1

Apakah Yang Akan Terjadi Jika Saat Ini Tidak Ada Teknologi Internet?

27 Mar 2013 19:00 6817 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Anda mungkin akan mengernyitkan dahi jika membaca judul di atas karena memang sangat susah sekali membayangkan dunia ini tanpa internet. Nah, pada artikel kali ini Paseban akan mengulas fakta-fakta unik yang wajib Anda ketahui sehingga Anda dapat membayangkan bagaimana keadaan dunia ini tanpa teknologi internet.

Anda mungkin akan mengernyitkan dahi jika membaca judul di atas karena memang sangat susah sekali membayangkan dunia ini tanpa internet. Mungkin beberapa orang akan menyebutnya sebagai masa kegelapan di mana kita hanya bisa mendengarkan musik dan menonton video lewat kaset Walkman dan juga video VHS. Ataupun juga kita akan membaca koran biasa dan bukan Google News, serta mengirim email lewat jasa pos dan bukan melalui email. Hal tersebut mungkin tampak lebih menakutkan ketimbang menonton film horror sekalipun.

Walaupun tampak menyeramkan, namun sebenarnya era internet sendiri baru dimulai sekitar 20 tahun yang lalu. Semenjak itu, perubahan radikal banyak terjadi di dunia ini seperti adanya email, Facebook, Twitter, hingga perusahaan-perusahaan raksasa seperti Google, Amazon, Yahoo, dan lainnya. Jika boleh jujur, orang yang paling sedih dan terpukul dengan kehadiran internet ini pastilah para pekerja pos. Nah, pada artikel kali ini Paseban akan mengulas fakta-fakta unik yang wajib Anda ketahui sehingga Anda dapat membayangkan bagaimana keadaan dunia ini tanpa teknologi internet.

Jumlah Pengguna Internet

Sejak tahun 2002, pengguna internet telah meningkat berkali-kali lipat. Saat ini terdapat sekitar 2,3 milyar penduduk dunia yang menggunakan internet. Saat ini terdapat lebih dari setengah milyar website yang ada di internet, di mana kebanyakan dari website tersebut dibuat sejak tahun 2011 ke atas. Kemunculan teknologi internet secara otomatis membuat dunia ini terasa kecil. Maka dari itu jika saat ini tidak ada internet maka kita tidak akan dapat tersambung dengan mudah ke berbagai penduduk di berbagai belahan dunia. Selain itu kita juga tidak dapat mengakses berbagai macam informasi dengan mudah.

Ensiklopedia dan Surat

Kehadiran internet juga telah menghemat pengeluaran banyak orang untuk membeli ensiklopedia dan juga untuk mengirim surat. Saat ini kita dapat membaca berbagai macam artikel di Wikipedia secara gratis, sementara untuk mendapatkan Encyclopedia Britannica kita harus merogoh kocek sebesar $1200. Hal tersebut juga berlaku untuk pengiriman surat yang sekarang telah tergantikan oleh email. Jika dikalkulasikan, maka seluruh email yang dikirimkan setiap tahunnya sama dengan jumlah untuk membeli perangko seharga $6,3 trilyun. Selain itu tanpa internet Anda juga tentunya tidak akan dapat menemukan perusahaan seperti Google, Twitter, Amazon, eBay, dan lainnya.

Lowongan Pekerjaan

Di Amerika Serikat, kehadiran internet telah memberikan pekerjaan bagi lebih dari 1,2 juta orang secara langsung. Dari setiap pekerjaan itu akan memunculkan lagi 1,54 pekerjaan tambahan, sehingga jika ditotal maka jumlah pekerjaan yang disediakan oleh internet adalah 3,05 juta pekerjaan di Amerika. Seluruh pekerjaan itu akan menghasilkan gaji total sekitar $300 milyar. Perlu Anda ketahui, uang sebanyak itu sama dengan total GDP dari Negara Yunani selama setahun.

Penyebaran Informasi

Semenjak kemunculan internet, penyebaran informasi menjadi sangat cepat dan bahkan lebih cepat dari pesawat jet sekalipun. Saat ini, setiap satu menitnya ada sekitar 100 ribu tweet baru yang diunggah ke Twitter, dan dalam satu bulan terdapat lebih dari 30 milyar konten yang dibuat di Facebook. Selain itu, saat ini juga sekitar 65% penduduk di dunia membaca berita lewat internet. Berbagai macam hal tersebut tentu saja tidak akan terjadi jika tidak ada internet.

Mempercepat Revolusi

Masih ingat revolusi yang terjadi di Mesir? Ya, semua itu adalah jasa dari internet. Banyangkan pada jaman dahulu warga jerman membutuhkan waktu sekitar 4 bulan untuk dapat merobohkan tembok Berlin, sementara itu penduduk Mesir hanya membutuhkan waktu satu minggu untuk mengumpulkan 90.000 ribu warga untuk melakukan demonstrasi. Lebih mencengangkan lagi, para demonstran mesir tersebut hanya membutuhkan waktu 18 hari untuk menggulingkan rezim dictator yang telah berkuasa selama 30 tahun.

Memperkecil Jumlah Demonstrasi

Walaupun dapat mempercepat revolusi, namun kehadiran internet justru mengurangi jumlah demonstrasi yang terjadi di masyarakat. Pasalnya, saat ini banyak masyarakat yang lebih suka melakukan demonstarsi di internet dengan memasang tagar (#) di Twitter ataupun membuat petisi di Facebook daripada turun ke jalan raya. Terbukti, untuk beberapa kasus, demonstarsi melalui internet ini menuai kesuksesan. Dengan berbagai macam perubahan yang dibuat oleh internet, kita dapat menyimpulkan bahwa dunia ini akan sangat berbeda jika tidak ada teknologi internet. Namun bukan berarti ketiadaan internet akan membuat dunia ini lebih baik. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel