1

Dampak 5G untuk masa Depan

24 Jul 2018 09:50 1888 Hits 0 Comments
setelah teknologi 4G yang belum semua wilayah Indonesia menikmati rencana nya di tahun 2019 di negara maju akan mucul Teknologi 5G . yuk simak 3 Fakta 5G untuk masa Depan yang no 3 siap siap kamu nabung dari sekarang.

Saat ini jaringan Internet sudah cukup cepat di Indonesia kecepatan nya sekitar 100mbps, apalagi di negara maju kecepeatan nya mungkin bisa melebihi itu , setelah teknologi 4G yang belum semua wilayah Indonesia menikmati rencana nya di tahun 2019 di negara maju akan mucul Teknologi 5G .

5G atau Fifth Generation (generasi kelima) adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut generasi kelima sebagai fase berikutnya dari standar telekomunikasi seluler meleibih standar 4G.Teknologi generasi kelima ini direncanakan akan resmi diliris untuk sistem operasi seluler pada 2020, sehingga saat ini masih terlalu dini untuk mengetahui akan seperti apa teknologi 5G tersebut.

Lalu untuk di Negara Indonesia kapan ??? nah rencana nya teknologi 5G akan muncul secara Global di tahun 2020 kemungkinan besar Negara Indonesia akan merasakan kecepatan teknologi ini di tahun 2020. sekitar 2 tahunan lagi kita akan merasakan teknologi 5G ini semoga dapat tersebar secara merata di wilayah Indonesia.

Nah sebelum kita merasakan Teknologi 5G ini di tahun 2020 yuk kita cari tahu tentang Dampak Teknologi 5G di masa depan yaitu :

1. Koneksi ini sangat-sangat cepat

Tentu pengembangan jaringan akan menghasilkan kecepatan yang lebih dari sebelumnya. Namun di 5G, pertambahan kecepatan ini sungguh signifikan. Bahkan, ini akan lebih cepat ketimbang koneksi broadband yang  biasa dimiliki di rumah atau kantor.

Untuk membandingkan seberapa cepat jaringan 5G, mari kita letakkan di sebuah perspektif. Kecepatan unduh 4G di Amerika Serikat rata-rata 19,42 Mbps. Menurut OpenSignal, 5G tidak lagi berbicara megabit, namun gigabit. Modem 5G besutan Qualcomm, Snapdragon X50, mampu mengunduh hingga kecepatan 5GB per detik. Kecepatan ini 257 kali lebih cepat ketimbang jaringan 4G di Amerika Serikat. Umat manusia sendiri tidak pernah mencapai kecepatan ini sebelumnya.

Google Fiber saja hanya sampai pada kecepatan 1Gbps. Hal ini pun masih akan berkembang karena kecepatan 5Gbps sendiri hanya akan jadi generasi pertama.

2.5G tidak cuma untuk smartphone

Biasanya kita menggunakan jaringan Internet menggunakan Perangkat Mobile saja tapi di teknologi 5G ini kita dapat menggunakan seluruh perangkat cerdas

Sebagai contoh, 5G akan sangat penting bagi mobil otomatis yang membutuhkan koneksi internet secepat mungkin. Latensi rendah, kapasitas yang tinggi dan kecepatan yang tinggi akan membuat mobil otomatis benar-benar efektif berjalan secara otonom. Hal ini juga akan terpakai di teknologi konsumen seperti aksesoris rumah tangga cerdas, headset VR, PC, dan bisa jadi media sosial dan konferensi jarak jauh juga akan terpengaruh juga dengan baik.

dan kabarnya pada Asian Games 2018 yang di selenggarakan oleh Negara kita yaitu Indonesia dikabarkan akan mempamerkan Mobil Otonomos alias mobil tanpa sopir yang menggunakan teknologi 5G atas kerjasama XL dan Pemerintahan Provinsi DKI JAKARTA.

3. Harga paket datanya tak akan murah

Siap siap saja ketika kita menggunakan Teknologi 5G ini kita akan mengeluarkan Budget yang lebih tinggi untuk membeli paket data 

Satu jaminan yang pasti terjadi, tentu harga paket data untuk jaringan 5G ini tak akan murah. CEO salah satu raksasa Telco AS, Sprint, mengutip Mashable, menyebut bahwa harga paket data 5G akan dibanderol 20 dollar hingga 30 dollar di AS, atau 300 hingga 400 ribu Rupiah. Selain Sprint, belum ada yang berkomentar soal harga. Namun menilik sejarah, harga paket data makin naik seiring kecepatan jaringan. Tentu hal ini tak akan menurun tiba-tiba, dan justru akan makin menukik karena kecepatan 5G naik secara signifikan dibanding 4G.

Namun mahalnya harga akan makin mereda seiring makin banyak pengguna yang memakai serta perangkat yang mendukung jaringan 5G.

 

 

 

sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/5G

              https://www.merdeka.com/teknologi/5-fakta-tentang-jaringan-5g-internet-secepat-peluru/harga-paket-datanya-tak-akan-murah.html

Tags

About The Author

Elsa Aprilia Azzahra 30
Ordinary

Elsa Aprilia Azzahra

Haloo
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel