Cara Mengatasi Rasa Malas Dalam Membuat Perencanaan Keuangan

15 Jul 2016 14:26 2567 Hits 1 Comments
Jika kamu dapat mengatur keuangan dalam keseharian kamu dengan baik.  Maka, hidup kamu akan lebih teratur dari sebelumnya

Beberapa orang berpendapat bahwa perencanaan keuangan merupakan bukan hal yang mudah untuk dilakukan oleh beberapa orang. Hal tersebut dikarenakan beberapa hal diantaranya banyak orang yang beranggapan bahwa membuat sebuah rencana terlebih lagi jika berhubungan dengan uang dan angka merupakan satu hal yang rumit untuk dilakukan. Selain itu, beberapa orang mungkin juga menganggap bahwa jika ingin membuat sebuah perencanaan keuangan harus dilakukan dengan detail. Namun, perlu kamu ketahui bahwa membuat perencanaan keuangan tidak harus detail dan rumit seperti yang kamu pikirkan. Nah, buat kamu yang ingin merencanakan tapi malas memulainya. Check this out !

 

1. Ketahui Keuntungan Perencanaan Keuangan

Rasa malas dalam membuat perencanaan keuangan akan hilang jika kamu mengetahui keuntungan dari membuat perencanaan keuangan. Salah satu keuntungan yang akan kamu terima diantaranya dapat membuat kehidupan yang kamu jalani lebih teratur. Hal tersebut dikarenakan pemasukan dan pengeluaran keuangan kamu lebih baik dari sebelumnya. Selain itu, perencanaan keuangan dapat menghindari diri kamu dari pemborosan

 

2. Mengetahui Tipe Diri Sendiri

Hal yang dapat menyebabkan rasa malas kamu hilang dalam membuat perencanan keuangan ialah dengan tidak membuat rumit perencanaan tersebut. Misalnya jika kamu adalah orang yang memiliki banyak kegiatan maka tipe perencanaan keuangan yang sesuai untuk kamu adalah perencanaan keuangan satu minggu sekali. 

 

3. Mengurangi Konflik Emosional

Pada dasarnya konflik emosional memang dapat terjadi ketika kamu mengetahui bahwa pengeluaran lebih besar dibandingkan dengan pemasukan. Hal tersebut dikarenakan kamu tidak dapat mengatur keuangan kamu dengan baik. Untuk mengatasi masalah tersebut kamu disarankan agar membuat perencanan keuangan sehingga dapat mengurangi konflik emosional yang disebabkan oleh uang.

 

4. Menghargai Uang

Pada dasarnya beberapa orang tidak terlalu mementingkan jumlah uang yang ia keluarkan. Hal tersebut membuat beberapa orang malas membuat perencanaan karena mereka kurang menghargai uang tersebut. Jika kamu bisa lebih menghargai uang yang kamu keluarkan maka tidak ada rasa malas dalam membuat sebuah perencanaan keuangan.

Sumber: Halomoney

About The Author

Nikita Saskia 15
Novice

Nikita Saskia

Penulis yang berharap selalu bahagia

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel