1

Tentara AS Manfaatkan Smartphone untuk Alat Perang

28 Jul 2011 20:50 3824 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Fungsi smartphone tak hanya untuk berkomunikasi saja, namun akhir-akhir ini tentara di Amerika Serikat memanfaatkan ponsel pintar ini untuk berperang. Kok bisa?

Kantor berita CNN melaporkan bahwa tentara AS baru-baru ini sedang melakukan program percobaan terhadap efektivitas perangkat smartphone dan tablet sebagai salah satu peralatan perang.

Ide dari program ini adalah setiap tentara bisa mengirimkan pesan atau geotagged images untuk memberikan peringatan kepada tentara lain akan situasi bahaya yang dia hadapi.

Contohnya saat pasukan dalam kondisi terkepung, pasukan tersebut bisa memberikan pesan teks hingga memberikan detail gambar akan situasi pengepungan. Sehingga pasukan lain bisa dengan mudah membantu mengatasi situasi. Selain fungsi tersebut, beberapa fungsi lain juga sedang dikembangkan.

Sejauh ini para tentara sudah mencoba perangkat iPhone, Android Phone, dan Windows Phone. Pilihan para tentara lebih banyak pada iPhone dan Android Phone. Pada program percobaan ini para tentara juga melakukan tes terhadap perangkat iPad dan tablet milik HP serta Dell.

Hasil program percobaan ini menunjukkan hasil positif bahwa tentara AS bisa mulai menggunakan smartphone sebagai salah satu peralatan perang. Namun hal ini masih belum bisa diimplementasikan sepenuhnya karena adanya satu kendala penting.

Kendala penting tersebut yakni saat ini tentara AS belum memiliki sistem enkripsi yang memungkinkan penggunaan smartphone dalam suatu misi ke luar negeri dan tetap terhubung dengan mission-command system. Sistem enkripsi tersebut masih dalam proses pengembangan. RY

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel