Pengamat: Airlangga Hartarto Sosok Regenerasi Politik yang Bersih

6 Aug 2018 14:31 662 Hits 0 Comments
Saat ini muncul sosok-sosok baru lahir dari proses politik yang lebih baik dan bersih.

Regenerasi politik di Indonesia mengalami hal luar biasa. Saat ini muncul sosok-sosok baru lahir dari proses politik yang lebih baik dan bersih.

Hal ini disampaikan pengamat politik sekaligus pengajar Fisip Universitas Cendrawasih Edward Kocu saat menjadi pembicara dalam diskusi Komunitas @TentangGolkar di Pits Corner, Jayapura, Provinsi Papua, baru-baru ini.

Edward Kocu memandang saat ini Indonesia mengalami regenerasi politik luar biasa. Hal ini dapat dilihat dari munculnya sosok-sosok baru di level provinsi dan nasional. Menurutntya, Airlangga Hartarto adalah sosok cawapres ideal bagi Jokowi yang rekam jejaknya bersih. Airlangga muncul sebagai hasil regenerasi politik yang baik di Indonesia.

Terkait regenerasi itulah, Edward cenderung menyesalkan langkah gugatan Partai Perindo terhadap UU No.7 Tahun 2017 tentang Pemilu soal masa jabatan cawapres dengan pihak terkait Jusuf Kalla. Edward memandang, hal ini akan mengembalikan Indonesia pada kemunduran politik dan mengikis ruang politik anak muda.

Tidak berlebihan, karena menurut Edward jika masa jabatan politik tidak dibatasi oleh pemerintah, maka peluang-peluang untuk melenggangnya politik dinasti di Indonesia akan semakin kuat. Sehingga jika hal tersebut dikabulkan oleh MK, maka regenerasi politik yang telah berjalan selama 20 tahun terakhir akan kembali mengalami perlambatan.

Senada dengan Edward Kocu, pembicara lainya, Sekretaris Partai Golkar Kota Jayapura Hadirat Zega mengungkapkan, gugatan tersebut berpeluang memutus regenerasi politik di Indonesia.Menurut Zega, jika ingin Indonesia lebih baik, JK seharusnya memberikan kesempatan pada anak muda, memberi mereka ruang politiknya. JK tambahnya, bisa menjadi penasehat negara saja,.

Hadirat Zega melanjutkan, sosok wakil presiden yang pas dengan prinsip kerja nyata Jokowi tidak lain adalah Airlangga Hartarto. Zega menyatakan Airlangga Hartarto adalah sosok politisi yang tenang, lahir ke dunia politik bukan karena warisan. Dengan karakter yang dimiliki dan latar belakang professional di bidang perindustrian, Airlangga menurutnya sangat siap melanjutkan program kerja nyata Jokowi.

Tags

About The Author

0 18
Novice

0

Selalu Semangat Dalam Berkarya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel