Anggota Satgas TMMD Reguler Ke-102 Mojokerto Khatib Shalat Jum’at

21 Jul 2018 00:36 5530 Hits 0 Comments
MOJOKERTO.  Kegiatan Satgas  TMMD Reguler Ke-102 TA. 2018 Kodim 0815 Mojokerto di Desa Jembul Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto, dengan sasaran fisik dan non fisik masih terus berlangsung hingga hari ini, Jum’at (20/07/2018) sudah memasuki hari kesebelas.

MOJOKERTO.  Kegiatan Satgas  TMMD Reguler Ke-102 TA. 2018 Kodim 0815 Mojokerto di Desa Jembul Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto, dengan sasaran fisik dan non fisik masih terus berlangsung hingga hari ini, Jum’at (20/07/2018) sudah memasuki hari kesebelas.

Meskipun di tengah kesibukan kegiatan fisik, seluruh anggota Satgas TMMD juga tetap memprioritaskan kegiatan keagamaan yang merupakan bagian dari pembinaan mental (Bintal) rohani.  Termasuk bagi anggota Satgas TMMD yang beragama Islam, pada Jum’at (20/07) siang tadi wajib menunaikan Shalat Jum’at.

Kegiatan Shalat Jum’at tersebut bertempat di Masjid Al-Ikhlas Desa Jembul bersama warga setempat sekitar 100 orang jama’ah. Pada Shalat Jum’at tersebut, anggota Satgas TMMD Reguler Ke-102 TA. 2018 Kodim 0815 Mojokerto Serka Muntholib asal satuan Bintalrem 082/CPYJ menjadi Khatib.

Dalam Khutbah Jum’at tersebut, Serka Muntholib mengajak jama’ah untuk senantiasa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Khatib juga mengajak untuk memakmurkan masjid dengan kegiatan-kegiatan positif  yang bermanfaat seperti pengajian rutin dan ibadah lainnya.

Masjid tidak hanya sebagai sarana ibadah atau tempat sholat namun memiliki banyak fungsi. Seperti yang kita yakini, di zaman Rasulullah Muhammad SAW ketika hijrah ke Madinah tempat yang pertama kali dibangun adalah masjid, ujarnya.  

Saat itu, lanjut Khatib, selain untuk shalat, masjid  juga berfungsi sebagai tempat beri'tikaf, mengatur strategi, musyawarah, tempat berkumpulnya para sahabat membahas syiar agama Islam. Untuk itu umat Islam marilah kita makmurkan masjid dengan kegiatan yang bermanfaat seperti pengajian rutin, Taman Pendidikan Al-Qur’an dan sebagainya.  

Sebelum menutup khutbahnya, Serka Muntholib, juga mengajak para jama’ah untuk tetap memelihara budaya gotong royong, tolong menolong dan sikap toleran dalam kehidupan bermasyarakat.  Sifat gotong royong ini harus senantiasa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam kegiatan TMMD kali ini yang sedang berlangsung di Desa Jembul.  

Usai Sholat Jum’at, Komandan SSK TMMD Kapten Inf Desto Jumeno, mengungkapkan, kegiatan shalat Jum’at ini merupakan bagian dari pembinaan mental rohani bagi para Prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD Ke-102 Kodim 0815 Mojokerto.

“Ini merupakan salah satu bentuk pembinaan mental bagi prajurit guna memupuk keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa”, ungkapnya.

Diharapkan melalui sholat Jum’at bersama warga akan semakin mempererat silaturahmi dan jalinan persaudaraan antara personel Satgas TMMD dengan segenap komponen masyarakat yang ada di daerah sasaran TMMD, tutupnya..

Tags News

About The Author

anan alkarawangi 56
Expert

anan alkarawangi

Duta Pasundan Di Bumi Majapahit

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel