1

Layanan Data Internet Menduduki Posisi Kedua dalam Penggunaan Ponsel Favorit Remaja

27 Dec 2011 17:30 2639 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Benarkah layanan data internet akan menggantikan posisi layanan SMS dalam hal penggunaan ponsel? Bagaimana hasil riset yang dilakukan pada responden remaja menjawab masalah ini?

Kita semua tahu bahwa remaja merupakan segmen yang paling loyal dalam menggunakan layanan SMS. Bukan hanya di Indonesia, tapi di seluruh dunia. Kedepannya mungkin saja layanan data internet akan menggantikan posisi layanan SMS.

Lab42, periset pasar melalui jejaring sosial untuk keperluan target marketing sebuah perusahaan pada pertengahan bulan lalu telah melakukan survey kepada 500 pengguna jejaring sosial yang berusia 13 hingga 21 tahun di negara Amerika. Hasil dari survey tersebut menyatakan bahwa 71% dari responden memilih lebih mengirim pesan teks /SMS daripada telepon.

Studi terbaru pada akhir tahun ini yang dilakukan oleh perusahaan periset pasar, Nielson juga melakukan survey kepada target responden yang sama menghasilkan survey yang berbeda dari sebelumnya di mana konsumsi data internet melalui ponsel menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan.

Studi tersebut juga menunjukkan konsumsi data internet melalui ponsel oleh remaja berusia 13 hingga 17 tahun meningkat hingga 256% pada kuartal ketiga tahun 2011 jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2010.

Remaja di Amerika rata-rata menggunakan 320MB data internet per bulan. Dan apabila dipisahkan menurut gender, remaja putra rata-rata menggunakan 382MB per bulan dan remaja putri menggunakan 266MB per bulan.

Namun sedikit berbeda dengan hasil survey lab42 tentang layanan SMS yang dikuasai oleh remaja, studi Nielsen menunjukkan orang dewasa berusia 25 hingga 34 tahun menguasai konsumsi data internet melalui ponsel, dengan rata-rata 578MB per bulan.

Untuk studi ini, Nielson menganalisis data ponsel lebih dari 65.000 pelanggan di Amerika. Studi Nielson menemukan bahwa jumlah pemilik smartphone yang menggunakan mobile Internet telah meningkat 45% pada tahun ini.

Kegiatan favorit oleh remaja dalam menggunakan ponselnya adalah mengirim pesan teks. Mereka mengirim rata-rata hingga 7 pesan teks per jam, atau 3.417 per bulan. Pada kuartal ketiga 2010 angka ini lebih tinggi, rata-rata 3.729 per bulan, di mana remaja putri memimpin dengan rata-rata 3.952 per bulan, sementara remaja putra rata-rata 2.815 pesan teks per bulan. Sedikit ada penurunan angka dalam pengiriman pesan teks tahun 2011 jika dibandingkan dengan tahun 2010 yang diprediksikan karena masuknya era smartphone.

Seperti yang telah disebutkan pada awal artikel, layanan telepon oleh remaja bukanlah layanan favorit. Data menunjukkan penggunaan layanan telepon oleh remaja turun hingga 17% (dari rata-rata 685 menit menjadi 572 menit) pada tahun ini jika dibandingkan dengan tahun 2010.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa kegiatan favorit dari remaja tahun ini dalam menggunakan ponsel adalah: 1) pesan teks, 2) layanan data internet seperti browsing, jejaring sosial, email, download aplikasi dan menggunakan aplikasi online. [RY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel