1

Seberapa Besar Pengaruh Smartphone terhadap Lifestyle?

6 Aug 2011 16:09 3677 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Smartphone kini telah menjadi kebutuhan penting bagi seseorang yang mempengaruhi hidupnya. Sejumlah survey mengenai smartphone telah dilakukan di sejumlah Negara dan hasilnya sungguh mencenangkan, para responden rela melakukan apapun asal mereka tidak dipisahkan dari smartphone mereka.

Sebuah survey menyatakan 60% dari remaja berumur 13 - 19 tahun menggunakan dan kecanduan smartphone mereka. Hal ini bisa dilihat dari laporan bahwa smartphone mengalami kenaikan penjualan yang sangat tinggi dan diprediksikan akan bertambah lagi ke depannya.

Ofcom, badan independen yang berlaku sebagai regulator dan pengawas kompetisi industri komunikasi di Inggris telah melakukan wawancara terhadap 511 responden di Irlandia Utara dan menemukan bahwa 92% responden menggunakan ponsel. Dari angka tersebut, sekitar seperempat dari mereka menggunakan dan kecanduan smartphone.

Telenav, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang navigasi dan GPS, melakukan survey yang unik terhadap beberapa warga Amerika. Survey ini mengkondisikan di mana responden disuruh memilih, harus meninggalkan penggunaan smartphone-nya selama seminggu atau smartphone tersebut bisa digantikan dengan kebutuhan penting lain dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Hasilnya sungguh mencengangkan, 70% responden rela meninggalkan alkohol daripada smartphone miliknya, 63% responden lain merelakan cokelat, 55% merelakan caffeine, 54% merelakan berolah raga, dan 20% reponden merelakan komputer. Ada dua hal menarik dari survey ini yang direlakan oleh responden, 22% rela untuk meninggalkan sikat gigi selama seminggu daripada smartphone, 22% rela untuk tidak bertemu pasangannya, bahkan ada 21% rela tidak bersepatu atau tidak beralas kaki selama seminggu.

Survey Telenav ini juga menemukan "budaya" baru dalam masyarakat. Pengguna smartphone mempunyai kecenderungan untuk memasukkan unsur "ponsel apa yang dia gunakan" dalam menilai seseorang, yakni adanya pandangan bahwa ponsel "reflect their style". Sekitar setengah dari pengguna smartphone berpandangan bahwa pasangan yang ideal adalah yang memiliki tipe ponsel ber-OS sama dengan miliknya (seperti sesama BlackBerry, iOS, atau sesama Android). Dari survey tersebut juga diketahui bahwa sejumlah 66% responden tidur dengan smartphone berada di sampingnya.

Jadi, seberapa besar menurut Anda pengaruh smartphone terhadap lifestyle manusia? By the way, apa yang Anda relakan untuk menggantikan smartphone Anda? RY

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel