5 Tips Cara Mengatasi Berita Hoax

10 Oct 2018 09:05 708 Hits 0 Comments
Saat ini penyebaran berita HOAX semakin banyak dan sulit untuk dicegah apalagi dalam Media Sosial banyak sekali kita temukan berita Hoax.

Saat ini penyebaran berita HOAX semakin banyak dan sulit untuk dicegah apalagi dalam Media Sosial banyak sekali kita temukan berita Hoax. Menurut Lembaga Survey di Indonesia rata-rata pada bulan Juli hingga September 2018 banyak berita Hoax yang muncul di Facebook. Sehingga kini Facebook menyediakan tools untuk mengatasi kabar berita Palsu atau Hoax karena Facebook adalah Media Sosial yang paling banyak digunakan dan banyak sekali berita Hoax yang bertebaran.

Facebook sendiri akan mengurangi Penyebaran Berita Hoax dengan cara mengimplementasikan Teknologi.Selain Itu Facebook membagikan 5 tips yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi berita hoax, Berikut ini adalah 5 Tips cara mengidentifikasi berita hoax :

1. Bersikaplah Jangan terlalu Percaya dengan Judul 

Hasil gambar untuk judul berita

Berita Hoax pasti memiliki judul yang menarik sehingga kita  merasa penasaran dengan berita tersebut dan ingin membaca berita tersebut. seringkali para pembuat berita hoax membuat judul yang Heboh dengan huruf kapital dengan tanda seru .

2.Perhatikan Baik Baik URL

Hasil gambar untuk url berita

URL palsu atau yang dibuat mirip aslinya bisa jadi tanda peringatan adanya berita palsu. Banyak situs berita palsu berpura-pura sebagai sumber berita autentik dengan sedikit mengubah alamat URL. kamu dapat membuka situs tersebut dan membandingkan alamat URL-nya dengan sumber terpercaya.

3. Periksa Buktinya

Hasil gambar untuk search di google

saat kita membaca berita  jangan mengandalkan satu sumber berita saja kita harus mencari berita yang sama dai sumber lain agar kita tidak termakan hoax , kita bisa searching di google dan memastikan bahwa berita itu benar terjadi jangan sampai karena berita menarik kita langsung share berita tersebut dan tidak tahu apa itu berita hoax atau tidak , hal ini bisa merugikan orang lain.

4. Cek Fotonya

Hasil gambar untuk foto di berita hoax 

Kabar Berita Palsu atau Hoax sering berisi gambar atau Video yang di manipulasi. terkadang Foto itu memang pernah terjadi tapi tidak sesuai dengan konteksnya berbeda. Banyak dari kita juga ingin melihat berita dengan pertama melihat foto nya terkadang foto tersebut bisa membuat kita penasaran.dan kita harus cari tahu asalnya .

5.Beberapa Berita Sengaja Di Palsukan 

Hasil gambar untuk foto di berita hoax

Banyak Berita yang memang sengaja di palsukan hanya untuk kepentingan suatu pihak . Jangan sampai kita percaya dengan berita yang salah.

Nah kita sebagai manusia yang hidup di zaman yang mudah dalam mendapatkan Informasi kita jangan sampai dibohongi oleh berita hoax, dan kita harus lebih bisa memilih mana berita yang baik dan mana berita hoax 

Tags

About The Author

Elsa Aprilia Azzahra 23
Novice

Elsa Aprilia Azzahra

Haloo

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel