Mengenal 7 Ciri yang Menandakan Anda Mungkin Memiliki Penyakit Jantung

10 Sep 2016 13:00 1768 Hits 1 Comments
Antisipasi agar kita tidak terkena serangan jantung secara tiba-tiba

Serangan jantung adalah penyakit yang ditakutkan oleh semua orang. Mengapa? Karena serangan jantung bisa datang kapan saja. Terutama serangan jantung yang tidak terdiagnosis. 

Serangan jantung tidak terdiagnosis merupakan serangan jantung yang menyerang orang yang tidak tahu kondisi jantungnya. Biasanya penyakit jantung yang terdiagnosis terlihat dari ciri-ciri jantungnya yang terganggu atau tidak bekerja dengan benar, seperti yang diungkapkan oleh Laxmi Mehta, M.D., Women’s Cardiovascular Health at The Ohio State University Wexner Medical Center yang saya kutip dari Kompas Health (16/08/2016).

Serangan jantung yang tidak terdiagnosis atau tidak terdeteksi ini biasanya terjadi pada orang paruh baya. Itu berarti Anda yang muda dan aktif tidak perlu takut. Namun, perlu diingat bahwa ternyata serangan jantung juga bisa menyerang orang muda. Bahkan, serangan jantung yang tidak terdeteksi bisa menyerang orang muda.  

Untuk antisipasi agar kita tidak terkena serangan jantung secara tiba-tiba, kita harus tahu dulu kondisi jantung kita. Setidaknya, ada 7 ciri yang menandakan bahwa kita punya gejala serangan jantung atau tidak. Berikut ciri-ciri tersebut. 

1.  Nyeri pada dada

Kalau Anda pernah merasa sakit pada bagian dada, jangan acuhkan.  Bisa jadi hal itu berkaitan dengan penyakit jantung. Apalagi jika nyeri dada tersebut sudah dialami sejak kecil dan Anda menganggap hal itu normal belaka. 

Selain itu, Anda yang merasa dadanya terasa tertekan setelah beraktivitas, ada baiknya juga untuk periksa. Gejala ini bisa jadi salah satu yang menyebabkan seseorang terkena jantung. 

2. Sesak napas

Kalau Anda sedang beraktivitas yang ringan tetapi nafas Anda tersenggal-senggal, Anda perlu wasapada. Pasalnya, sesak nafas yang diakibatkan karena aktivitas yang bahkan ringan  kemungkinan ada yang salah dengan pernafasan atau jantung Anda. Sebaiknya, Anda segera periksa ke dokter. 

3. Seolah merasa jantung berhenti

Jika Anda pernah mengalami suatu kondisi keitka jantung berdetak dan berdebar-debar tetapi Anda merasa seolah berhenti, maka sebaiknya Anda periksa ke dokter. Pastikan bahwa kebiasaan jantung tersebut bukanlah gejala yang menimbulkan potensi serangan jantung. 

4. Pusing

Pusing sebenarnya gejala umum yang terjadi pada manusia. Namun, pusing yang menandakan Anda berpotensi terkena serangan jantung, adalah pusing yang tiba-tiba. Misalnya, ketika Anda terlalu cepat berdiri dari duduk kemudian merasa pusing. Pusing ini adalah pusing yang tanpa alasan jelas. 

5. Kelelahan

Jika suatu hari Anda mendapatkan kondisi mudah lelah, padahal sebelumnya orangnya energik, maka Anda perlu segera periksa. Pasalnya, kelelahan tanpa alasan yang jelas menandakan ada yang kurang baik dengan jantung Anda.

6. Kaki bengkak

Jika Anda belum pernah mengalami pembengkakan, tiba-tiba kaki Anda bengkak tanpa sebab, maka Anda perlu waspada. Pasalnya, gejala ini cukup mengkhawatirkan kondisi badan anda. Biasnya gejala ini karena darah yang mengalir di tubuh kurang mengalir dengan baik. 

7. Pingsan mendadak

Kalau yang satu ini, apapun penyebabnya, jika Anda sering pingsan mendadak, sebaiknya segera hubungi dokter. Umumnya sih pingsan mendadak terjadi karena gula darah yang rendah. Dan hal ini juga bisa berkaitan dengan kesehatan jantung Anda. 

Selain ketujuh alasan tersebut, pastikan juga riwayat keluarga Anda. Apakah ada kerabat atau saudara dekat yang pernah mengalami sernagan jantung saat muda atau tidak. Yang pasti, Anda harus sering berkonsultasi dengan dokter jika ada sesuatu yang aneh dengan kondisi badan Anda, termasuk 7 ciri yang sudah disebutkan. Meskipun sebelumnya belum tentu juga sih ketujuh ciri tersebut 100% pasti akan membuat serseorang terkena serangan jantung. 


Disadur dari Kompas Health 

Gambar via Pixabay

Tags Kesehatan

About The Author

Yuda Anggara Kusuma 29
Novice

Yuda Anggara Kusuma

masih belajar menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel