. Samsung Galaxy Camera membenamkan 16 juta warna pada resolusi 720 x 1280 piksel dan luas layar 4.8 inch, cukup besar untuk ukuran sebuah kamera. Sedangkan pengguna Polaroid harus puas dengan resolusi layar WVGA atau 800 x 480 piksel dan luas layar sebesar 3.2 inch untuk mengabadikan gambar.

Fitur Kamera

Sebagai kamera saku tentu keduanya harus memiliki fitur-fitur istimewa dalam mengambil gambar. Dimulai dari Samsung yang memberikan resolusi maksimal 16MP, dengan resolusi sedemikian besarnya maka gambar akan apik diambil pada resolusi maksimal 4640 x 3480 piksel. Polaroid sepertinya tidak mau kalah dengan memberi resolusi 16MP sebagai batas maksimum hasil gambar. Samsung juga memberikan fitur khas kamera, yakni optical zoom dan seakan tidak mau tanggung-tanggung, maka Samsung memamerkan 21x optical zoom pada produk Android kamera perdananya ini, sekali lagi mengalahkan Polaroid SC1630 yang hanya 3 optical zoom. Untuk mengambil gambar kurang cahaya, baik Samsung maupun Polaroid sudah dilengkapi dengan Xenon Flash.

Performa

Selain melihat performa kamera, dari sisi sistem juga harus dilihat untuk mengetahui apakah Android akan berjalan optimal atau tidak. Sepertinya Samsung memberikan jaminan berupa Quad-core 1.4 GHz Cortex A9 plus GPU Mali 400MP agar sistem Android Jelly Bean yang ada pada kamera ini berjalan secara optimal. Jika dirasa masih kurang perkasa, maka ketersediaan RAM sebesar 1GB akan dirasa sangat cukup untuk menjalankan berbagai aplikasi-aplikasi Android sekaligus. Berbeda dengan Samsung, Polaroid SC1630 hanya mengakomodasi prosesor sebesar 800 mHz dan RAM 512MB, inferioritas lainnya terlihat dari versi Android yang dibenamkan hanya sebatas Gingerbread 2.3.

Baterai

Dalam memotret tentu baterai dituntut lebih, jika tidak maka Anda siap-siap gigit jari karena kehilangan momen di saat baterai menunjukan indikator lemah. Agaknya samsung kurang peka perihal ini, Baterai 1650 mAh akan dirasa kurang untuk memanfaatkan kamera saku ini. Belum lagi prosesor yang dibawanya sudah berinti 4 pastilah akan sangat haus daya. Lebih buruk lagi Polaroid SC1630 hanya dibekali oleh baterai berkapasitas sebesar 1020 mAh, jumlah ini tentunya dinilai sangat kurang sekali.

Kesimpulan

Meskipun berbentuk kamera, sejatinya Samsung Galaxy Camera memiliki keterhubungan dengan dunia luar lewat jaringan HSDPA dan WiFi yang dimilikinya. Namun Anda tidak akan bisa berkirim pesan atau menelepon lewat ponsel ini karena fitur tersebut memang ditiadakan, begitu pula jaringan 2G. Sedangkan Polaroid SC1630 memang terlihat terkalahkan jika dibandingkan kamera milik Samsung, baik dari segi fitur Android maupun kamera. Untuk itu Galaxy Camera patut menjadi salah satu pilihan Anda yang membutuhkan kamera berkualitas pada perangkat Android. [IQ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel