Kesalahan Yang Dilakukan Para Fresh Graduate Saat Mendapatkan Gaji Pertama

2 Nov 2016 16:56 1907 Hits 0 Comments
Bagi kamu yang baru mendapatkan gaji pertama dan masih bingung dalam menggunakannya. Maka, disarankan agar kamu dapat menyimak tiga kesalahan pada gaji pertama

Mendapatkan pekerjaan pertama bagi kamu yang baru saja lulus SMA/SMK atau bahkan lulus kuliah merupakan sebuah kebahagiaan yang sangat dinantikan. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya persepsi yang beredar di masyarakat bahwa jika kamu sudah bekerja maka dapat diartikan bahwa kamu sudah mandiri dengan memiliki penghasilan sendiri. Mendapatkan gaji pertama merupakan hal yang paling dinantikan setiap orang tak terkecuali para fresh graduate. Hal tersebut dikarenakan bagi para fresh graduate yang sudah satu bulan kamu berkontribusi di pekerjaan baru, gaji pertama merupakan sebuah upah yang diberikan perusahaan sehingga membuat kamu merasa sangat senang. Namun, tahukah kamu bahwa jika kamu sudah kehabisan uang sebelum gaji dibulan berikutnya tiba. Maka itu berarti kamu sudah salah dalam mengelola keuanganmu.  Berikut ini tiga macam kesalahan pengelolaan keuangan saat mendapatkan gaji pertama yang dapat kamu pelajari. Check this out!

1. Menggunakan Sepenuhnya Gaji

Kecenderungan ingin menghabiskan uang pasti akan muncul, terlebih lagi bagi kamu yang baru mendapatkan gaji pertama. Untuk menghindari hal tersebut kamu harus bijak dalam menggunakan gaji pertama kamu tersebut. Cara bijak yang dapat kamu lakukan adalah dengan menabung 25% dari gaji yang kamu dapatkan. Hal tersebut berguna sebagai dana darurat yang dapat kamu gunakan pada saat tertentu.

2. Tidak Membuat Budget Perencanaan

Jika gaji pertama yang kamu dapatkan terasa cepat habis, maka itu disebabkan karena kamu tidak membuat perencanaan pengeluran. Jika kamu dapat memikirkan terlebih dahulu pengeluaran apa saja yang akan dikeluarkan itu akan membuat pengeluaran kamu lebih teratur. Akibat yang muncul jika kamu tidak membuat budget salah satunya adalah tergoda dengan godaan lingkungan sekitar. Godaan tersebut adalah traktir teman-teman namun melebihi apa yang seharusnya sehingga dapat menghabiskan gaji yang kamu miliki. Budget pengeluaran bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Kamu hanya membuat perkiraan pengeluaran apa saja yang akan kamu keluarkan dapat kamu susun mulai dari pengeluran yang bersifat penting sampai tidak penting.

3. Membocorkan Gaji Yang Diterima

Pada dasarnya gaji merupakan hal yang bersifat sensitif sehingga sebaiknya jumlah gaji yang kamu terima tidak diberitahukan kepada orang lain. Jika rekan kerja kamu mengetahui gaji yang kamu dapatkan dikhawatirkan dapat menimbulkan suasana kerja yang tidak sehat seperti sebelumnya ketika teman kamu belum mengetahui gaji yang kamu terima.

Sumber: Halomoney.co.id

Tags

About The Author

Nikita Saskia 16
Novice

Nikita Saskia

Penulis yang berharap selalu bahagia

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel