"Faster' Resmi Hadir, Kabel Internet di Bawah Laut dari Google

2 Jul 2016 13:11 2382 Hits 2 Comments
Raksasa internet yang satu ini ternyata kembali menggebrak dunia lewat kehadiran kabel internet bawah laut yang diklaim terkencang di dunia.

Perkembangan internet tampaknya akan semakin pesat saja. Bukan soal konten tetapi juga teknologi layanan yang dihadirkan oleh para perusahaan besar demi mencapai tujuan, menghubungkan banyak orang di dunia lewat internet dengan mudah dan cepat. 

Salah satu perusahaan besar yang melakukannya adalah Google. Raksasa internet yang satu ini ternyata kembali menggebrak dunia lewat kehadiran kabel internet bawah laut yang diklaim terkencang di dunia. 

Dikutip dari laman blog Google Cloud Platform Blog, Google akhirnya resmi meluncurkan kabel internet tercepat tersebut. 

Kabel yang dinamakan dengan “Faster” tersebut merupakan proyek yang dimulai dua tahun lalu oleh Google yang bekerjasama dengan lima perusahaan telekomunikasi di Asia. 

Tujuan kerjasama tersebut adalah menghadirkan kabel internet teknologi fiber optik  yang ada di bawah laut untuk menghubungkan Negeri Paman Sam dengan Negeri Sakura, Jepang serta negara Asia lainnya.

Pembangunan kabel tersebut sudah selesai dan pada Kamis 30 Juni 2016, jaringan kabel tersebut mulai “online”. 

Kabel berjuluk “Faster” tersebut merupakan kabel yang memiliki panjang sekitar 9.000 km yang menjulang dari Oregon di Amerika Serikat hingga perfektur Chiba dan Mie di Jepang. Yang menarik tentu saja klaim tercepat dari “Faster”. Disebutkan bahwa kabel ini mampun mencapai bandwidth sebesar 60 terabit per detik. Sangat cepat tentunya. 

Alan Chin-Lun Cheung dari Google Submarine Networking Infrastructure bahkan mengatakan kalau kabel “Faster” ini adalah kabel dengan kapasitas besar yang pernah diciptakan. Kabel ini lebih kencang 10 juta kali jika dibandingkan dengan kecepatan kabel modem yang ada di rumahan. 

Oh yah, selain bertujuan untuk menghubungkan Amerika dan Asia, kehadiran “Faster’ juga sebagai antisipasi peluncuran area cloud dan data center baru di Tokyo yang dikabarkan akan hadir menjelang akhir tahun ini. Dengan begitu, nantinya para pengguna layanan bisa terbantu lewat kehadiran kabel internet super kencang ini. 

Sumber dan gambar via Google Cloud Platform Blog
 
Tags

About The Author

Yuda Anggara Kusuma 29
Novice

Yuda Anggara Kusuma

masih belajar menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel